Kumpulan Cara Sukses Menjalankan Affiliate Marketing

affiliate marketing

Affiliate marketing adalah suatu bentuk model bisnis internet marketing yang kini sangat populer. Sebenarnya, model bisnis seperti ini sudah ada sejak dulu, namun tidak populer seperti sekarang. Dahulu, aktivitas bisnis semacam ini sering disebut dengan bisnis perantara atau makelar. Model bisnis ini kini menggunakan nama yang lebih modern dan canggih, sehingga berhasil mencuri perhatian banyak orang. Perbedaan affiliate dengan makelar terletak pada tempat kerjanya. Affiliate bekerja di dunia online atau internet, sehingga bisa juga dikatakan sebagai makelar online. 

Apa Pengertian Affiliate Marketing dalam Suatu Bisnis?

Affiliate marketing
Mempelajari Affiliate Marketing

Pada dasarnya, affiliate marketing merupakan sebuah sistem bisnis yang memberikan bayaran kepada jasa seseorang yang telah berhasil menjual jasa atau produk dari perusahaan . Produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan melalui internet online, tentu membutuhkan jasa orang lain untuk memasarkan jasa dan produk tersebut. 

Posisi kamu sebagai affiliate adalah seseorang yang tidak memiliki produk atau layanan jasa apa pun untuk dijual ke masyarakat. Oleh karena itu, kamu bisa membantu perusahaan atau seorang merchant untuk memasarkan produk dan jasanya. Setiap produk yang berhasil kamu jual, tentu kamu akan mendapat komisi dari penjualan yang telah dilakukan.

Jurus Jitu agar Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Jika kamu tertarik untuk menekuni model bisnis yang satu ini, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menunjang kinerja Kamu ke depan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara jitu yang wajib Kamu lakukan jika ingin menjadi affiliate marketer yang sukses:

1. Pelajari Informasi Lengkap tentang Suatu Produk 

affiliate marketing
Mempelajari Produk dengan Teliti

Sebelum memutuskan untuk menjadi affiliate marketer dari sebuah produk, pastikan kamu sudah mempelajari semua informasi lengkap tentang produk tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu lebih mengenal produk yang nantinya akan dipromosikan. Mempelajari informasi produk tentu akan mempermudah kamu untuk mempromosikannya kepada orang-orang.

2. Pilih dan Pastikan Jenis Produk yang Akan Dijual

Jangan salah pilih produk yang akan dijual. Pastikan kamu memilih jenis produk atau jasa yang benar-benar disukai dan dibutuhkan masyarakat. Dengan begitu, maka kamu akan semakin mudah memasarkan produk tersebut dan mendapatkan banyak konsumen.

3. Buat Media Promosi yang Efektif

affiliate marketing
Pilih Media Promosi

Buatlah website atau blog khusus sebagai media promosi jasa dan produk yang akan kamu jual. Website memang menjadi salah satu media paling berjasa untuk mendatangkan pelanggan.

4. Uji Coba Produk

Perlu kamu sadari bahwa konsumen semakin cerdas dalam memberikan penilaian terhadap suatu produk. Kamu harus mencoba produk tersebut lebih dulu, kemudian berikan testimoni sebenar-benarnya mengenai manfaat dari produk tersebut. Dengan menceritakan pengalaman pribadi, calon pelanggan pasti akan lebih percaya dengan produk afiliasi yang kamu tawarkan.

5.  Promosi Secara Gencar

affiliate marketing
Promosi yang Gencar

Promosikan produkmu melalui situs web atau blog orang lain. Namun, pastikan bahwa website yang kamu pilih memiliki konten yang bermanfaat, bukan hanya menjadi tempat iklan produk-produk saja. Dengan melakukan promosi di website yang berkompeten, maka konsumen akan mendapatkan edukasi mengenai produk tersebut, hingga akhirnya membeli produk yang kamu tawarkan.

Sebagai affiliate marketer yang baik, kamu juga harus mampu mengelola keuangan. Saat uang pemasukan dan pengeluaran bisa dikelola dengan baik, maka kamu akan mendapatkan manfaat dari bisnis online yang kamu kerjakan. Sebaiknya, kamu menyiapkan beberapa stok barang atau produk yang kamu jual. Tujuannya adalah supaya kamu lebih cepat dalam merespons permintaan para pelanggan. Dengan memiliki stok barang, maka kamu tidak perlu lama-lama menantikan kabar dari reseller. 

Menjalankan affiliate marketing artinya harus siap menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan affiliate yang lain. Jadi, pastikan kamu menyiapkan strategi dan jurus jitu agar tidak kalah persaingan dalam mempromosikan produk yang kamu jual.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*