Mengenal Arti Follow Up dalam Marketing

arti follow up

Untuk memasarkan suatu produk, tentu membutuhkan keahlian tersendiri. Orang yang memiliki keahlian tersebut biasanya akan ditempatkan pada bagian marketing di sebuah perusahaan. Namun, keahlian saja ternyata tidak cukup jika tidak diimbangi dengan sikap pantang menyerah dan daya juang tinggi. Ya, seorang marketing memang harus gigih dalam memasarkan produknya. Hal ini mengingat bahwa menemukan banyak konsumen bukanlah pekerjaan mudah yang bisa dilakukan sehari atau dua hari saja. Setelah berhasil mendapatkan konsumen, bagian marketing harus segera melakukan langkah lanjutan atau dalam dunia bisnis disebut dengan follow up. Lalu, apa tujuan dan arti follow up dalam dunia bisnis dan marketing?

Inilah Tujuan dan Arti Follow Up Yang Sangat Penting Dalam Marketing

Follow up dalam dunia marketing adalah tindak lanjut setelah melakukan presentasi atau pengenalan produk kepada calon konsumen. Tujuannya adalah untuk mendapatkan jawaban dan tanggapan dari calon konsumen terhadap produk yang baru saja dikenalkan. Follow up merupakan langkah strategis yang menjadi kunci keberhasilan penjualan.

Hal ini mengingat bahwa sangat jarang ada konsumen yang langsung memutuskan untuk membeli produk pada pandangan pertama. Oleh karena itu, follow up harus dilakukan untuk kembali menarik hati calon pembeli. Biasanya, follow up dilakukan menggunakan sms, telepon, atau email. Lalu, apa saja tujuan follow up dalam dunia marketing? Yuk, simak jawabannya berikut:

1.Mengingatkan Customer

arti follow up
Mengingatkan Customer

Dengan melakukan follow up, maka customer bisa mengingat kembali produk yang telah Anda ditawarkan. Follow up bisa dilakukan melalui sales page atau landing page pada saat customer akan memasukkan nama dan alamat email untuk pertama kali. Dengan menyampaikan informasi produk sejelas-jelasnya, maka calon konsumen bisa benar-benar paham dan mengenal produk yang telah Anda tawarkan.

2. Memberikan Informasi Terbaru

arti follow up
Memberikan Informasi Terbaru

Follow up juga bisa dilakukan untuk memberikan informasi terbaru kepada para pelanggan. Informasi yang diberikan bisa seputar tips dan trik, testimoni, atau informasi terbaru tentang dunia marketing. Cara ini sekaligus dilakukan untuk mempromosikan produk-produk terbaru lewat website atau media sosial.

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Calon Pelanggan

arti follow up
Menjalin Hubungan Baik dengan Calon Pelanggan

Dengan melakukan follow up, maka hubungan dengan calon pelanggan bisa tetap terjalin erat. Marketing bukan hanya mengajak pembeli untuk membeli produk yang Anda jual, sekali saja, tentu lebih dari itu. Setiap pelanggan juga ingin mengenal Anda lebih dekat. Oleh karena itu, hubungan baik harus terjalin agar Anda semakin mudah untuk menawarkan produk-produk baru. Anda pun tidak akan kesulitan untuk kembali mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan.

4. Meningkatkan Penjualan

arti follow up
Meningkatkan Penjualan

Sangat penting melakukan follow up kepada para calon pelanggan. Semakin banyak Anda melakukan follow up kepada mereka, maka semakin potensial untuk mendapatkan banyak pelanggan setia. Dengan begitu, penjualan produk Anda akan semakin meningkat, penghasilan pun semakin bertambah banyak.

5. Menciptakan Bisnis Jangka Panjang

arti follow up
Menciptakan Bisnis Jangka Panjang

Dengan melakukan follow up kepada para pelanggan, maka hubungan baik akan semakin terjalin. Konsumen akan semakin yakin dan percaya dengan produk Anda. Hasilnya, mereka akan selalu menjadi pelanggan setia dan bisnis Anda pun akan mampu bertahan lama. Menjaga komunikasi dengan pelanggan merupakan salah satu kunci sukses dalam mewujudkan bisnis jangka panjang.

Itu dia tujuan dan arti follow up yang sangat penting dalam dunia bisnis dan marketing. Follow up memang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan sebuah perusahaan. Namun perlu Anda garis bawahi bahwa follow up harus dilakukan dengan cara-cara yang tepat. Jangan memberikan kesan memaksa kepada calon pelanggan. Lakukan follow up secara santai saja menggunakan bahasa yang menyenangkan seperti berbicara dengan teman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*