Belajar Investasi Saham Bagi Pemula

Belajar Investasi Saham

Investasi saham saat ini menjadi incaran banyak orang karena menjanjikan keuntungan yang berlipat. Hal ini membuat banyak pemula terlalu terburu-buru menginvestasikan uangnya sebelum mengetahui terlebih dahulu mengenai cara yang aman bermain saham. Padahal, belajar investasi saham menjadi salah satu langkah awal yang sangat penting bagi pemula.

Hal ini bertujuan agar pemilik saham bisa mengetahui pro kontra dari investasi ini. Selain itu juga belajar mengenai resiko yang mengikuti pada bentuk investasi saham. Dengan pemahaman dan pengetahuan yang cukup, resiko investasi ini bisa diminimalisir dengan baik.

Strategi Belajar Investasi Saham Bagi Pemula

1. Investasi Waktu Terlebih Dahulu Daripada Investasi Uang

Belajar investasi saham
Investasikan waktu terlebih dahulu untuk berjuang.

Bagi pemula ketika akan mulai terjun menjadi investor saham, sebaiknya memulai dengan menginvestasikan waktu dari pada uang. Investasi waktu ini digunakan untuk mempelajari seluk beluk mengenai investasi saham dan hal lain yang terkait. Hal ini akan sangat berguna di kemudian hari.

Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah mempelajari istilah-istilah terkait investasi saham, atau membaca buku tentang saham. Bisa juga bergabung dengan grup atau komunitas di media sosial yang khusus membahas saham. Biasanya, forum-forum tersebut dapat memberikan informasi dan rekomendasi terkait investasi saham.

2. Memulai dari Jumlah Kecil

Sebagai pemula, alangkah lebih baiknya untuk memulai berinvestasi dengan jumlah dana yang kecil, meskipun dana yang dimiliki cukup besar. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko kerugian. Tentu saja, risiko kerugian akan semakin tinggi jika dana yang dipertaruhkan semakin besar.

Sebagai langkah awal untuk memulai berinvestasi, pilih perusahaan sekuritas yang mana tersedia akun dengan minimal deposit awal kecil, seperti Rp100.000,-. Setelah langkah ini berhasil, maka bisa melakukan top up atau transfer dana untuk setiap bulan dari 10 persen penghasilan. Untuk selalu diingat, dana yang digunakan untuk membeli saham tidak berasal dari dana darurat.

3. Mengamati Situasi Ekonomi dan Politik

belajar investasi saham
Selalu Amati Situasi Ekonomi dan Politik

Sebagai pemegang saham, sebaiknya selalu peka dengan situasi ekonomi dan politik yang ada. Perubahan situasi ekonomi dan politik yang terjadi di negeri ini akan sangat berpengaruh pada harga saham perusahaan. Maka dari itu hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Dengan mengamati dan tau akan isu terkini, pemilik saham dapat mengambil keputusan investasi dengan tepat. Hal inilah yang bisa meminimalisir resiko investasi. Proses investasi juga bisa berjalan lebih aman dan baik.

4. Memahami Perusahaan dan Industri

Sebagai pemula di dunia saham, maka disarankan untuk memahami perusahaan dan industri yang dipilih sebagai tempat berinvestasi. Hal ini bisa dimulai dari melihat kinerja perusahaan. Kemudian melihat apakah industri dari perusahaan tersebut sedang naik atau turun.

Walaupun jumlah dana yang diinvestasikan terbilang tidak terlalu besar, pemula dalam dunia saham juga perlu memahami situasi dan kondisi perusahaan yang akan dibeli. Dengan begitu pemilik saham akan paham dengan resiko investasinya. Oleh karena itu hal ini jangan sampai diabaikan.

5. Memilih Saham Big Caps atau Blue Chips

belajar investasi saham
Usahakan untuk Memilih Jenis Saham Blue Chips

Salah satu cara bermain saham yang aman bagi pemula adalah dengan memilih saham Big Caps atau istilah lainnya adalah Blue Chips. Big Caps ini adalah saham-saham yang memiliki nilai kapitalisasi pasar yang besar. Sehingga sulit untuk dimanipulasi oleh investor yang memiliki modal besar.

Selain itu, fundamental dari perusahaan juga dinilai baik. Bagi pemula, disarankan untuk memilih Saham Big Caps yang berada di indeks LQ45 atau IDX30. Dengan memilih saham yang tepat maka investasi juga akan berjalan baik dan lancar.

Belajar investasi saham tentu tidak mudah. Diperlukan kesabaran untuk menjadi seorang investor saham karena banyak proses yang perlu dilalui. Pastinya, untuk sukses melakukan investasi saham juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebaiknya jangan berhenti belajar ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*