Tentang Bisnis Dropship dan Keuntungannya Bagi Pemula

bisnis dropship
Dropshipping Business

Bisnis online kini semakin menggeliat. Apalagi disaat masa pandemic ini, banyak para pebisnis yang beralih ke bisnis online yang lebih praktis, tidak membutuhkan banyak modal dan biaya. Salah satu jenis bisnis online yang bisa dijalankan dalam bisnis dropship.

Bisnis dengan sistem dropship bagi pemula dinilai lebih menguntungkan dan minim resiko. Namun, untuk menjalankan bisnis ini tentu harus paham terlebih dahulu bagaimana seluk beluknya, langkah-langkahnya serta keuntungan dan kerugian yang akan didapat. Nah, kamu bisa mendapatkan semua penjelasannya di sini.

Apa Itu Bisnis Dropship?

bisnis dropship
Memahami pengertian dari jenis bisnis dropship

Bisnis dropship adalah tipe bisnis yang memungkinkan untuk menjual suatu produk tanpa harus menyetok produk tersebut di rumah. Nantinya supplier yang akan mengirimkan produk tersebut atas nama kamu setelah pembeli menyelesaikan tahapan transaksi pembelian. Untuk harga produknya, bisa kamu naikkan dari harga dasar yang diberikan supplier untuk mendapatkan keuntungan.

Lebih jelasnya alur dropship adalah pertama pelanggan membeli produk yang ada di toko online kamu. Setelah pelanggan membayar produk yang dibeli, kamu tinggal memesan produk tersebut ke supplier dan membayar sejumlah harganya. Nantinya supplier yang akan mengirim atas nama kamu. Setelah beberapa hari pelanggan akan menerima produk tersebut.

Bisnis dropship ini lebih cenderung dipilih karena tidak membutuhkan modal yang sangat besar untuk memulainya. Selain itu, cara kerja bisnis ini juga lebih mudah dijalankan untuk para pemula yang baru menggeluti dunia bisnis online. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan bisnis ini.

Mekanisme Bisnis yang Harus Diketahui

bisnis dropship
Mekanisme bisnis yang harus dipahami

Bagaimana cara memulai bisnis dropship? Menjalankan bisnis yang satu ini akan lebih mudah apabila mengetahui tentang alur bisnis ini? Bagaimana mekanisme bisnis ini jika dimulai dari awal, kamu bisa menyimak informasi lengkapnya di sini;

1. Menentukan Supplier

Langkah awal untuk memulai dropship adalah menentukan supplier produk yang akan dijual. Kamu bisa mendapatkan informasi tentang supplier ini dari internet atau rekomendasi seseorang. Agar mendapat supplier yang amanah dan baik, teliti dahulu bagaimana track record supplier tersebut. Apakah dia juga fast respon ketika ada komplain atau saat terjadi keterlambatan pengiriman produk.

2. Memulai Kerjasama dengan Supplier

Apabila telah menemukan supplier yang amanah dan terbaik, selanjutnya Kamu dapat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara supplier dan dropship. Apabila hal tersebut tercapai akan memudahkan dalam menjalankan bisnis dropship ini.  Dalam kerjasama tersebut harus ada kesepakatan tentang masalah harga, sistem dan kebijakan saat menjalankan kerjasama tersebut.

3. Menentukan Tempat Jualan

Setelah terjalin kerjasama yang menguntungkan, sekarang kamu tinggal menentukan tempat jualan produk dropship tersebut. Apakah akan dijual di media social seperti Facebook atau Instagram. Atau jika ingin jangkauan penjualan yang lebih luas bisa berjualan di berbagai marketplace yang ada saat ini. Misalnya Shopee atau Bukalapak. Jika memungkinkan bisa berjualan di website milik kamu sendiri.

4. Promosikan Produk dan Bangun Brand

Sebuah produk tak akan ada harganya apabila tidak diperkenalkan pada banyak orang. Demikian pula saat menjalankan bisnis dropship ini. Sangat penting untuk selalu mempromosikan produk yang dijual di toko online yang kamu miliki. Promosikan secara rutin agar brand produk tersebut juga dapat terbangun. Jika semakin banyak orang tahu, meskipun hanya dropship kamu pun bisa untung banyak.

5. Layani Pelanggan Sepenuh Hati

Meskipun tidak menyetok barang secara langsung bukan berarti kamu tidak harus paham dengan produk tersebut. Sebaliknya dengan memahami produk itu, Kamu bisa melayani pelanggan dengan lebih ramah dan memuaskan. Pelanggan yang mendapat perlakuan demikian akan percaya dan nyaman saat belanja di toko online kamu.

Bisnis dropship memang lebih banyak dijadikan pilihan bagi pebisnis online yang baru memulai usahanya. Dropship sendiri memiliki banyak keuntungan karena tidak membutuhkan banyak modal, tidak harus melakukan packing dan lebih fleksibel. Apakah kamu tertarik untuk menjalankan bisnis ini?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*