Mengenal Bisnis Dropship dan Sejuta Keuntungannya

bisnis-dropship

Belakangan ini, bisnis dropship mulai ramai diperbincangkan dan banyak yang tertarik untuk menjalankannya. Apa itu dropship? Dropship adalah salah satu bentuk model bisnis. Dimana dropshipper (sebutan bagi pelaku bisnis dropship) menjadi perantara atau jembatan antara pembeli dan supplier atau produsen barang. 

Dropshipper hanya perlu memajang foto dan mempromosikan barang yang dijual tanpa perlu melihat maupun menyimpannya secara langsung. Setelah ada pesanan, dropshipper akan menghubungi supplier untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli sesuai dengan pesanan atas nama dropshipper. Tapi tetap saja bisnis dropship juga tetap menguntungkan. 

Inilah Keuntungan Bisnis Dropship

Setiap bisnis dengan jenis apapun tentunya menawarkan berbagai keuntungan yang menggiurkan. Termasuk juga bisnis dropship yang mulai berkembang di era digital seperti sekarang ini. Nah, berikut adalah berbagai keuntungan bisnis dropship:

1. Mudah untuk Memulai

Untuk memulai bisnis online dengan sistem dropship sangatlah mudah. Dropshipper hanya perlu mencari supplier barang, membuat website atau akun media sosial, dan kemudian memulai berjualan. Semudah itu, tanpa perlu membeli atau membuat stok produk yang akan dijual.

2. Tidak Perlu Mengeluarkan Banyak Modal

bisnis dropship
Membutuhkan Modal yang Minim

Ketika menjalankan bisnis dropship, modal yang dikeluarkan sangat sedikit. Hanya perlu untuk membeli paket internet atau membayar biaya untuk berjalannya situs web sebagai pendukung bisnis. Dropshipper tidak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang yang akan dijual karena arang langsung dipesan dari supplier.

3. Banyak Pilihan Produk

Pilihan produk yang bisa dijual sangatlah banyak dan beragam. Dropshipper hanya perlu memilih satu atau dua produk yang sesuai dengan target pasar agar lebih efektif dalam menjalankannya dan memudahkan dalam melakukan promosi. Dropshipper bisa memilih produk-produk yang memang sedang booming di masyarakat luas.

4. Fleksibel

bisnis dropship
Sangat Fleksibel untuk Dijalankan

Menjalankan bisnis ini membuat Dropshipper tidak perlu terikat jam kerja yang kaku, penampilan yang harus rapi, atau berangkat ke tempat kerja pagi hari. Semua itu tidak akan dirasakan oleh seorang dropshipper. Bisnis ini sangat fleksibel, dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja dengan hanya bermodal paket internet. 

5. Resiko Rendah

Dropshipper tidak perlu khawatir ketika barang yang dijual tidak laku, karena tidak ada barang yang di-stok. Oleh karena itu, resiko kerugiannya pun sangat rendah. Bahkan, sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami rugi, dengan syarat supplier yang dipilih bertanggung jawab dan terpercaya.

Cara Memulai Bisnis Dropship Bagi Pemula

Menekuni bisnis ini dengan sistem online yang memanfaatkan media sosial membuat pilihan barang atau produk yang dijual menjadi sangat beragam. Mulai dari produk kecantikan, perlengkapan rumah, dan produk lainnya. Sebaiknya, sebagai dropshipper hanya memilih satu atau dua produk saja untuk dijual secara online. 

1. Melakukan Survey 

Cara memulai bisnis dropship yang pertama adalah melakukan survei untuk memilih supplier yang tepat. Pastikan untuk memilih supplier yang terpercaya dan menyediakan barang asli. Barang yang berkualitas juga akan meningkatkan kepuasan pembeli dan melancarkan bisnis yang akan ditekuni.

2. Memilih Marketplace

bisnis dropship
Memanfaatkan Marketplace

Setelah itu, pilih marketplace yang sesuai dengan segmen pasar agar mendapatkan banyak pembeli. Nah, yang tidak kalah penting adalah buatlah brand terhadap produk yang akan dijual. Adanya brand akan menjadikan produk yang dijual lebih mudah dilirik pembeli dan memudahkan juga dalam melakukan promosi

3. Melakukan Promosi 

Nah, yang terakhir adalah melakukan promosi dengan memanfaatkan aplikasi pendukung. Sudah banyak sekali tersedia aplikasi pendukung yang akan membantu dalam menjalankan bisnis ini. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai keuntungan dari bisnis dropship dan bagaimana cara untuk menjalankannya bagi dropshipper pemula. Hal yang paling penting dalam menjalankan bisnis secara online ini adalah selalu menjaga kepercayaan pembeli dengan kualitas barang yang dijual.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*