5 Ide Bisnis Kreatif yang Cocok untuk Milenial

bisnis-kreatif

Saat seseorang memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis, tentu dibutuhkan ide usaha yang kreatif agar bisa menarik pelanggan serta investor. Menciptakan bisnis kreatif dan unik sebenarnya bukan sesuatu hal yang sulit dilakukan. Hal ini karena marketplace untuk mewujudkan bisnis yang unik dan kreatif telah tersedia.

5 Ide Bisnis Kreatif Yang Patut Dicoba

Apa itu bisnis kreatif? Bisnis kreatif merupakan proses pembuatan produk yang memerlukan kreativitas tinggi, supaya bisa menghasilkan produk bernilai seni serta harga jual yang sangat tinggi. Bisnis yang kreatif tentu akan tetap bertahan di saat semakin tingginya persaingan. Lalu, apa saja contoh ide bisnis yang kreatif?

1. Jasa Sewa Perlengkapan Bayi

bisnis kreatif
Bisnis Menyewakan Perlengkapan Bayi

Jasa sewa perlengkapan bayi mungkin masih terdengar asing, tapi usaha ini termasuk usaha yang sedang banyak diminati. Konsumen yang baru saja melahirkan sangat terbantu akan adanya jasa penyewaan ini. Karena, perlengkapan bayi bersifat sementara, bahkan hanya akan dipakai dalam hitungan bulan saja. 

Banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk menyewa perlengkapan bayi daripada membelinya. Perlengkapan bayi yang dapat disewakan mulai dari kursi makan bayi, box bayi, pompa asi, freezer asi, serta berbagai permainan untuk bayi. Waktu penyewaan pun sangatlah fleksibel mulai dari satu bulan hingga enam bulan. 

2. Usaha Digital Print 3 Dimensi

Usaha kreatif digital print 3 dimensi termasuk bisnis yang banyak diminati di Indonesia. Ini dikarenakan hasil print 3 dimensi dapat dicetak dalam bentuk kaos, souvenir, serta masih banyak lainnya. Usaha ini terbilang unik dan sangat menjanjikan, serta sangat cocok untuk yang masih baru dalam bidang usaha kreatif. 

Umumnya pelanggan usaha ini adalah remaja atau anak muda yang senang di dunia cetak. Namun, tidak menutup kemungkinan juga orang dewasa menggunakan jasa ini. Keuntungan yang menjanjikan menjadi alasan mengapa usaha ini patut dicoba. 

3. Jasa Pembuatan Karikatur Wajah

bisnis kreatif
Membuat Bisnis Menggambar Karikatur Wajah

Punya kemampuan untuk menggambar ataupun membuat lukisan? Tidak ada salahnya untuk membuka usaha kreatif pembuatan karikatur wajah. Pembuatan karikatur wajan merupakan salah satu usaha yang sedang tren. Bahkan, cukup banyak dicari dan diinginkan, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Jasa pembuatan karikatur sangat cocok diberikan sebagai hadiah saat wisuda, hadiah pernikahan, ulang tahun, serta untuk hari penting lainnya. Paling penting, untuk membuka usaha ini tidak diperlukan modal yang banyak. Cukup bermodalkan alat gambar, kanvas, serta promosi menggunakan sosial media saja.

4. Food Truck

Usaha food truck merupakan salah satu usaha yang cukup banyak digemari serta memiliki beragam variasi. Sesuai namanya, food truck adalah usaha yang menjual berbagai makanan menggunakan truk yang telah dimodifikasi. Salah satu daya tarik lainnya adalah truk ini biasanya akan dihias dengan unik serta memakai warna dan gambar menarik.

Usaha food truck biasanya menjual aneka makanan siap saji serta minuman dengan racikan yang beragam. Karena dibuat di dalam truk, untuk memulai usaha ini tidak perlu repot dalam memikirkan tempat usaha bahkan tempat usaha juga bisa berpindah-pindah.

5. Usaha Produk Rotan

bisnis kreatif
Membuat Bisnis Dari Rotan

Di Indonesia sendiri, usaha yang memanfaatkan bahan dasar rotan sangatlah diminati. Mengingat bentuk rotan sangatlah elastis dan memungkinkan dibuat menjadi berbagai benda yang bisa dijual. Salah satu produk berbahan rotan yang sedang digemari yaitu tas rotan, tempat lampu, serta masih banyak lainnya.

Bentuk rotan yang lentur, sangat mudah dimodifikasi sehingga bisa menghasilkan beragam produk yang bernilai jual tinggi. Tidak heran, jika usaha ini berpeluang dijual hingga mancanegara serta mendapatkan banyak keuntungan. Banyaknya marketplace, penjualan produk ini pun semakin mudah dilakukan.

Itulah beberapa contoh bisnis kreatif yang bisa dicoba oleh anak-anak milenial. Tidak ada salahnya mencoba usaha ini sebagai langkah awal dalam dunia bisnis. Yuk, bangun bisnis mulai dari sekarang!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*