Panduan Memulai Bisnis Online Untuk Para Pemula

bisnis-online

Di era serba digital, bisnis berbasis teknologi digital bukan menjadi hal yang asing lagi. Bahkan, kini hampir setiap orang pernah melakukan belanja online. Apa itu bisnis online? Bisnis online adalah segala bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan media internet. 

Pelaku usaha menjalankan sebagian atau seluruh aktivitas bisnisnya secara online melalui internet. Aktivitas online yang dimaksud adalah seluruh kegiatan jual beli pada umumnya, mulai dari proses promosi, proses transaksi atau negosiasi dengan pembeli, sampai terjadi transaksi jual beli antara penjual dan pembeli.

Manfaat bisnis online sangat beragam, baik bagi penjual maupun pembeli. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah akan memudahkan proses transaksi antara penjual dan pembeli, lebih efisien, menghemat biaya untuk sewa tempat, dapat diakses kapan saja selama 24 jam, dan memudahkan pembeli untuk memilih produk dari banyak toko sekaligus.

Inilah Cara Memulai Bisnis Online Bagi Para Pemula

Mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan, maka tidak heran jika kini semakin banyak orang yang tertarik untuk ikut serta menjalankan bisnis online. Bagi para pemula, pilihan bisnis ini mungkin masih membingungkan karena menggunakan teknologi. Nah, berikut adalah panduan memulai bisnis online yang bisa diikuti untuk para pemula:

1. Pahami Teknologi

bisnis online
Kuasai dan Pahami Persoalan Teknologi

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis ini yaitu dengan memahami dan mempelajari berbagai perkembangan teknologi saat ini. Hal ini merupakan langkah dasar yang harus diambil, sebab pemahaman yang baik terhadap kemajuan dan perkembangan teknologi akan memudahkan dalam menjalani langkah-langkah selanjutnya.

2. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Dalam hal ini, produk yang dijual tidak harus berupa barang yang berwujud. Namun, bisa juga berupa jasa. Produk barang bisa berupa food and fashion, kebutuhan rumah tangga, peralatan kantor, aksesoris, kosmetik dan skincare dan beragam produk lainnya. Adapun produk jasa bisa berupa jasa penerjemah, editing, konsultan psikologi, dan lain sebagainya.

3. Pilih Media Bisnis

bisnis online
Pilih Media Bisnis yang Baik

Memahami berbagai media untuk bisnis online juga menjadi langkah yang tidak kalah penting. Media-media yang bisa digunakan untuk memulai bisnis diantaranya, yaitu website, marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada), blog, serta akun media sosial (Facebook, Instagram, Youtube).

4. Buat Akun Bisnis

Setelah memilih media yang akan digunakan, selanjutnya adalah membuat akun bisnis. Pemilihan akun ini juga diiringi dengan memilih target pasar yang akan dituju. Apakah untuk ibu-ibu yang memiliki balita, anak-anak, remaja, para pekerja kantoran, atau yang lainnya. Untuk pemula, sebaiknya memilih satu akun dan fokus terhadap akun bisnis tersebut. 

Hal ini akan membuat pengelolaan dan branding akun menjadi bagus. Setelah berkembang dan terbentuk tim yang solid, bisa merambah ke berbagai media bisnis lainnya. Misalnya, fokus menjual produk lewat instagram terlebih dahulu. Jika bisnis semakin berkembang, beru kemudian membuat akun Shopee untuk menjangkau konsumen lebih luas.

5. Promosikan Produk 

bisnis online
Mempromosikan Produk dengan Baik

Selanjutnya adalah mempromosikan produk tersebut agar menarik hati calon konsumen. Promosi ini sebaiknya dilakukan secara berkala dan terus-menerus. Di samping promosi, sampaikan juga berbagai tips dan trik yang bermanfaat. Hal ini akan membuat followers akun tidak bosan. Sebaliknya, followers atau calon pembeli akan merasa menerima manfaat yang lebih.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemula dalam membangun bisnis online impiannya. Tentu saja, sebuah bisnis tidak mungkin bisa sukses dengan instan. Pasti akan ada proses untuk mencapai kesuksesan tersebut. Nah, hal yang tidak kalah penting adalah memilih mentor dan lingkungan positif agar mendukung perkembangan bisnis kedepannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*