Pentingnya Peran Brand Awareness Serta Cara Meningkatkannya

brand-awareness

Pemahaman mengenai brand awareness (kesadaran brand) dapat mempengaruhi sukses atau tidaknya suatu bisnis. Bagi para pebisnis, adanya kesadaran brand ini memang sangat penting. Hal ini juga termasuk dalam salah satu bentuk dari investasi jangka panjang bagi sebuah bisnis.

Mungkin banyak pebisnis yang belum tahu apa itu brand awareness. Kesadaran merek atau brand awareness adalah istilah pemasaran yang mana nama produk atau jasa tersebut dapat diingat dan diakui oleh konsumen. Pengakuan ini menyangkut apa saja yang berhubungan dengan produk, seperti logo, tagline, atau lainnya.

Lalu, mengapa brand awareness penting bagi pelaku usaha? Karena, produk atau jasa yang dapat mempertahankan kesadaran merek cenderung lebih laku. Tingkat awareness yang tinggi biasa setara dengan penjualan yang tinggi pula. Selain itu, brand awareness juga dapat menarik pangsa pasar yang lebih banyak. 

Langkah Cara Meningkatkan Brand Awareness

Semakin sering merk produk atau jasa dibicarakan, maka konsumen akan semakin familiar dengan merk tersebut. Hal ini dapat menciptakan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Supaya produk atau jasa dapat bertahan pasaran, ikuti cara meningkatkan brand awareness berikut ini.

1. Marketing Melalui Sosial Media

brand awareness
Memanfaatkan Sosial Media untuk Promosi

Di era serba digital ini, sosial media menjadi bagian paling penting untuk menjalankan promosi. Cara ini dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen. Promosi melalui media sosial lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan advertising tradisional.

Strategi pemasaran melalui media sosial juga harus benar dan tepat agar tidak salah mengambil pasar. Banyak alternatif yang dapat dipilih untuk memasarkan suatu produk. Seperti contohnya, membuat konten marketing atau video marketing yang diposting secara berkala melalui akun media sosial atau website resmi perusahaan.

2. Mengadakan Event Marketing

Apapun produk yang ditawarkan mengadakan event salah satu cara yang efektif untuk membangun brand awareness. Mengadakan live event dapat menarik perhatian lebih banyak calon konsumen. Event yang diadakan seperti launching produk baru atau mengadakan seminar.

Melalui acara ini, calon konsumen dapat berinteraksi langsung dengan pihak penyedia produk atau jasa. Selain itu, orang-orang yang masih penasaran dapat melihat dan mengenal brand tersebut secara langsung. Calon konsumen yang semula ragu dapat berubah pikiran setelah mengunjungi seminar produk.

3. Menjadi Sponsor Berbagai Kegiatan

brand awareness
Berkontribusi Dalam Banyak Acara Sebagai Sponsor

Selain mengadakan event marketing, brand juga dapat menjadi sponsor untuk meningkatkan brand awareness. Memang cara ini lebih banyak mengeluarkan modal. Cara ini dipertimbangkan oleh sebagian besar pebisnis karena sulit menilai return of investment dari pihak sponsorship.

Sebagai sponsor, perusahaan harus memilih event yang sesuai dengan target audience. Pastikan event memiliki prinsip yang sama dengan brand yang ditawarkan. Perbedaan prinsip dapat membawa dampak buruk bagi brand ataupun perusahaan yang mengeluarkan brand tersebut.

4. Kerja Sama dengan Brand Lain

Cara ini dapat dilakukan oleh brand yang sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Supaya pelanggan tidak bosan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Perusahaan dapat menjalin kerjasama dengan brand lain. Strategi ini merupakan salah satu eksperimen untuk menarik pangsa pasar baru.

5. Review Pelanggan di Media Online

brand awareness
Memberikan Kesempatan Kepada Pelanggan untuk Memberikan Review

Sebagian besar calon konsumen percaya dengan review online. Hal inilah yang membuat review pelanggan menjadi salah satu cara ampuh untuk menaikkan brand awareness. Pihak marketing dapat meminta pelanggan memberikan komentar positif melalui website atau e-commerce.

Meningkatkan brand awareness tidak cukup hanya dengan menyebar brosur atau baliho besar saja. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan jumlah penjualan produk. Persaingan bisnis yang ketat ini pebisnis harus berani memasang iklan dengan modal yang lumayan besar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*