Mengenal Buyer Persona dan Cara Menciptakannya

Kemajuan teknologi saat ini memberikan pengaruh yang sangat besar di berbagai hal, termasuk juga dalam dunia bisnis. Perkembangan yang terjadi tidak hanya dari media dan alat, tetapi juga pada strategi yang digunakan. Tentunya, bagi yang sudah berkecimpung dalam dunia digital marketing, tidak asing lagi dengan istilah Buyer Persona. Apa artinya?

Pengertian buyer persona adalah karakter fiktif atau bayangan yang sengaja diciptakan dengan karakteristik atau ciri tertentu. Diciptakan sebagai konsumen target dari produk yang dibuat produsen. Karakteristik tersebut terdiri dari sifatnya, kepribadiannya, dan cara konsumen dalam mengambil keputusan. 

Pentingnya Buyer Persona

buyer persona
Karakter Fiktif yang Diciptakan Untuk Kebutuhan Bisnis

Buyer persona ini sangat penting dibuat dalam dunia bisnis, terlebih pada strategi marketing. Mengapa buyer persona penting? Karakter konsumen fiktif ini memiliki fungsi dan peran yang sangat penting. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap produk yang ditawarkan produsen ke pasaran.
  2. Memahami cara konsumen dalam mengambil keputusan sehingga dapat dibuat target pemasaran dan penentuan penjualan dengan baik.
  3. Sebagai salah satu tolak ukur untuk mengembangkan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
  4. Memudahkan dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat, untuk konsumen.
  5. Membuat usaha pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Walaupun hanya sebagai karakter fiktif yang sengaja dibuat oleh tim marketing sebagai salah satu strategi pemasaran, bukan berarti dalam penciptaannya dilakukan sembarangan. Perlu banyak sekali hal yang dipertimbangkan. Baik oleh produsen maupun tim lainnya. 

Selain itu, ada beberapa informasi yang perlu didapatkan agar bayangan atau karakter yang diciptakan sesuai dengan produk yang ada. Data atau informasi tersebut didapatkan melalui beberapa cara. Diantaranya adalah melakukan wawancara dengan target audiens, menggunakan database kontak konsumen, dan men-generalkan berdasarkan interaksi tim penjualan dengan konsumen.

Informasi yang Diperlukan untuk Menciptakan Buyer Persona

Pebisnis bisa menciptakan buyer personanya sendiri. Untuk menciptakan buyer persona ada beberapa informasi dasar yang harus dipenuhi. Beberapa informasi yang diperlukan sebagai cara menciptakan buyer persona untuk bisnis adalah:

1. Data Pribadi

buyer persona
Membutuhkan Data Pribadi dari Konsumen

Dalam penciptaannya, tim marketing perlu membayangkan beberapa hal mengenai data pribadi konsumen. Mulai dari nama, jenis kelamin, usia, tingkat pendidikannya, pekerjaannya, penghasilan yang didapat, status pernikahannya, dan keberadaan anak dalam keluarga. Ini merupakan data basis yang dibutuhkan. 

2. Tingkah Laku

Selain data pribadi konsumen, hal lain yang diperlukan dalam buyer persona untuk marketing  adalah data mengenai tingkah. Mulai dari hobi, makanan dan minuman favorit, kesukaannya (seperti olahraga yang dilakukan, buku bacaan, selera musik dan lainnya). Selain itu juga platform media sosial yang digunakan, waktu yang dihabiskan untuk menggunakan media sosial. 

3. Kebiasaan Berbelanja

buyer persona
Kebiasaan Berbelanja dari Konsumen

Informasi lain yang tidak kalah penting adalah kebiasaan berbelanja, apakah lebih suka lewat online atau berbelanja langsung ke toko. Beberapa informasi yang diperlukan diantaranya adalah kebiasaan berkomunikasi, apakah secara langsung, telepon, atau email. Cara mengetahui suatu produk apakah dari iklan, internet, atau saran dari teman-teman. 

Cara berbelanja apakah secara online atau offline. Serta motivasi yang timbul ketika konsumen membeli produk tersebut. Ini juga dibutuhkan sebagai bahan untuk menciptakan buyer persona. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai buyer persona yang sangat penting dalam dunia marketing dan pengembangan produk. Mengingat manfaat yang diberikan, maka teknik pemasaran ini semakin layak untuk digunakan. Dengan teknik marketing yang satu ini, maka penjualan sebuah produk bisa semakin melonjak. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*