Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula Agar Investasi Lancar

cara berinvestasi emas bagi pemula

Sejak dulu, emas memang sudah dikenal sebagai salah satu jenis instrumen investasi yang menjanjikan. Pasalnya, investasi logam mulia memang minim resiko. Bukan itu saja, investasi emas juga memiliki nilai yang stabil dan sifatnya likuid atau sangat mudah dicairkan. Lalu, bagaimana cara berinvestasi emas bagi pemula agar bisa sukses?

Inilah Cara Berinvestasi Bagi Pemula Agar Bisa Semakin Sukses

1. Susun Perencanaan Secara Jelas

cara berinvestasi emas bagi pemula
Pastikan sudah memiliki perencanaan yang jelas sebelum investasi emas

Sebelum mulai berinvestasi, para investor tentu harus membuat tujuan atau perencanaan dengan jelas. Jangan berinvestasi hanya karena mengikuti trend saja, lalu dijual sewaktu-waktu sesukanya. Ini hanya akan membuat rugi saja. 

Maka dari itu, tentukan terlebih dahulu tujuan dari berinvestasi emas yang akan dilakukan. Apakah tujuannya untuk tabungan pendidikan di masa depan, menggelar pesta pernikahan, atau untuk biaya naik haji? Tentukan tujuan berinvestasi sesuai dengan niat dan kebutuhannya masing-masing.

2. Pastikan Selalu Memantau Harga Emas

Jika benar-benar sudah memutuskan untuk menjalankan investasi emas, maka mau tidak mau harus terus memantau harga dan pergerakan logam mulia tersebut di pasar global. Pasalnya, tidak setiap hari menjadi waktu yang tepat untuk membeli logam mulia atau pun menjualnya. Sehingga harus selalu dipantau.  

Diketahui bahwa waktu terbaik untuk membeli emas adalah bulan April hingga Juni. Pasalnya, pada bulan tersebut harga logam mulia cenderung menurun. Sementara itu, waktu yang tidak disarankan untuk membeli emas adalah November sampai Desember karena harganya cenderung naik. Namun, perkiraan ini tidak selalu sama setiap tahunnya.

3. Lakukan Sesuai Kemampuan Finansial

cara berinvestasi emas bagi pemula
Jangan paksakan jumlah investasi

Sama seperti jenis investasi lainnya, untuk cara berinvestasi emas bagi pemula juga perlu dilakukan sesuai dengan kemampuan finansial. Pasalnya, investasi emas tentu membutuhkan sejumlah dana. Tidak perlu langsung sekaligus mengeluarkan banyak dana. 

Untungnya, lembaga penyedia layanan investasi emas seperti Pegadaian mematok biaya iuran yang sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp50.000,- saja per bulan. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu terburu-buru untuk mengeluarkan banyak biaya. Cukup lakukan sesuai kondisi finansial saja.

4. Pilih Jenis Emas yang Paling Sesuai

Para pemula harus tahu bahwa emas itu mempunyai beberapa jenis. Jenis emas mulai dari logam mulia sampai emas kuno yang setiap jenisnya memiliki nilai yang berbeda. Untuk pemula, sangat disarankan untuk memilih investasi logam mulia. Pasalnya, berinvestasi dalam bentuk logam mulia dinilai lebih menguntungkan sebagai simpanan masa depan.

Kelebihan lainnya dari investasi logam mulia adalah memiliki harga jual yang cenderung tinggi. Hal ini berbeda dengan harga jual emas perhiasan yang lebih rendah dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Baik faktor jumlah karat, nilai seni, biaya pembuatan, model, hingga penurunan harga.

5. Pertimbangkan Tempat untuk Penyimpanan Emas

cara berinvestasi emas bagi pemula
Pilih tempat penyimpanan emas yang tepat

Faktor yang tidak kalah penting adalah memilih tempat untuk menyimpan emas tersebut. Apakah benar-benar aman dan layak untuk menyimpan emas atau logam mulia? Jangan sampai melakukan kecerobohan yang bisa membuat logam mulia cacat atau bahkan hilang. 

Pada umumnya, emas investasi bisa disimpan di rumah dengan menggunakan brankas khusus. Jika ingin meningkatkan keamanan, sebaiknya gunakan layanan Safe Deposit Box yang umumnya disediakan oleh pihak bank tertentu untuk menyimpan barang-barang berharga kepunyaan nasabah.

Nah, itu dia beberapa cara berinvestasi emas bagi pemula yang perlu benar-benar diperhatikan. Jangan sampai mulai berinvestasi tanpa tahu ilmunya. Jadi, lebih baik pelajari dahulu bagaimana agar bisa sukses menjalankan jenis investasi yang diinginkan. Dengan begitu, maka investasi benar-benar bisa membawa kesuksesan di masa depan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*