Memahami Mekanisme Cara Jualan di Marketplace untuk Pemula

cara jualan di marketplace

Semakin banyaknya peminat online shopping, membuat marketplace menjadi ladang penghasilan yang sangat menjanjikan. Bisnis online di marketplace pun cukup mudah dilakukan asal mau mempelajarinya. Lantas, bagaimana cara jualan di marketplace untuk para pemula? Yuk, simak uraian berikut!

Cara Jualan di Marketplace Untuk Pemula Agar Cepat Sukses

1. Siapkan Nama Toko yang Terbaik

nama toko terbaik
Beri Nama Toko yang Baik dan Mudah Dihafal

Langkah awal untuk berjualan di marketplace adalah menyiapkan nama toko. Nama toko ini memiliki peran penting dalam berkembangnya suatu bisnis, terutama dalam hal branding. Maka dari itu, nama toko perlu disiapkan dengan baik dan tidak boleh asal-asalan.

Saat menyiapkan nama toko, terdapat beberapa kriteria penting yang perlu dijadikan pertimbangan. Diantaranya adalah mudah dieja, tidak menimbulkan typo, serta tidak menggunakan spasi dan huruf ganda. Selain itu tidak harus menggunakan kata ‘mart’, ’olshop’, dan ‘store’.

Pilih juga nama toko yang unik, menarik, serta mudah untuk diingat. Jika toko digunakan khusus untuk memasarkan suatu brand, maka nama brand tersebut harus ada di nama toko yang dipilih. Nah, yang tidak kalah penting adalah penggunaan nama ini harus konsisten baik di website, media sosial, maupun di marketplace.

2. Buka Toko di Marketplace Populer

Setelah menyiapkan nama dan logo toko, langkah selanjutnya adalah membuka toko online. Dengan cara membuat akun di salah satu platform marketplace atau website e-commerce. Pembuatan akun ini hanya dengan menggunakan akun email atau nomor handphone yang masih aktif.

Beberapa platform marketplace populer yang paling banyak diakses pembeli online adalah Shopee, Bukalapak, Lazada dan Tokopedia. Beberapa platform marketplace ini menjadi pilihan pelapak online karena peluang bisnisnya besar. Sehingga lebih berpotensi mendatangkan keuntungan.

Ditambah lagi, persyaratan yang mudah untuk menjadi penjual, transaksi yang aman, mudah dioperasikan, dan traffic yang cukup tinggi. Pada toko online yang telah dibuat di marketplace, jangan lupa masukan profil toko, nomor handphone, email. Tidak lupa juga akun media sosial yang dimiliki.

3. Siapkan Produk Berkualitas

cara jualan di marketplace dengan produk yang berkualitas
Hanya Jual Produk yang Berkualitas

Untuk menjadi sukses dalam berbisnis online, kunci utama yang perlu dipegang adalah kualitas produk. Calon konsumen pun pasti akan kabur jika tau produk yang dijual berkualitas rendah. Untuk itu, siapkan produk-produk berkualitas. Jika memungkinkan, buat brand produk sendiri agar semakin unik dan mudah dikenal banyak orang.

4. Beri Deskripsi yang Jelas pada Setiap Produk

Ketika memasang produk di toko online, pastikan produk tersebut memiliki deskripsi yang jelas. Mulai dari ukuran, warna, bahan, jumlah stok, dan info terkait produk lainnya. Hal ini akan membantu calon pembeli mengidentifikasi produknya.

Selain itu, tambahkan juga foto produk yang asli, agar pembeli percaya dengan produk yang dijual. Menggunakan foto produk asli sangat disarankan karena 100% bisa semakin menarik hati calon pembeli. Dengan begitu calon pembeli benar-benar bisa melihat kondisi fisik produk yang dijual.

5. Beri Respons Pada Pembeli dengan Cepat

respon pembeli dengan cepat
Respon Cepat Kepada Pelanggan adalah Kuncinya

Sama halnya dengan toko pada umumnya, toko online juga perlu memiliki waktu buka, misalnya mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Pada waktu buka toko ini, penjual harus selalu standby dan dengan cepat merespon setiap pertanyaan customer. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang akan disukai oleh para customer.

Cara jualan di marketplace tersebut dapat membantu pebisnis pemula ketika akan memulai berjualan online di marketplace. Tentunya, ketika menjalankan bisnis online, diperlukan kesabaran dan juga kreativitas, agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang dan juga sukses. Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*