Inilah 4 Cara Membeli Saham Secara Online untuk Pemula  

cara membeli saham

Investasi saham memiliki tingkat risiko yang paling besar dibanding instrumen investasi yang lain. Akan tetapi setimpal dengan risikonya, saham juga memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Mengetahui cara membeli saham sangat penting bagi pemula agar tidak mengalami kesalahan saat berinvestasi di bidang ini.

Cara Membeli Saham Secara Online Bagi Pemula

Sebelum memutuskan untuk bermain saham kamu harus memahami arti investasi ini dan bagaimana mekanismenya. Hal ini bertujuan agar tidak menjadi bingung saat menentukan langkah ketika berinvestasi di bidang ini. Berikut akan dijelaskan cara-cara untuk bisa membeli saham secara online.

1. Memilih Perusahaan Sekuritas

cara membeli saham
Pilihlah perusahaan sekuritas yang profesional

Perusahaan sekuritas berperan sebagai perantara saat melakukan jual beli saham dan membuka rekening saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pilihlah perusahaan yang terdaftar di BEI dan memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Kamu juga harus memahami layanan dan biaya yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

2. Membuka Rekening Saham

Sebelum memulai investasi saham, kamu wajib membuat rekening saham terlebih dahulu. Pembukaan rekening saham ini bisa dilakukan secara online melalui perusahaan sekuritas dengan melampirkan fotokopi kartu identitas diri. Secara teknis, pembukaan rekening saham hampir sama dengan membuka tabungan biasa.

Perusahaan sekuritas memberikan fasilitas pembukaan rekening secara online pada cara membeli saham. Kamu cukup mengirimkan hasil foto atau scan identitas diri dan mengisi aplikasi yang telah disediakan secara online tanpa perlu melampirkan bukti fisik. Cukup mudah bukan?

3. Membuka Rekening Dana Nasabah

cara membeli saham
Bukalah rekening dana untuk nasabah

Bersamaan dengan membuka rekening saham, kamu juga harus membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) secara online. Jika rekening saham digunakan untuk melakukan jual beli saham, maka RDN adalah rekening khusus yang dibuat di bank. Tujuannya untuk menyimpan setoran modal dan hasil penjualan saham. 

Tiap perusahaan sekuritas menetapkan aturan yang berbeda-beda tentang besarnya deposit awal yang harus kamu bayarkan. Ada yang menetapkan nominal 20 juta, 1 juta, dan 100 ribu. Bahkan ada yang cuma menetapkan minimal transaksi saham lima ribu rupiah saja. Tinggal pilih yang sesuai dengan danamu 

4. Membeli Saham

Setelah melakukan setoran ke RDN, makan kamu bisa langsung melakukan transaksi membeli saham. Cara membeli saham secara online cukup mudah. Kamu harus menentukan terlebih dahulu saham yang ingin dibeli dan pilihlah. Alangkah lebih baik kalau kamu mengingat kode sahamnya agar transaksi bisa lebih mudah.

Pada saat membeli saham, kamu akan diminta untuk menentukan pada level harga berapa akan membeli saham pilihan tersebut. Kamu bisa melihat harga penawaran (bid) dan harga penjualan (offer) di dalam aplikasi online. Pemasangan order yang kamu lakukan mengikuti prioritas harga dan waktu.

Kamu bisa memasang harga beli yang sama dengan harga penjualan terendah jika ingin membeli secara efektif dan langsung mendapatkan saham tersebut. Apabila kamu menginginkan harga beli yang lebih murah, maka pasanglah harga di bawah harga jual terendah. Namun, terdapat kekurangan dari memasang harga di bawah harga jual terendah. 

Kamu tidak akan langsung mendapatkan saham tersebut sampai ada penjual yang mau menurunkan harga mereka hingga mencapai harga beli yang kamu pasang. Hal ini tentu akan membuatmu antri dan memakan waktu yang cukup lama. Setelah transaksi pembelian saham berhasil, kamu bisa melakukan pengecekan di halaman portofolio. 

Halaman portofolio ini juga penting dimiliki oleh investor. Sebab, lembar portofolio ini menunjukkan kepemilikan atas saham tersebut pada saat ini. Lembar ini memberikan informasi antara lain harga rata-rata, jumlah lembar saham, dan nilai investasi saham.

Demikianlah cara membeli saham secara online untuk pemula yang bisa kamu ikuti. Bermain saham bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan. Kamu harus mempelajari banyak hal agar bisa menjadikan saham sebagai investasi yang menguntungkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*