3 Cara Memulai Bisnis Online yang Jitu untuk Pemula

cara memulai bisnis online

Sebenarnya, cara memulai bisnis online tidaklah sulit, namun juga tidak semudah yang kamu pikirkan. Memiliki bisnis secara online sangatlah menguntungkan karena bisa dijalankan di mana saja. Kamu bisa menjalankan bisnis ini di dalam rumah, saat makan siang di kantor, bahkan ketika melaju di atas bus, selama ada kuota internet.

Bisnis online harus dijalankan dengan benar agar dapat memberikan hasil yang sangat menggiurkan. Kamu perlu terus konsisten dan memperhatikan beberapa hal agar bisnis online yang sedang dijalani dapat berhasil. Apabila tertarik untuk memulai bisnis secara online, silahkan simak tips berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Online untuk Para Pemula

Banyak proses yang harus kamu lalui sebelum dan saat menjalankan sebuah bisnis secara online. Proses ini meliputi banyak hal mulai dari riset pasar hingga memasarkannya. Buat kamu yang ingin tahu cara memulai bisnis online yang tepat, silahkan simak terus artikel berikut ini. 

1. Mencari Masalah dan Riset Pasar

cara memulai bisnis online
Mulai dengan survey dan riset

Seseorang memutuskan untuk membeli produk berupa barang atau jasa karena menganggap produk tersebut dapat menyelesaikan masalahnya. Jadi, saat kamu ingin memulai sebuah bisnis online, yang pertama kali harus dipikirkan adalah apakah produk tersebut dibutuhkan dan dapat menyelesaikan masalah. Bagaimana cara menemukan produk yang dibutuhkan? 

Cara memulai bisnis online yang pertama adalah mencari masalah. Jangan kuatir, banyak sekali masalah yang bisa ditemui di pasar. Kamu hanya harus mengobservasi dan mengidentifikasi masalah yang benar-benar dihadapi oleh banyak orang. Observasi bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. 

Gunakan internet untuk berselancar dan bergabung dalam berbagai forum media sosial untuk menemukan masalah. Kamu juga bisa melakukan wawancara sederhana dan melakukan riset pasar untuk memperoleh opini tentang beberapa masalah yang sedang tren. Hasil observasi yang dilakukan tentu akan menemukan berbagai macam masalah. 

Identifikasi masalah tersebut dan coretlah yang tidak memiliki potensi bisnis. Sebaliknya pilihlah satu masalah yang memiliki potensi bisnis dan kamu memiliki solusi untuk mengatasinya. Dengan begitu, hal yang nantinya akan kamu jual menjadi lebih tepat sasaran dan bisa laris manis. 

2. Belajar dari Kompetitor

cara memulai bisnis online
Ambil pelajaran dari pesaing

Sebagai pemula, kamu harus belajar dari kompetitor. Pelajari kelebihannya dan bagaimana metode pendekatan yang mereka lakukan terhadap konsumen. Lakukan analisa, termasuk mengetahui kekurangannya sehingga kamu dapat menemukan produk dan layanan yang bisa bersaing dengan kompetitor.

Kunjungi website mereka dan perhatikan setiap detailnya. Bagaimana cara mereka menampilkan foto produknya? Apakah informasi yang diberikan cukup jelas? Apakah tersedia layanan pelanggan? Bagaimana metode pembayaran dan pengiriman barangnya?  

Selain mengunjungi website, kamu juga dapat melakukan analisa terhadap media sosial milik mereka. Pelajari konsep postingan yang mereka lakukan di media sosial. Apa saja media sosial yang digunakan dan seberapa aktif mereka melakukan promosi di sana? Apakah mereka responsif terhadap setiap komen?

Kamu juga bisa melakukan analisa terhadap kepuasan pelanggan atas pelayanan kompetitor. Cari tahu mengapa konsumen puas terhadap produk kompetitor. Apakah konsumen pernah melakukan komplain? Apabila pernah, maka apa yang biasanya dikeluhkan?

Galilah informasi sebanyak-banyaknya tentang kompetitor untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Hal ini sangat berguna untuk bisnis online kamu. Sebab, ini nanti akan menentukan produk dan layanan yang tidak dimiliki oleh kompetitor untuk mendapatkan produk yang lebih unggul dibanding mereka.

3. Membuat Website

cara memulai bisnis online
Bangun website yang bagus untuk berjualan

Memiliki sebuah website sangat penting untuk bisnis online. Website dapat memudahkan konsumen mempelajari produk yang kamu tawarkan. Berikan informasi yang detail atas produk dan buatlah dengan tampilan seprofesional mungkin untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.

Selain membangun website, sangat baik untuk membangun interaksi dengan konsumen melalui berbagai media sosial untuk mengetahui kebutuhan mereka. Demikianlah 3 cara memulai bisnis online yang bisa kamu lakukan dengan konsisten agar bisnis online dapat berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*