Cara Menggunakan Mailchimp Untuk Email Marketing

Tidak semua konsumen mengikuti brand di media sosial dan mereka juga belum tentu selalu mengecek website brand tersebut. Lalu, bagaimana cara sebuah brand tetap terhubung dengan pelanggannya? Jawabannya adalah dengan cara menggunakan mailchimp untuk email marketing.

Nah, artikel ini akan mengulas mengenai cara menggunakan mailchimp dalam strategi email marketing. Artikel ini merangkum semua hal yang perlu kamu ketahui mengenai mailchimp.

Apa itu Mailchimp

Mailchimp adalah platform email marketing yang berbasis web. Kamu bisa menggunakan platform ini untuk mendesain dan mengirimkan email kepada pelanggan dan subscriber website. Nah, dengan sifatnya yang berbasis web, maka kamu dapat dengan mudah mengakses mailchimp tanpa perlu mendownload atau install software tambahan.  Dengan begitu cara menggunakan mailchimp untuk keperluan marketing kamu menjadi lebih mudah.

Selain itu, mailchimp juga menawarkan begitu banyak fitur yang menarik. Fitur-fitur tersebut akan memudahkan kamu mengeksekusi strategi marketing. Fitur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Berbagai pilihan campaigns

Mailchimp menawarkan banyak model campaigns untuk kamu. Tidak hanya fitur email saja, tetapi juga landing pages, postcard, signup forms, Google remarketing ads, bahkan sampai Facebook ads.

  • Terintegrasi dengan berbagai apps dan tools

 Dengan banyaknya apps dan tools, kamu dapat menambahkan berbagai fungsi ke dalam campaign yang dikirim. Terdapat tombol booking atau pesan, rekomendasi produk sesuai transaksi yang dilakukan pembeli, mengirim tagihan langganan, serta masih banyak lainnya.

  • Kirim email otomatis

Mailchimp akan memudahkan kamu mengirim email secara otomatis. Kamu tidak perlu lagi mengirimkan email secara manual ketika pelanggan baru membuat akun, mengingatkan transaksi pembelian yang belum selesai, ucapan selamat ulang tahun, rekomendasi produk, dan mengirimkan notifikasi pembelian.

  • Optimasi email marketing

Kamu dapat membagi subscriber berdasarkan minat tertentu dan mengirimkan email yang sesuai minat mereka. Kamu juga dapat melihat bagaimana performa campaigns yang dibuat serta melakukan testing campaigns untuk melihat mana yang paling efektif.

Bagaimana Cara Menggunakan Mailchimp?

Dengan fitur-fitur andalannya inilah sehingga tak aneh jika cara menggunakan mailchimp untuk email marketing telah banyak digunakan digunakan oleh jutaan user di lebih dari 200 negara di dunia .

Cara email blast menggunakan mailchimp

Sebelum kamu menggunakan mailchimp untuk mengkampanyekan email kamu, maka kamu perlu terlebih dahulu di mana tempat untuk menyimpan daftar pelanggan atau klien kamu.  Cara terbaik adalah dengan memisahkan berbagai jenis pelanggan berdasarkan Interest Groups (kelompok peminatan). Jadi, aturan praktisnya adalah dengan membuat daftar terpisah bagi proyek atau bisnis yang sama sekali berbeda jenisnya. Nah. dengan cara ini kamu dapat mencegah pembayaran dua kali lipat dari jumlah pelanggan yang sama yang mendaftar di kedua daftar email tersebut.

Untuk mengirim email blast menggunakan mailchimp, kamu harus tau bahwa ada beberapa opsi untuk membuat list name atau daftar penerima email. Salah satunya yaitu melalui input manual. Ini merupakan cara termudah sekaligus cara paling rumit yang bisa kamu lakukan. Mudah karena kamu tinggal memasukkan data ke dalam kolom yang disediakan. Namun juga rumit karena semua perlu dilakukan satu per satu.

Pertama, kamu bisa klik menu Audience di Dashboard. Kemudian klik dropdown menu Manage Audience dan pilih Add a subscriber.

Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman baru yang tampak seperti formulir.Nah, di halaman itu, kamu bisa isikan alamat email, nama subscriber, alamat, nomor telepon, dan tags. Di bawah formulir terdapat checklist soal kesediaan subscriber menerima email dan permintaan update data untuk menghindari list name dobel.

Cara menggunakan mailchimp untuk email marketing merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mengembangankan strategi marketing kamu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*