Pahami Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Investasi 

faktor yang mempengaruhi investasi

Investasi tidak terlepas dari yang namanya resiko. Laba dan rugi merupakan dua hal yang berjalan beriringan dalam sebuah investasi. Saat ini bisa saja mendapatkan keuntungan, namun tidak akan ada yang tahu bahwa di masa depan investor akan mendapatkan kerugian. Selain itu juga terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi investasi.

Belakangan ini memang semakin banyak orang yang memilih investasi sebagai jalan terbaik untuk mengamankan keuangan. Bukan hanya itu, investasi juga dipercaya bisa menghasilkan laba atau keuntungan hingga berkali lipat. Tidak heran jika semakin banyak orang yang mulai tertarik untuk menjalankan  berbagai jenis investasi.

5 Faktor yang Mempengaruhi Investasi Wajib Diketahui

1. Waktu

faktor yang mempengaruhi investasi
Investasi akan terpengaruh oleh waktu ketika memutuskan untuk invest

Semakin dini untuk berinvestasi, maka akan semakin besar pula laba atau penghasilan yang didapatkan oleh investor. Dalam investasi, ada sebuah kecenderungan nilai return yang semakin naik. Apalagi jika memilih investasi logam mulia atau properti. 

Kedua jenis investasi tersebut akan memiliki nilai yang semakin meningkat setiap waktunya. Sehingga, investor akan selalu mendapatkan kenaikan keuntungan setiap tahunnya. Jadi, tidak perlu ragu untuk memulai investasi sejak sekarang. Pasalnya, nantinya akan semakin besar keuntungan yang didapatkan di masa mendatang.

2. Resiko

Perlu diketahui bahwa investasi yang menawarkan nilai return tinggi juga pasti mempunyai resiko yang tinggi pula. Begitu pula sebaliknya untuk investasi dengan return kecil. Contohnya adalah ketika investor memilih untuk membeli saham dengan nilai besar. Maka, akan ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. 

Kemungkinan tersebut diantaranya adalah menerima laba yang besar atau justru malah merugi. Hal ini penting untuk menentukan strategi investasi yang ingin dijalankan. Jika ingin berinvestasi jangka panjang, maka tidak masalah jika harus merugi selama satu bulan. Selain itu, jangan percaya tawaran investasi dengan embel-embel return besar tapi resiko minim.

3. Perubahan Suku Bunga

faktor yang mempengaruhi investasi
Suku bunga juga akan mempengaruhi investasi

Iklim berinvestasi sangat dipengaruhi oleh perusahan suku bunga BI atau Bank Indonesia. Perlu diketahui bahwa tujuan dari Bank Indonesia mengubah nilai suku bunga adalah demi menstabilkan nilai tukar Rupiah. Saat suku bunga turun, tentu hal ini akan mendorong investor untuk mengambil kredit bank.

Sementara itu, investasi justru akan sedikit lesu. Namun, tidak perlu khawatir bagi pemilik saham karena perubahan suku bunga tidak terlalu berpengaruh. Bagi para investor, kebanyakan akan memilih berinvestasi di negara dengan suku bunga yang rendah. Pasalnya, hal ini mengindikasikan bahwa ekonomi negara tersebut cenderung stabil.

4. Sumber Daya Alam serta Manusia

Ketika sumber daya alam melimpah, tentu akan menarik banyak investor. Namun, sumber daya alam (SDA) tidak lengkap jika tidak didampingi oleh sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, investor akan sangat mempertimbangkan untuk berinvestasi di negara yang memiliki penduduk dengan usia produktif tinggi serta memiliki iklim kreatif dan inovatif.

5. Kondisi Negara

faktor yang mempengaruhi investasi
Stabil atau tidaknya suatu negara juga akan mempengaruhi investasi

Selain SDA dan SDM, kondisi negara juga menjadi faktor yang mempengaruhi investasi. Kestabilan politik di sebuah negara akan membuat investor tertarik. Keamanan, hukum, dan ekonomi yang stabil juga selalu menjadi pertimbangan para investor untuk menyuntikkan dananya. 

Bukan hanya itu, kebijakan pemerintah yang pro terhadap investor juga sangat penting. Misalnya dengan memberikan kemudahan administrasi, peraturan ketenagakerjaan, hingga birokrasi satu atap. Selain itu, pendapatan nasional per kapita juga akan berpengaruh terhadap iklim investasi.

Nah, itu dia beberapa faktor yang mempengaruhi investasi. Mengetahui faktor-faktor tersebut memang sangat penting sebelum benar-benar ingin terjun langsung dengan memulai berinvestasi. Jika tertarik untuk ikut berinvestasi, sebaiknya pilih investasi yang benar-benar aman dan tepat. Jangan tergiur dengan investasi borong yang sangat merugikan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*