Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan dan Contohnya

franchise makanan

Saat ini, bisnis franchise atau waralaba sudah sangat menjamur di Indonesia. Hal ini menarik banyak pengusaha untuk memulai membuka bisnisnya melalui kerjasama dengan pemberi franchise atau disebut sebagai franchisor. Salah satu bidang bisnis yang terkenal adalah franchise makanan.

5 Cara Melakukan Bisnis Franchise Makanan

Banyak bisnis franchise yang terbukti sukses di Indonesia. Hal ini membuat banyak orang ingin ikut andil di dalamnya. Beberapa contoh franchise makanan seperti Pizza Hut, KFC, Chatime, Dunkin Donuts, Thai Tea, Campina, dan brand franchise lainnya. Lalu, bagaimana cara melakukan bisnis ini?

1. Pilih Brand Franchise yang Sesuai

brand franchise makanan
Tentukan Brand Franchise Terlebih Dahulu

Sebelum memilih akan bekerjasama dengan franchisor yang mana, sangat dianjurkan untuk mencari informasi mengenai franchise. Diantaranya adalah reputasi baik, aman, dan terpercaya agar tidak salah pilih. Setelah itu, pilih franchise yang sudah terkenal dan memiliki banyak outlet di berbagai tempat.

Banyaknya outlet yang dimiliki suatu bisnis makanan menunjukkan bahwa produk tersebut memiliki peluang usaha yang besar dan disukai banyak orang. Perlu diingat bahwa produk makanan yang sudah terkenal biasanya mematok harga produk yang tinggi. Sehingga, pemilihan bisnis makanan franchise juga harus disesuaikan dengan jumlah modal usaha yang tersedia.

Tapi tidak perlu khawatir, karena tersedia banyak sekali produk makanan franchise yang sudah terkenal, laris, dan disukai konsumen. Namun memasang harga produk yang tidak terlalu tinggi. Jadi, harus pintar-pintar memilih brand franchise sesuai dengan modal awal yang dimiliki.

2. Ikuti Sistem Bisnis dari Franchisor

Setelah memilih produk makanan mana yang akan dijadikan bisnis franchise, langkah selanjutnya adalah mempelajari ketentuan dan aturan yang ditawarkan pemilik franchise. Baik dari segi produk makanan, royalti, dan juga lamanya masa waktu kerjasama. Kemudian, ikuti sistem yang diberikan agar bisnis yang dijalankan.

Tujuannya adalah agar bisnis tersebut sama suksesnya dengan franchise yang lainnya. Biasanya, di awal akan diadakan pelatihan. Jadi, pastikan untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan menerapkannya.

Jika memiliki keinginan untuk mengubah sistem bisnis, alangkah lebih baiknya untuk dibicarakan baik-baik dengan franchisor dan tim yang berada di lapangan. Poin pentingnya adalah harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak. Agar memberi kenyamanan dalam berbisnis.

3. Buatlah Rencana Bisnis yang Jelas

rencana bisnis franchise makanan yang jelas
Membuat Rencana Bisnis yang Jelas dan Terukur

Sebelum memulai bisnis makanan, sangat disarankan untuk membuat rencana bisnis yang detail. Contohnya seperti modal keseluruhan, pendapatan, dan juga pembiayaan yang diperlukan contohnya untuk pendirian gerai, biaya listrik, serta biaya promosi. Rencana bisnis ini dibuat untuk jangka waktu minimal satu tahun.

Hal penting lainnya dalam perencanaan bisnis ini adalah mengenai pemilihan pegawai. Pegawai yang dipilih harus yang kompeten agar bisnis makanan bisa berjalan dengan sukses. Pilih juga pegawai yang dikhususkan untuk mengelola keuangan agar keluar masuknya dana bisa terpantau dengan baik.

4. Lakukan Kerjasama dengan Baik

Ketika memulai suatu bisnis, sebaiknya tanamkan sikap positif agar bisa bekerjasama dengan baik kepada siapapun, terutama franchisor. Ikuti semua kebijakan dan mencoba melakukannya dengan baik tanpa mengeluh agar kerjasama bisnis makanan tersebut bisa berjalan lancar. Jika kerjasama lancar maka usia usaha juga akan bertahan lama.

5. Lakukan Cara Promosi yang Menarik

cara promosi franchise makanan
Imbangi dengan Promosi yang Menarik

Pemegang franchise memiliki tugas utama menjual dan memasarkan produk. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan promosi dengan berbagai strategi pemasaran yang kreatif. Karena, suatu bisnis tidak akan bisa sukses jika tidak dibarengi dengan promosi.

Franchise makanan menjadi salah satu jenis bisnis franchise yang memiliki peluang usaha yang besar. Perlu diingat, bahwa setiap bisnis dalam bentuk apapun akan berjalan lancar dan sukses jika ada kerjasama yang baik antara pihak yang bersangkutan. Bagaimana, apakah Anda tertarik mencoba bisnis ini?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*