Inilah Cara Kerja Telemarketing yang Penting Untuk Diketahui

Telemarketing sering juga disebut sebagai aktivitas pemasaran produk dan jasa pada konsumen atau vendor melalui telepon jarak jauh. Jangkauan pemasaran akan lebih besar , lebih cepat tersampai dan efisien dengan adanya cara kerja telemarketing yang cukup memudahkan.

Apa Itu Telemarketing

Di dunia digital dan serba online seperti ini, dunia marketing semakin meluas. Telemarketing yang menjadi salah satu bidang jasa marketing digital mulai hadir seiring perkembangan zaman tersebut. Marketing digital ini merupakan salah satu bidang pemasaran masa kini, yang memanfaatkan kemudahan melakukan panggilan atau telepon dengan sejumlah tujuan.

Tujuan dari panggilan atau telepon tersebut adalah untuk mendapatkan engagement. Tujuan akhirnya sendiri adalah untuk mengkonversi mereka yang berpotensial dan memungkinkan untuk menuntaskan transaksi dengan perusahaan. Alasan cara kerja telemarketing menggunakan telepon sebagai alat komunikasinya adalah karena alat ini dipandang sebagai alat penghubung untuk berkomunikasi yang lebih cepat dan efektif. Telemarketing ini akan berfungsi dalam bentuk:

  1. Penjaringan konsumen sampai penuntasan transaksi
  2. Sebagai alat survey pemasaran yang kemudian akan di follow up oleh petugas pemasaran di lapangan
  3. Penghubung awal kepada konsumen yang berpotensial

Telemarketing ini ternyata mampu menjamah pasar secara tajam. Hal ini karena proses promosi yang dilakukan menggunakan cara komunikasi secara langsung yang akan membuat target lebih mudah didekati secara personal.

Telemarketer

Telemarketer merupakan sebutan bagi orang yang bekerja dibidang marketing digital, telemarketing. Meskipun hanya bertugas berbicara di telepon, telemarketer bukanlah sebuah profesi yang mudah. Seorang telemarketer harus memiliki keahlian layaknya seorang sales person. Tantangan menjadi seorang telemarketer terletak pada cara kerja telemarketing yang menuntut seorang telemarketer untuk mendatangkan klien. Syarat menjadi telemarketer sendiri adalah :

  1. Termotivasi dan tertantang untuk menekuni dunia telemarketing
  2. Pengetahuan produk
  3. Paham mengenai tahapan untuk berkomunikasi dengan calon klien
  4. Mampu meredam emosi  yang akan mempengaruhi keputusan klien
  5. Seorang telemarketer diharuskan untuk melakukan reset mengenai target agar tujuan utama dari marketing-nya dapat tercapai.

Bagaimana Cara Kerja Telemarketing?

Cara kerja dari telemarketing sendiri berawal dari perencanaan dan persiapan yang menjadi sebuah kunci keberhasilan dari telemarketing. Dalam tahapan awal ini adalah dengan melakukan hal yang penting, karena mengingat waktu yang digunakan sangat terbatas. Untuk menghasilkan perencanaan dan persiapan yang matang, bisa dilakukan dengan cara membuat draf atau naskah yang akan diperbincangkan dengan calon konsumen.

Cara kerja telemarketing selanjutnya mengharuskan seorang telemarketer untuk mengetahui dasar-dasar komunikasi yang efektif. Seorang telemarketer harus mengetahui cari menarik perhatian pendengar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan profesional. Telemarketer juga akan memaparkan secara rinci mengenai produk/ jasa yang ditawarkan dengan bahasa yang sederhana. 

Calon konsumen yang tidak mengetahui secara teknis mengenai produk yang ditawarkan, akan dengan mudah percaya dengan kualitas produknya. Telemarketer akan mengulang penjelasan tentang produk berdasarkan sudut pandang pelanggan, agar mereka benar-benar berminat untuk membeli.

Jika target mengungkapkan tidak tertarik terhadap produk/ jasa yang ditawarkan, seorang telemarketer akan bersikap baik dan lemah lembut dalam merespon ungkapan klien tersebut. Sebaliknya, jika klien menunjukan ketertarikannya terhadap produk, telemarketer akan menjadwalkan tindak lanjut panggilan.

Melalui pemaparan mengenai cara kerja telemarketing tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi seorang telemarketer haruslah memiliki budi yang baik, terlatih dalam berkomunikasi, dan etos kerja yang baik. Strategi telemarketing juga cukup berperan penting dalam pengadaan program penjaringan klien.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*