Memahami Definisi, Fungsi, dan Contoh Instrumen Pasar Uang

instrumen pasar uang

Pasar didefinisikan sebagai tempat untuk bertransaksi dalam melakukan kegiatan jual beli. Jika begitu, apakah definisi pasar uang berarti tempat jual beli uang? Pasar uang atau money market diartikan sebagai sebuah tempat bertemunya pemilik dan calon konsumen untuk melakukan transaksi penawaran terhadap sejumlah dana atau instrumen pasar uang lainnya.

Mengenal Jenis-Jenis Instrumen Pasar Uang

Lalu, apa fungsi dari pasar uang? Pasar uang memiliki banyak sekali fungsi. Diantaranya adalah sebagai mediator serta fasilitator bagi para investor, menjadi sumber dana modal kerja perusahaan yang ingin melakukan ekspansi, berperan untuk menghimpun dana masyarakat, serta mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam pembelian instrumen berharga.

1. Sertifikat Bank Indonesia

instrumen pasar uang
Salah bentuk isntrumen dalam pasar uang adalah Sertifikat Bank Indonesia

Sertifikat Bank Indonesia menjadi salah satu surat berharga yang masuk daftar instrumen dalam pasar uang yang paling diminati. Perlu diketahui bahwa sertifikat Bank Indonesia menjadi pengendali nilai Rupiah supaya tetap stabil. Surat berharga ini merupakan bukti utang jangka pendek, yaitu antara satu sampai tiga bulan menggunakan sistem diskonto.

Dengan memperdagangkan surat-surat berharganya ke dalam pasar uang, diharapkan akan semakin banyak uang primer yang beredar dan diserap oleh negara. Dengan begitu, maka nilai Rupiah bisa lebih stabil dan menguntungkan bagi negara Indonesia.

2. Surat Berharga Pasar Uang (SPBU)

Surat berharga yang menjadi instrumen dalam pasar uang merupakan surat-surat berharga yang diterbitkan oleh beberapa bank. Biasanya, surat berharga tersebut merupakan jaminan pelunasan hutang piutang yang dilakukan nasabah kepada pihak bank tersebut. Surat jaminan ini kemudian menjadi hak bagi bank selaku pemberi hutang untuk menjualnya di pasar uang.

3. Treasury Bills

instrumen pasar uang
Jenis instrumen Treasury Bills

Treasury Bills dikenal juga dengan istilah T-Bills, merupakan sejenis surat obligasi milik pemerintah. T-Bills memiliki jangka waktu cukup pendek. Berdasarkan sejarah, dikatakan bahwa T-Bills pada awalnya diterbitkan sebagai obligasi yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat sebagai biaya Perang Dunia I.

Lalu, bagaimana sistem jual beli Treasury Bills? Sistem jual beli T-Bills adalah diawali dengan investor yang membelinya saat harga sedang diskon. Selanjutnya, saat dokumen obligasi tersebut telah jatuh tempo, maka investor akan memperoleh sejumlah keuntungan. Nah, keuntungan tersebut didapatkan dari selisih antara harga diskon dengan harga nominal.

4. Call Money

Call Money adalah instrumen pasar uang dalam bentuk pinjaman dana yang dilakukan antar bank pada jangka waktu yang sangat singkat. Pada umumnya, Call Money digunakan ketika bank sedang membutuhkan maupun harus mengalihkan sejumlah kelebihan dana jangka pendek yang sifatnya sementara. 

Proses ini terjadi dalam sistem kliring. Setiap kliring yang dilakukan oleh Bank Indonesia akan menentukan bank yang menang dan bank yang kalah kliring. Sementara itu, jangka waktu peminjaman dana seperti ini sangatlah pendek, yaitu hanya sekitar 1 hingga 7 hari saja.

5. Commercial Paper

instrumen pasar uang
Salah satu jenis isntrumen dalam pasar uang adalah Commercial Paper

Commercial Paper atau surat berharga komersial merupakan instrumen utang yang dimiliki oleh sebuah pihak. Biasanya, pihak tersebut adalah bank atau perusahaan yang berkapitalisasi besar. Biasanya, instrumen ini digunakan untuk membeli inventaris maupun untuk pengelolaan modal kerja yang cukup singkat, yaitu jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun.

Itulah beberapa jenis instrumen pasar uang. Namun, masih banyak jenis instrumen pada pasar uang lainnya. Sebut saja Promissory Notes, Banker’s Acceptance, Sertifikat Deposito, dan beberapa instrumen berharga lainnya. Tentunya, setiap jenis instrumen dalam pasar uang tersebut memiliki sistem yang berbeda dengan besaran keuntungan yang berbeda pula.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*