Cara Mudah Investasi Dollar Bagi Pemula yang Menguntungkan

investasi dollar

Investasi mata uang asing kini mulai banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Bicara soal valuta asing, mata uang asing yang kini sangat populer adalah Dollar Amerika Serikat (USD). Tentu saja, ada banyak jenis investasi valuta asing yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Namun, investasi dollar menjadi salah satu yang paling popule untuk dilakukan. 

Untuk memulai investasi dollar, tentu dibutuhkan persiapkan yang matang. Apalagi bagi pemula yang baru pertama kali akan memulai investasi mata uang asing. Setiap pemula harus mempelajari cara berinvestasi dollar agar bisa menghindari risiko kerugian investasi. Lalu, bagaimana cara investasi mata uang asing bagi para pemula?

Inilah Cara Mudah Investasi Dollar untuk Para Pemula

1. Pelajari Cara Berinvestasi

investasi dollar
Pelajari langkah investasi yang tepat terlebih dahulu

Langkah pertama bagi para pemula adalah belajar bagaimana cara untuk berinvestasi. Pelajari mengenai apa yang ingin dituju dari kegiatan investasi tersebut. Sebagai contoh adalah valas dimana valas merupakan jenis investasi mata asing yang mempunyai risiko tinggi. Oleh karena itu, para pemula disarankan untuk belajar terlebih dahulu agar bisa ahli di bidang ini.

2. Perhatikan Kurs Serta Biaya Transaksi

Setelah mempelajari dan mendalami tentang cara investasi, langkah selanjutnya adalah memperhatikan kurs dollar serta biaya lainnya. Sebelum memulai investasi mata uang asing, pastikan untuk mengetahui biaya apa saja yang dibutuhkan dalam melakukan investasi tersebut. Kurs beli dan kurs jual juga menjadi faktor yang paling penting dalam berinvestasi.

Untuk mempermudah, sebaiknya langsung saja berkunjung ke money changer. Contohnya adalah harga jual Dollar AS sebesar Rp 14.285,- dan harga belinya adalah sebesar Rp 13.589,-. Artinya, jika ingin membeli 1 Dollar dari money changer, maka harganya adalah Rp 14.285,-. Sementara jika ingin menjualnya, money changer akan membeli seharga Rp13.589,-.

3. Ketahui Waktu Jual dan Beli Dollar AS

investasi dollar
Pahami waktu jual beli Dollar AS

Mungkin banyak yang bertanya apakah seorang pemula bisa mendapatkan keuntungan dari investasi Dollar? Tentu saja bisa. Asalkan benar-benar mengerti waktu terbaik untuk menjual maupun membeli mata uang asing tersebut. 

Saat kurs Dollar AS terhadap mata uang Rupiah  sedang melambung, ini merupakan waktu yang tidak tepat untuk membeli Dollar AS tersebut. Sebaliknya, waktu inilah yang tepat untuk menjual simpanan Dollar AS yang dimiliki. Sementara saat kurs Dollar terhadap Rupiah tengah anjlok merupakan waktu yang tepat untuk membeli dan menyimpannya.

4. Jangan Menyimpan Terlalu Lama

Sebenarnya, Dollar AS termasuk jenis mata uang asing yang cukup kebal terhadap devaluasi. Namun, hal ini tidak selalu membuat bentuk fisiknya dapat bertahan lama sampai belasan atau puluhan tahun lamanya. Agar Dollar AS yang menjadi simpanan tetap mempunyai nilai nominal dan berlaku dalam investasi, sangat wajib untuk menjaga penampilannya.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyimpan Dollar AS dalam jangka waktu terlalu lama. Selain itu, hindari menyimpan Dollar AS pada tempat yang tidak mendukung, seperti terlalu lembab atau terlalu panas. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan Dollar AS terkoyak, robek, bolong, atau bahkan disantap rayap. Jika rusak, tentu akan mengalami penurunan nilai.

5. Beli di Tempat Resmi

investasi dollar
Selalu beli Dollar di tempat yang resmi

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang paham akan pentingnya berinvestasi, ternyata tidak selalu memberikan dampak positif. Pasalnya, ada juga dampak negatif yang bermunculan, seperti adanya oknum tak bertanggung jawab yang menawarkan investasi yang kurang menguntungkan atau bahkan bisa berakhir pada kerugian.

Maka dari itu, sebaiknya jangan terlalu tergiur dengan penawaran investasi dari pihak yang tidak resmi. Biasanya, oknum-oknum penipuan tersebut menawarkan harga yang lebih murah. Pastikan untuk selalu memilih tempat resmi untuk membeli Dollar AS. Pilih perbankan atau lembaga keuangan resmi yang berkualitas dan memiliki sertifikat.

Itu dia beberapa cara investasi dollar yang sangat penting untuk para pemula. Seorang pemula memang harus mempersiapkan diri dengan belajar banyak hal sebelum memulai investasi ini. Dengan begitu, maka investasi yang dilakukan ke depannya bisa membawa pada keuntungan. Bukan malah membawa kerugian yang sangat tidak diinginkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*