Rekomendasi Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

investasi jangka pendek yang menguntungkan

Investasi tentu bukan menjadi hal yang asing lagi dalam dunia finansial. Biasanya, investasi bertujuan untuk memenuhi kondisi keuangan jangka panjang. Namun, ada kalanya seseorang membutuhkan dana untuk menutup kepentingan finansial dalam jangka pendek. Tidak perlu khawatir karena ada beberapa jenis investasi jangka pendek yang menguntungkan

Investasi memang dibagi menjadi dua jenis berdasarkan jangka waktunya. Untuk investasi jangka panjang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan ketersediaan dana pensiun atau aset di masa tua. Sementara investasi jangka pendek bertujuan untuk kebutuhan jangka pendek seperti menikah atau membeli rumah dengan rentang maksimal hingga 3 tahun saja.

Inilah 5 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

1. Saham

investasi jangka pendek yang menguntungkan
Instrumen saham bisa menjadi investasi jangka pendek yang menggiurkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa saham merupakan instrumen investasi yang terpopuler di dunia. Investasi saham memang sangat menarik karena menawarkan keuntungan yang besar. Saham sendiri termasuk jenis investasi jangka pendek yang menguntungkan. Pasalnya, investor bisa menjual saham tersebut beberapa hari setelah membelinya.

Sebenarnya, saham bisa menjadi investasi jangka pendek maupun panjang. Jadi, sesuaikan saja dengan rencana keuangan serta target investasi masing-masing. Jika kemungkinan akan membutuhkan dana dalam waktu cepat, maka saham dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, perlu berhati-hati dalam menjalani investasi ini karena resikonya cukup besar.

2. Deposito

Sebenarnya, deposito cukup mirip dengan menabung seperti biasa. Bedanya, investor tidak bisa mengambil uang yang telah didepositokan setiap saat menabung. Namun, bunga yang ditawarkan oleh deposito biasanya akan lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan. 

Selain itu, investor juga bisa menentukan sendiri durasi uang yang didepositokan. Tersedia jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, atau satu tahun yang semua dipilih sesuai dengan kesepakatan. Tapi, ingat bahwa uang tersebut tidak bisa diambil jika belum jatuh tempo.

3. P2P Lending

investasi jangka pendek yang menguntungkan
Berinvestasi di P2P Lending

P2P Lending atau Peer to Peer Lending juga sangat direkomendasikan bagi yang ingin menjalankan investasi jangka pendek. Jenis investasi ini memungkinkan investor untuk memberikan pinjaman sejumlah dana kepada pemilik UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Keuntungan yang didapatkan berasal dari suku bunga uang pinjaman tersebut.

4. Reksa Dana

Reksa dana menjadi jenis investasi yang paling sering dipilih oleh para investor pemula. Jenis investasi ini cocok untuk pemula karena ada manajer investasi yang siap membantu mengurus semuanya. Investor cukup dengan mempercayakan uang yang akan diinvestasikan kepada manajer investasi tersebut dan akan memperoleh banyak keuntungan.

Selain bisa direkomendasikan sebagai investasi jangka pendek, Reksa Dana juga cocok menjadi pilihan investasi jangka panjang. Nah, beberapa jenis reksa dana diantaranya adalah reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, reksa dana saham, serta reksa dana campuran. Pembagian tersebut disesuaikan dengan tujuan uang tersebut diinvestasikan.

5. Saving Bond Ritel (SBR)

investasi jangka pendek yang menguntungkan
Investasi jangka pendek dengan Saving Bond Ritel (SBR)

Saving Bond Ritel merupakan instrumen investasi yang berbentuk surat utang milik negara. Sama halnya dengan investasi P2P Lending, dalam hal ini investor juga bertindak sebagai pemberi pinjaman. Bedanya, uang pinjaman tersebut diberikan kepada pemerintah. 

Surat utang banyak dipilih oleh investor karena mempunyai risiko yang kecil dan dijamin keamanannya langsung oleh negara. Cukup dengan Rp100.000,- saja, kita sudah bisa mulai berinvestasi dengan mendapatkan bunga sebanyak 6,3% per tahun. Sangat menguntungkan bukan? 

Itu dia 5 jenis investasi jangka pendek yang menguntungkan. Jenis investasi yang beragam tentunya mengharuskan kita mengenal lebih banyak jenis investasi serta trik dalam menjalankannya. Dengan begitu, maka kesuksesan menjadi investor sudah ada di depan mata. Namun, pastikan untuk tidak ceroboh dalam memilih tempat investasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*