Mengenal Aneka Jenis Investasi Pertanian dan Keuntungannya

investasi pertanian

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan hasil bumi. Tidak heran jika dahulu sebagian besar masyarakat Indonesia berprofesi sebagai petani. Sayangnya, pekerjaan sebagai petani mulai banyak ditinggalkan sebagai mata pencaharian. Padahal, investasi pertanian memiliki banyak sekali kemudahan dan memberikan banyak keuntungan.

Investasi di bidang pertanian tidak harus memiliki sawah atau kebun yang luas. Ada banyak pekerjaan lain yang bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai kecanggihan teknologi serta ilmu pertanian. Syaratnya adalah harus smart dan lebih jeli melihat peluang usaha yang ada. Lantas, apa saja jenis investasi paling menguntungkan di bidang pertanian?

Inilah 5 Jenis Investasi Pertanian Paling Menguntungkan

1. Membuat Tulisan Tentang Pertanian

investasi pertanian
Menulis tulisan di website tentang pertanian

Hobi menulis dan memiliki pemahaman yang cukup tentang dunia pertanian bisa menjadi bekal investasi yang cukup menguntungkan. Dengan bermodalkan ide kreatif yang diwujudkan dalam bentuk artikel, maka penulis akan mendapatkan fee yang cukup besar. Caranya adalah dengan memposting konten tentang pertanian tersebut di blog atau website. 

Informasi tentang pertanian seperti cara menanam, budidaya tanaman, cara perawatan, dan tema pertanian lainnya sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang, hampir semua orang pasti akan mencari informasi tersebut lewat internet. Selain bisa mendapatkan fee, karya tersebut tentunya juga bermanfaat bagi banyak orang.

2. Mencoba Budidaya Tanaman Hias

Investasi pertanian juga bisa dimulai dengan budidaya aneka jenis tanaman hias. Seperti yang kita tahu bahwa tanaman hias tidak pernah kehilangan penggemarnya. Meski harganya ada yang cukup mahal, namun pecinta tanaman hias tidak pernah ragu untuk membeli dan memilikinya. Oleh karena itu, investasi ini cocok bagi orang yang senang bercocok tanam.

Tanaman hias memiliki banyak segmen pembeli tersendiri. Selain digunakan sebagai bahan dekorasi rumah dan gedung, saat ini juga semakin banyak masyarakat yang peduli akan keindahan lingkungan. Mereka membeli aneka jenis tanaman hias yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya adalah sebagai penghasil oksigen.

3. Menjadi Petani Sayur Organik

investasi pertanian
Petani sayur organik sebagai bentuk investasi pertanian

Sayur organik sedang populer di kalangan masyarakat. Pasalnya, semakin banyak masyarakat yang mulai menerapkan hidup sehat. Sayuran organik memang memiliki manfaat lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis sayuran biasa. Hal ini dikarenakan proses penanaman sayuran dilakukan secara organik, yaitu tanpa penggunaan bahan-bahan kimia.

Tentu saja, ada teknik khusus selama budidaya sayuran organik. Oleh karena itu, pelajari dahulu bagaimana teknik yang baik dalam bercocok tanam sayuran organik. Dari tahun ke tahun, permintaan sayuran organik diperkirakan akan terus meningkat. Oleh karena itu, ini merupakan peluang bagus untuk investasi yang menjanjikan di masa depan.

4. Menjadi Petani Rempah-Rempah

Indonesia menjadi negara penghasil rempah terbanyak di dunia. Tidak heran, rempah-rempah telah menjadi komoditi ekspor yang menjanjikan. Permintaan rempah-rempah domestik saja sudah sangat banyak. Begitu pula dengan permintaan dari manca negara. Oleh karena itu, rempah-rempah merupakan investasi perkebunan paling menguntungkan.

Banyak sekali jenis rempah-rempah yang bisa ditanam. Mulai dari lada, cengkeh, pala, bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe, lengkuas, dan masih banyak lainnya. Pilih jenis rempah yang cocok dengan lahan yang dimiliki. Sampai bertahun-tahun mendatang, rempah-rempah tetap akan menjadi investasi yang tak pernah lekang di bidang pertanian.

5. Agen Ekspor Hasil Pertanian

investasi pertanian
Ekspor hasil pertanian juga bisa menjadi bentuk investasi pertanian

Peluang yang satu ini sangat menjanjikan bagi orang-orang yang memiliki banyak koneksi. Perlu diketahui bahwa dunia pertanian masih cukup minim terhadap kegiatan ekspor ke luar negeri. Masih banyak petani yang tidak paham bagaimana cara melakukan penjualan hasil pertanian ke luar negeri secara aman dan sesuai aturan.

Oleh karena itu, agen ekspor hasil pertanian sangat dibutuhkan untuk mempermudah para petani dalam menjual hasil pertaniannya. Agen ekspor bertugas sebagai perantara antara petani dengan para distributor atau para konsumen di luar negeri. Ekspor hasil pertanian merupakan salah satu bisnis dan investasi yang menggiurkan di bidang pertanian.

Itu dia beberapa bentuk investasi pertanian paling menguntungkan di Indonesia. Terbukti bahwa ada banyak sekali jenis investasi yang menjanjikan hingga masa mendatang dengan mengangkat tema pertanian. Namun, pastikan untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankan investasi di bidang pertanian agar bisa sukses sesuai harapan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*