Panduan Lengkap Cara Investasi Saham Online Sampai Berhasil

investasi saham online

Investasi saham masih menjadi pilihan kebanyakan orang karena menjanjikan keuntungan yang berlipat. Dengan semakin majunya teknologi, maka melakukan investasi menjadi semakin mudah. Hal ini terbukti dengan adanya investasi saham online yang sangat memudahkan transaksi jual beli saham, tanpa perlu mendatangi broker atau pialang.

Panduan Cara Investasi Saham Online

1. Memilih Perusahaan Sekuritas untuk Investasi Saham Online

memilih perusahaan sekuritas untuk investasi saham online
Tentukan Perusahaan Sekuritas Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan investasi saham secara online, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih perusahaan sekuritas. Perusahan sekuritas atau broker ini berperan sebagai perantara ketika akan membeli saham. Aktivitas yang dilakukannya adalah melakukan jual beli efek yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Agar bisa menjadi nasabah, maka diharuskan mendaftar di perusahaan sekuritas. Banyak tersebar perusahaan sekuritas yang bagus. Sayangnya, tidak semua sekuritas mendukung investasi online. Oleh karena itu, jika ingin melakukan investasi saham secara online, sekuritas yang dipilih harus memiliki aplikasi online trading. Selain itu, juga harus sudah memiliki izin OJK.

2. Membuka Rekening Efek

Sama halnya dengan tabungan, saham juga memerlukan rekening berupa rekening efek atau rekening saham yang dibuka di perusahaan sekuritas. Membuka rekening ini dilakukan di kantor perusahaan sekuritas yang telah dipilih. Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk membuka rekening efek adalah dengan mendaftar melalui telepon.

Bisa juga mendaftar secara online melalui situs resmi perusahaan yang tersedia dan mengikuti petunjuk yang ada. Beberapa hal yang perlu disiapkan ketika akan membuka rekening efek adalah KTP, NPWP. Jika ada, buku tabungan, Kartu Keluarga, Materai 6000 sebanyak 3 hingga 4 buah.

Setelah membuka rekening, maka akan didapatkan rekening dana nasabah (RDN) dan kartu KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia). Fungsinya sebagai kartu identitas dan bukti sah telah menjadi investor. Baru setelah itu investasi bisa dilakukan.

3. Top Up Dana Rekening Efek

Top up dana rekening efek untuk investasi saham online
Baru Lakukan Top Up ke Rekening Efek

Beberapa perusahaan sekuritas ada yang mematok setoran minimal, ada juga yang tidak. Jika harga saham yang dibeli tinggi, maka dana yang perlu disiapkan juga banyak. Dana yang telah disiapkan selanjutnya disetorkan ke rekening dana nasabah (RDN).

Cara penyetoran ke rekening efek ini sama seperti ketika mengirim ke rekening tabungan. Caranya bisa melalui teller, transfer ATM, atau bisa juga transfer melalui digital banking. Tinggal disesuaikan dengan preferensi nasabah saja.

4. Menginstall Aplikasi Online Trading

Investasi saham secara online baru bisa dilakukan ketika aplikasi online trading telah diinstal. Saat ini, banyak aplikasi trading yang bisa diakses melalui smartphone. Namun, jangan sampai asal instal aplikasi.

Saat ini banyak ditemui aplikasi abal-abal yang mengaku sebagai aplikasi trading untuk menipu. Biasanya, aplikasi trading akan menyajikan menu berita terhangat di pasar, kuotasi, analisa trading, serta informasi tentang market sentiment. Oleh karena itu pastikan dahulu keabsahan aplikasi tersebut.

5. Membeli atau Menjual Saham Lewat Aplikasi

membeli atau menjual investasi saham online lewat aplikasi
Mulai Lakukan Jual Beli Saham Lewat Aplikasi

Melakukan transaksi jual beli saham melalui aplikasi terbilang cukup mudah. Hanya tinggal login di aplikasi menggunakan akun yang telah dimiliki dan memasukan PIN. Selanjutnya, lakukan transaksi sesuai dengan arahan yang ada.

Bursa saham memiliki jam kerja sendiri yaitu pukul 09.00 – 12.00 untuk sesi I dan pukul 14.00 – 16.00 untuk sesi II. Dengan libur di tanggal merah dan akhir pekan. Setelah itu hanya tinggal menyesuaikan pembelian dari nasabah saja.

Investasi Saham Online menjadi pilihan bagi investor yang menginginkan kemudahan dan juga kepraktisan. Namun, pastikan untuk mempelajari dan memperbanyak ilmu tentang investasi saham berbasis online ini. Jangan tergiur dengan embel-embel yang kurang meyakinkan, karena sekarang banyak sekali investasi bodong yang merugikan. Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*