Aneka Jenis Investasi yang Cocok untuk Anak Muda Tahun 2020

investasi yang cocok untuk anak muda

Memulai investasi sejak masih muda memang sangat disarankan. Dengan cara berinvestasi, maka keuangan di masa depan sudah bisa terencana dengan baik. Tentu saja, ada banyak jenis investasi yang cocok untuk anak muda di tahun 2020 ini. Lantas, apa saja jenis investasi yang paling cocok dan menguntungkan bagi anak muda?

Ini Dia, 5 Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Anak Muda

1. Deposito

investasi yang cocok untuk anak muda
Berinvestasi di instrumen deposito

Deposito menjadi salah satu jenis investasi yang cocok dikerjakan oleh anak muda. Nah, beberapa jenis investasi deposito yang bisa dilakukan oleh kalangan muda diantaranya adalah deposito berjangka, sertifikat deposito, atau deposito on call. Tingkat suku bunga yang didapatkan dari jenis investasi deposito itu pun sangat bervariasi.

Suku bunga investasi deposito biasanya didasarkan pada jangka waktu serta jumlah uang yang diinvestasikan. Program ini umumnya ditawarkan oleh perbankan dengan nominal yang cukup terjangkau oleh generasi muda, yaitu mulai dari Rp1.000.000,- saja. Sementara untuk jangka waktunya bisa memilih waktu 1,3, atau 6 bulan. Bisa juga berjangka 1 – 2 tahun.

2. Emas

Emas menjadi jenis investasi yang paling mudah dilakukan oleh anak muda. Pasalnya, emas bisa diinvestasikan dalam bentuk batangan maupun perhiasan. Anak muda bisa mulai berinvestasi emas sesuai dengan pendapatan yang dimiliki. Selain itu, emas juga bisa dijual kembali dengan mudah jika suatu saat membutuhkan uang dalam waktu yang mendesak.

Emas menjadi investasi yang cocok untuk anak muda. Hal ini dikarenakan harga emas yang tidak fluktuatif dan cenderung stabil. Harga beli emas yang cukup terjangkau dan minim resiko, menjadikan investasi emas dipilih oleh banyak orang untuk mengamankan kekayaan. Apalagi sekarang ada layanan safe deposit box agar bisa menyimpan emas lebih aman.

3. Reksadana

investasi yang cocok untuk anak muda
Menggunakan reksadana untuk investasi

Anak muda yang tertarik dengan dunia investasi tentu tidak asing lagi dengan yang namanya reksadana. Ya, reksadana memang bisa dibilang menjadi investasi yang paling popular di kalangan anak muda. Hal ini karena reksadana adalah investasi yang minim risiko. Selain itu, banyak pula platform yang menyediakan produk reksadana dengan nominal murah.

4. Asuransi

Beberapa orang tentu pernah ditawari asuransi oleh saudara atau kerabatnya. Sayangnya, masih banyak orang yang memandang bahwa asuransi adalah hal yang negatif. Padahal, asuransi bisa memberikan banyak keuntungan. Bukan hanya keuntungan dalam hal investasi saja, namun juga memberikan keuntungan dalam hal proteksi kesehatan.

Seperti yang kita tahu, bahwa tidak ada yang pernah tahu apa yang mungkin terjadi satu atau dua tahun ke depan. Kesehatan juga tidak bisa diprediksi beberapa tahun mendatang. Pasalnya, akhir-akhir ini semakin banyak penyakit yang bisa muncul secara tiba-tiba tanpa diketahui. Maka dari itu, membuat program asuransi kesehatan sangatlah penting.

5. Cryptocurrency

Gambar 3

Bagi anak muda, Cryptocurrency tentu menjadi jenis investasi yang sudah tidak asing lagi. Banyak anak muda yang memilihnya dengan tujuan untuk memperoleh kenaikan nilai mata uang kripto dengan jangka waktu tertentu. Namun, pastikan untuk memilih uang kripto dengan kredibilitas yang baik agar hasilnya tidak mengecewakan.

Itu dia 5 jenis investasi yang cocok untuk anak muda. Berbagai jenis investasi tersebut tentunya menawarkan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya pelajari terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan untuk terjun dalam dunia investasi. Dengan begitu, maka hasil yang didapatkan bisa lebih memuaskan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*