Mengenal Berbagai Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Paling Populer

jenis investasi yang menguntungkan

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya untuk berhati-hati dan memahami apa saja jenis investasi yang menguntungkan untuk dikerjakan. Pasalnya, belakangan ini semakin banyak jenis investasi bodong yang tentunya sangat merugikan banyak pihak. Di Indonesia, setidaknya ada 5 jenis investasi paling populer. Apa saja jenis investasi tersebut?

Inilah 5 Jenis Investasi yang  Menguntungkan

1. Properti

jenis investasi yang menguntungkan
Berinvestasi dengan properti yang cenderung aman dan rendah resiko

Akhir-akhir ini, banyak orang yang mulai menggeluti investasi properti karena dipercaya bisa membawa banyak keuntungan. Pasalnya, nilai properti selalu naik atau meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, tidak heran jika kini properti menjadi jenis investasi yang paling banyak dipilih jika dibandingkan dengan investasi jangka panjang lainnya.

Perlu diketahui bahwa investasi properti artinya harus siap untuk menghadapi kemungkinan kerugian. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan investasi ini juga tidak sedikit. Properti yang telah dibeli juga pastinya membutuhkan yang namanya perawatan. Jadi, pastikan untuk mempersiapkan segalanya sebelum memulai investasi properti.

2. Deposito Berjangka

Apa itu deposito berjangka? Deposito berjangka bisa didefinisikan sebagai deposito bank dengan nilai bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga pada tabungan biasa. Ciri khas dari investasi populer ini adalah mempunyai tanggal jatuh tempo yang sangat jelas. 

Semakin besar atau semakin lama investor mendepositokan dananya, maka semakin banyak juga bunga yang nantinya akan didapatkan sebagai hasil dari deposito tersebut. Keunggulan investasi jenis ini adalah terbilang cukup mudah dan jauh dari kata rumit untuk dilakukan. Tidak heran jika deposito berjangka sering dipilih oleh para investor pemula.

3. Emas atau Logam Mulia

jenis investasi yang menguntungkan
Memilih emas sebagai instrumen investasi yang menjanjikan

Investasi logam mulia atau dalam hal ini emas, menjadi jenis investasi yang sangat klasik namun masih populer hingga saat ini. Biasanya, emas akan mengalami kenaikan harga hingga beberapa persen. Kenaikan harga tersebut merupakan respons dari berbagai kejadian yang menyebabkan nilai paper investment menurun, seperti saham dan obligasi.

Banyak orang yang memilih investasi emas karena harganya bisa bergejolak dalam jangka waktu singkat. Namun, harganya juga tetap terjaga atau stabil nilainya dalam jangka waktu yang panjang. Dengan begitu, maka tidak heran jika emas selalu dipilih sebagai jenis investasi yang sangat layak untuk dipertimbangkan.

4. Reksadana

Investasi ini juga kian populer di tengah banyaknya investasi baru yang mulai bermunculan. Secara sederhana, investasi Reksadana artinya investor sudah berinvestasi pada deposito, saham, serta obligasi namun melalui perantara seorang manajer investasi yang telah profesional. Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang menguntungkan.

Manajer investasi berperan dalam mengumpulkan dana, kemudian mengelola dana investasi tersebut dengan berbagai strategi investasi yang mereka miliki. Investasi Reksadana sangat cocok bagi para pemula. Pasalnya, disini ada seorang manajer investasi yang akan membantu mengelola dana investasi tersebut agar menjadi keuntungan.

5. Saham

jenis investasi yang menguntungkan
Berinvestasi dengan saham dengan keuntungan cukup besar

Saham juga menjadi jenis investasi yang sangat populer. Investasi saham umumnya dilakukan dalam bentuk kepemilikan suatu perusahaan. Jika seorang investor memiliki saham di perusahaan tersebut, maka investor tersebut memiliki hak untuk mendapatkan sejumlah bagian dari keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Investasi saham sangat menarik karena menawarkan hasil atau keuntungan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan beberapa jenis investasi lainnya. Tapi, perlu diketahui bahwa investasi saham cukup bersifat high risk dan high return. Saham juga menjadi investasi yang berisiko tinggi. Pasalnya, harga saham bisa naik turun secara drastis.

Nah, itu dia 5 jenis investasi yang menguntungkan. Selain kelima jenis investasi tersebut, tentunya masih ada banyak jenis investasi lainnya yang tidak kalah menguntungkan. Namun, yang paling penting adalah mempelajari seluk-beluk dari investasi tersebut sebelum memutuskan untuk menggulirkan sejumlah dana.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*