Ketahui lebih Banyak Tentang Poin of Sales Untuk Membantu Bisnis Anda

ini dia manfaat poin of sales

Penting bagi seorang pembisnis untuk memiliki data yang lengkap terkait jumlah penjualan suatu produk. Data produk yang terjual akan membuat anda bisa mengira ngira produk yang diminati oleh pembeli. Hal ini bisa dilakukan apabila anda menggunakan sistem POS yang merupakan gabungan dari perangkat hardware dan software. Mari simak ulasan selengkapnya.

Mengenal POS Sebagai Alat Untuk Membantu Transaksi dalam Perusahaan

Poin of sales atau POS adalah sebuah sistem dalam dunia bisnis yang menggunakan perangkat hardware dan software untuk membantu proses transaksi dalam perusahaan. Hal ini karena POS sendiri merupakan terminal uang atau pusat penerimaan pembayaran dari pembeli ke penjual. Dalam dunia bisnis, POS diartikan sebagai tempat kasir.

ingin mengenal poin of sales

Transaksi akan dianggap selesai, apabila sudah sampai pada titik penjualan yang dilakukan di bagian kasir. POS akan menghitung total pembelian dan memberikan pilihan pembelian dalam pembayaran. Setelah jumlah harga sudah ditotal, dan pembayaran sudah dilakukan maka mesin ini akan mengeluarkan struk atau alat bukti pembelian.

Fungsi utama dari POS ini adalah untuk mendapatkan laporan penjualan secara online dan real time. Selain laporan yang lengkap dan detail, POS akan menjumlahkan keseluruhan hasil penukaran saat itu atau di periode tertentu. Hal ini dapat dilakukan sesuai dengan program yang anda berikan pada sistem software tersebut.

Tujuan dan Manfaat Menggunakan POS

Tujuan utama menggunakan POS adalah untuk mempersingkat proses transaksi sehingga pelanggan tak perlu menunggu terlalu lama. Dengan adanya bantuan POS ini akan menciptakan pengalaman belanja yang memuaskan secara keseluruhan. Selain bagi pembeli, POS juga akan bermanafaat untuk perusahaan karena bisa melakukan pendataan secara lengkap.

Software POS akan menjelaskan secara rinci mulai dari jumlah barang yang telah dijual hingga pemasukan berdasarkan periode tertentu. POS juga akan mencatat persediaan atau stok barang secara real time sehingga mengurangi resiko terjadinya kebiasaan atau kelebihan stok. Anda dapat mengeceknya dari manapun dan kapanpun karena sistem aplikasi berbasis cloud.

Bagi anda yang memiliki cabang toko lebih dari satu, semua daftar nama toko akan saling berkaitan sehingga akan memudahkan anda untuk mengambil keputusan. Idealnya sistem POS dilengkapi dengan fitur pengaturan akses, sehingga akan lebih mudah mengontrol siapa saja yang berhak untuk mengakses data.

Komponen yang Ada Pada Sistem POS

Ada beberapa komponen yang dimiliki oleh POS untuk mendukung penggunaannya. Selain software yang berperan sebagai otak, komponen hardware juga ada dalam satu aplikasi POS. Diantaranya adalah hardware komputer atau PC yang berfungsi untuk memantau berbagai data yang penting seperti transasksi penjualan dan inventori produk.

mau tau poin of sales anda

Selain PC, POs juga dlengkapi dengan Cash Drawer yang berfungsi untuk melakukan printer secara otomatis. Printer nota juga menjadi hardware pelengkap dalam POS yang berguna untuk memberikan struk atau nota sebagai tanda terima. Komponen lainnya adalah barcode scanner yang peling sering ditemukan di butik atau toko pakaian.

Barcode ini berfungsi untuk memindai label produk sehingga transaksi akan lebih cepat berlangsung. Saat anda melihat alat poin of sales anda bisa membayar menggunakan kartu kredit atau debit daripada uang tunai. Alat pembayaran ini akan membaca dan memproses kartu kartu pembayaran tersebut.

Itulah penjelasan mengenai POS yang jauh lebih memudahkan daripada mesin kasir biasa. Perbedaan mesin kasir dengan POS terletak pada software yang digunakan. Mesin kasir tidak akan menggunakan software POS dan hanya bisa mencetak struk. Namun POS akan memberikan layanan untuk membayar dengan kartu kredit atau kartu debit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*