Mengenal Pentingnya Konsep Bisnis Bagi Perusahaan

konsep bisnis
Business team meeting present, investor colleagues consultation and conference new strategy plan business and market growth on financial document graph report, Meeting and Talking.

Konsep bisnis merupakan ide-ide yang bersifat konkret. Dengan komponen utama antara lain strategi inti, sumber daya strategi, perantara pelanggan, dan jaringan nilai. Ini dilakukan untuk mewujudkan suatu usaha dan merujuk pada nilai-nilai, tujuan, serta pencapaian target pasar. Sementara fungsinya sendiri sebagai pedoman dalam menyusun perencanaan kerja.

Berdasarkan jenisnya, konsep usaha dibagi dalam beberapa kategori. Diantaranya online to offline (O2O), business to business (B2B), business to customer, dan customer to customer (C2C). Konsep dasar bisnis ini perlu dipahami oleh pelaku usaha terutama para pemula. Tujuannya tidak lain untuk mampu memprediksi peluang dan mengembangkan bisnis. 

Pentingnya Konsep Bisnis dalam Perusahaan

Setiap pelaku usaha pasti menghadapi berbagai masalah dan kemungkinan di luar rencana. Hal ini sangat wajar bagi para pebisnis. Akan tetapi, masih banyak pemula yang khawatir ketika menghadapi situasi tersebut. Oleh sebab itu, mempersiapkan konsep bisnis sangat penting bagi suatu perusahaan. Lalu, apa saja keuntungan konsep usaha itu sendiri?

1. Merancang Strategi Bisnis dengan Matang

konsep bisnis
Adanya konsep bisa merancang strategi dengan matang

Strategi bisnis merupakan tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan dan mengamankan posisi kompetitif di pasar. Suatu usaha yang dijalankan tidak akan bertahan lama tanpa adanya perencanaan strategi bisnis yang matang. Jadi sebaiknya, jangan menjalankan bisnis hanya dengan modal nekat.

Seiring berjalannya waktu, persaingan dalam dunia bisnis pasti semakin ketat. Strategi bisnis dapat digunakan sebagai pedoman untuk merencanakan dan mengembangkan usaha agar terus berlanjut. Dengan demikian, pelaku usaha dapat fokus pada keunggulan kompetitif dalam memposisikan produk atau jasa dengan cara yang tepat.

2. Estimasi Perkiraan Modal

Modal merupakan salah satu aspek paling penting dalam berbisnis. Tanpa adanya modal, usaha mustahil dapat berdiri dan berjalan. Modal sendiri dapat berbentuk uang maupun tenaga. 

Uang digunakan untuk membiayai keperluan usaha, membeli barang mentah, membeli aset dan lainnya. Sedangkan tenaga dapat berupa keterampilan seseorang dalam menjalankan usaha. Dengan berpedoman pada konsep bisnis, seseorang dapat mengestimasi modal. 

Misalnya, memperkirakan biaya mendirikan perizinan usaha, harga aset yang akan ditempati, belanja stok bahan mentah per bulan, gaji karyawan, dan lainnya. Untuk usaha yang baru berdiri perlu menyediakan anggaran cadangan. Biasanya bisnis baru belum mencapai profit yang ditargetkan, untuk itu sangat dibutuhkan konsep yang jelas.

3. Membuat Bisnis Lebih Terarah

konsep bisnis
Bermanfaat agar tujuan bisnis bisa lebih terarah

Konsep usaha yang disusun dengan tepat dapat memudahkan pelaku usaha dalam mengambil keputusan. Terutama ketika berada di tengah persaingan pasar yang ketat. Perusahaan yang tidak menggunakan konsep usaha dengan matang dapat berjalan dengan tidak menentu. Hal inilah yang menyebabkan banyak pengusaha yang berhenti di tengah jalan.

Tujuan konsep usaha tidak lain untuk mengetahui arah dan tujuan perusahaan. Sebagian besar pengusaha menggunakan konsep usaha sebagai pedoman untuk mencapai target yang direncanakan. Konsep usaha juga dapat digunakan sebagai alat untuk menarik investor atau pihak peminjam seperti bank dan lainnya.

4. Memprediksi Peluang di Masa Depan

Setiap pelaku usaha menginginkan usahanya terus berkembang dari tahun ke tahun. Tentu bukan hal mustahil jika dari awal bisnis dijalankan dengan berdasar pada konsep yang matang. Inilah salah satu alasan beberapa usaha masih tetap berjalan meskipun inovasi dan trend bisnis selalu mengalami perubahan setiap tahun.

Persaingan dalam dunia bisnis menjadi tantangan paling nyata bagi pelaku usaha. Hanya yang memiliki ide kreatif yang dapat mempertahankan usahanya. Selain itu, pengusaha harus dapat memprediksi peluang di masa depan baik target jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Dimana prediksi ini didukung oleh survey yang akurat. 

5. Meningkatkan Kredibilitas Usaha

konsep bisnis
Adanya konsep pada sebuah bisnis, kredibilitas usaha bisa meningkat

Kredibilitas merupakan tingkat kepercayaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Sedangkan untuk perusahaan kredibilitas merupakan tingkat kepercayaan klien, mitra bisnis, sumber daya keuangan, dan lainnya. Kredibilitas perusahaan dapat dilihat dari reputasi maupun profil kredit.

Salah satu cara meningkatkan kredibilitas bisnis Anda adalah dengan cara mendaftarkan merek dagang Anda. Merek yang terdaftar tentu saja telah memiliki perizinan yang jelas. Untuk melihat langkah-langkah mendaftarkan merek, Anda bisa membaca artikel Cara Pendaftaran Merek Dagang.

Kredibilitas usaha dapat ditingkatkan dengan menggunakan konsep usaha yang dirancang dari awal. Di dalam konsep usaha yang dibuat pastinya ada beberapa langkah untuk meningkatkan kredibilitas seperti memberikan petunjuk mengenai produk dan jasa yang ditawarkan, informasi layanan purna jual, consumer rating, dan masih banyak lagi.

Itulah pengertian dan pentingnya konsep bisnis yang perlu diketahui sebelum serius terjun ke dunia bisnis. Konsep sendiri tidak dapat diremehkan karena memiliki kekuatan yang cukup kuat. Dengan memegang konsep yang dirancang dengan baik dan tepat perusahaan akan lebih siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.  

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*