Inilah 8 Manfaat Pasar Modal bagi Emiten yang Perlu Kamu Ketahui

manfaat pasar modal bagi emiten

Emiten adalah perusahaan yang membutuhkan dana untuk membiayai kelangsungan kerja perusahaannya, atau untuk memperluas bisnisnya. Adanya pasar modal sangat penting bagi emiten karena mereka akan lebih mudah menawarkan dan menjual investasi dengan bagai macam instrumen. Mari simak beberapa manfaat pasar modal bagi emiten berikut ini.

Berikut Manfaat Pasar Modal bagi Emiten bagi Kelangsungan Usahanya

Pasar modal memberikan keuntungan bagi perusahaan yaitu untuk mengembangkan usahanya. Dana yang digunakan adalah hasil penjualan saham di pasar modal. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat pasar modal bagi emiten: 

1. Emiten Dapat Memperluas Usahanya

Pasar modal digunakan oleh emiten sebagai tempat atau sarana untuk mendapatkan aliran dana bagi pengembangan dan perluasan usahanya. Melakukan aktivitas di pasar modal sangat memudahkan emiten menemukan investor tanpa harus menghabiskan waktu untuk mencari sendiri. hal ini tentu akan lebih produktif dan efisien.

2. Emiten Dapat Mengurangi Ketergantungan terhadap Bank

manfaat pasar modal bagi emiten
Ketergantungan bank bisa dihilangkan dari emiten

Banyaknya investor yang tertarik untuk membeli saham atau surat berharga yang ditawarkan emiten, artinya emiten mendapatkan dana untuk perkembangan usahanya. Hal ini akan mengurangi ketergantungan terhadap bank, dalam hal ini berhutang dengan bunga yang tinggi dan proses yang rumit.

Hal ini berarti manfaat pasar modal bagi emiten adalah perusahaan mempunyai sumber pembiayaan alternatif selain bank. Mengurangi ketergantungan pada bank memberi keuntungan bagi perusahaan yaitu dapat memperbaiki cash flow dan neraca keuangannya dalam waktu yang singkat.

3. Emiten Memperoleh Jalan untuk Melakukan Ekspansi

Jumlah dana yang terkumpul dari investor melalui pasar modal akan memberi kesempatan bagi emiten untuk melakukan ekspansi membangun bisnis yang baru. Peluang ini tidak boleh disia-siakan karena bisa meningkatkan bonafiditas emiten dan memanggil semakin banyak investor untuk mempercayakan dananya kepada perusahaan.

4. Emiten dapat Memperbaiki Struktur Modal

manfaat pasar modal bagi emiten
Struktur modal bisa diperbaiki

Manfaat pasar modal bagi emiten adalah dapat menyeimbangkan modal milik perusahaan dengan modal dari investor. Hal ini dapat menjaga kelangsungan kerja emiten secara lebih sistematis. Pengelolaan dana juga lebih aman dan lebih mudah. Apa pasal? Karena di dalam pasar modal tidak ada campur tangan pihak ketiga yang dapat merugikan emiten.

5. Emiten dapat Meningkatkan Produktivitasnya

Pasar modal memungkinkan emiten memiliki dana yang memadai yang berasal dari investor. Memiliki dana yang cukup memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitasnya. Jika kinerja perusahaan meningkat dan menjadi bonafit, maka akan lebih mudah untuk menarik investor yang mempercayakan dananya kepada perusahaan.

6. Emiten Memperoleh Dana yang Lebih Besar

manfaat pasar modal bagi emiten
Dapat memperoleh dana yang lebih besar

Kegiatan yang dilakukan emiten di pasar modal adalah transaksi penjualan saham. Biasanya investor tidak hanya membeli satu lembar saham, tapi lebih. Jumlahnya bisa mencapai ribuan lembar. Bayangkan berapa nilai uang diperoleh jika semakin banyak investor yang membeli saham emiten? Tentu jumlahnya akan lebih besar dibandingkan meminjam uang di bank.

7. Emiten Lebih Mudah Melakukan Tawaran

Pasar modal memfasilitasi emiten untuk mencari dana dengan menjual sahamnya pada investor. Pasar modal memudahkan emiten melakukan penawaran penjualan dengan sistem yang gampang dan tanpa aturan yang rumit sehingga proses kerjasama dapat berlangsung dengan cepat. 

8. Emiten Langsung Menerima Dana Transaksi

Penjualan instrumen yang terjadi di pasar modal menyebabkan emiten menerima keuntungan dan hak secara penuh tanpa penyusutan dana. Setelah bertransaksi dengan investor, emiten bisa menerima dana langsung setelah dipotong pajak tanpa harus membayar cicilan dan melalui proses yang rumit. 

Melakukan transaksi di pasar modal akan memberikan manfaat baik bagi emiten maupun investor. Sesungguhnya manfaat pasar modal bagi emiten yang utama adalah memberikan peluang bagi perusahaan untuk mencari dana yang memadai bagi perkembangan bisnisnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya! 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*