Mengenal Market Share dalam Dunia Bisnis dan Cara Meningkatkannya

market-share

Market share atau lebih dikenal dengan istilah pangsa pasar menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis. Pengertian market share yaitu suatu bagian dari permintaan akan barang atau jasa yang mencerminkan kelas atau golongan dari konsumen berdasar segmen pasarnya. 

Suatu perusahaan dapat dikatakan menguasai pangsa pasar ketika persentase dari total penjualan suatu produk, baik barang maupun jasa, memiliki nilai yang lebih tinggi dari target. Hal ini menjadi indikator yang menggambarkan keberhasilan perusahan dibandingkan dengan kompetitor atau persaingan. Lantas, bagaimana cara untuk meningkatkan market share?

Ukuran Market Share dan Cara Meningkatkannya

Untuk mengetahui ukuran market share, diperlukan riset dan analisa yang mendalam. Pendefinisian pasar yang dituju dilakukan agar potensi pasar dapat dimanfaatkan oleh perusahaan. Setelah mengetahui potensi pasar yang dituju, langkah selanjutnya adalah mempelajari kompetitor dan seberapa besar pesaing yang telah berhasil menguasai pasar. 

Agar promosi yang dilakukan oleh perusahaan tepat sasaran, maka diperlukan strategi pemasaran dan segmentasi terhadap produk. Oleh karena itu, dalam perancangan strategi tersebut harus dipikiran dengan matang. Beberapa cara meningkatkan market share adalah sebagai berikut: 

1. Menciptakan Produk Terbaru

Selalu Berinovasi Menciptakan Produk Baru

Pemilihan produk yang baru dan belum banyak industri lain yang menekuninya memang terlihat lebih mudah. Akan tetapi, dalam proses menjalankan strategi pemasaran produk baru, pastinya diperlukan keseriusan dan kerja keras. Diperlukan riset pasar yang tepat untuk mengetahui apakah produk baru ini dapat diterima konsumen atau tidak. 

2. Membuat Target Pasar dan Pelanggan Baru

Biasanya, target pasar ditentukan berdasarkan usia, lokasi, dan minat tertentu. Perusahaan harus membuat target dan memperkirakan jumlah pelanggan baru yang harus diraih. Untuk meningkatkan pangsa pasar, maka diperlukan perluasan target pasar berdasarkan segmen pasar yang lain dan mulai untuk mempromosikan produk ke pelanggan baru.

3. Mengukur Kekuatan Kompetitor

market share
Melihat Kekuatan dari Pesaing Bisnis

Jika ternyata produk yang dipilih sudah memiliki pesaing atau kompetitor, maka perlu mempertimbangkan kekuatan yang dimiliki pesaing dalam menguasai pangsa pasar. Jika kompetitor belum begitu menguasai pasar dan masih cukup lemah dalam mempromosikan produk, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melawan kompetitor tersebut.

Namun, pastikan untuk membuat hal-hal baru yang tidak dimiliki dan tidak mampu dibuat oleh kompetitor. Meskipun jenis produk yang dibuat sama dengan milik kompetitor, namun produk yang dihasilkan harus lebih unggul dan memiliki keunikan tersendiri. Dengan begitu, maka produk akan lebih mudah dikenal oleh konsumen dan lebih mudah mendapat pelanggan baru.

4. Menentukan Harga Produk

Ketika akan meningkatkan pangsa pasar, diperlukan riset mengenai pergerakan harga produk di industri. Hal ini bertujuan agar harga yang ditetapkan bisa sesuai dengan harga yang sedang berkembang di pasar. Jangan sampai harga yang ditetapkan jauh lebih rendah atau lebih tinggi dari pasaran. Hal ini justru akan sulit untuk menarik konsumen.

Penetapan harga yang lebih rendah sebenarnya sah-sah saja. Namun, ini hanya boleh dilakukan pada masa-masa promosi produk baru. Selanjutnya, harga produk harus normal kembali sesuai dengan perkembangan harga pasar yang sedang berlangsung.

5. Optimis dengan Usaha yang Dilakukan

market share
Bersikap Selalu Optimis Terhadap Bisnis yang Dijalankan

Dalam menjalankan setiap usaha atau bisnis, tentu diperlukan keyakinan bahwa bisnis yang dilakukan perusahaan akan berhasil. Tanpa rasa semangat dan optimisme, tentu akan sulit bagi perusahaan untuk mencapai target dan kesuksesan. Oleh karena itu, rasa optimis ini harus dimiliki oleh semua orang di perusahaan agar tujuan bersama bisa tercapai.

Nah, itulah beberapa cara untuk meningkatkan market share. Dalam pembuatan dan penjualan produk baru maupun produk lama, memang harus terus mengembangkan strategi pemasaran secara berkala. Ide dan inovasi di bidang marketing harus selalu fresh dan jangan sampai kalah dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh kompetitor.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*