Kenali Konsep Marketing Mix Paling Penting untuk Bisnis 

marketing mix

Bagi kalangan pebisnis, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya marketing mix. Bisa diartikan sebagai kumpulan berbagai macam strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu guna mencapai target penjualan produk yang diharapkan. Saat strategi yang telah dibuat bisa dilaksanakan secara maksimal, maka perusahaan pun bisa lebih mudah maju dan berkembang.

Setiap bisnis atau perusahaan, pasti membutuhkan yang namanya marketing. Oleh karena itu, marketing bisa dianggap sebagai ujung tombak dari perusahaan yang menentukan keberlangsungan perusahaan ke depan. Lalu, apa saja konsep dan strategi marketing agar perusahaan sukses memasarkan jasa maupun produknya?

Ini Dia 5 Konsep Marketing Mix Paling Penting untuk Bisnis

1. Product (Produk)

marketing mix
Memenuhi produk yang inginkan oleh pelanggan

Strategi pertama dalam marketing bisnis adalah membuat produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh klien atau pelanggan. Produk dapat berupa ide, fisik, maupun jasa. Agar perusahaan bisa berhasil, maka produk yang dijual atau ditawarkan harus memiliki kualitas dan keunikan tersendiri. Produk yang unik tentunya juga akan menarik banyak pelanggan.

2. Price (Harga)

Untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa tertentu, maka customer harus membayar sejumlah biaya yang ditawarkan oleh perusahaan sebagai penyedia produk atau jasa. Dalam hal ini, sangat penting bagi perusahaan untuk menawarkan harga yang sesuai dengan kualitas dan layanan yang diberikan kepada para pelanggan.

Jangan sampai menawarkan harga terlalu murah dan minim keuntungan hanya untuk menarik banyak pelanggan. Sebaliknya, jangan pula menawarkan harga produk terlalu mahal. Pastikan untuk memasang harga yang paling pas, sesuai dengan kualitas produk itu sendiri. Dengan begitu, maka calon pelanggan tidak akan ragu untuk membelinya.

3. Promotion (Promosi)

marketing mix
Melakukan promosi seefektif mungkin

Produk perusahaan tidak mungkin bisa laku banyak jika tanpa melakukan promosi. Sehingga, promosi juga menjadi strategi yang sangat penting yang menentukan banyak sedikitnya penjualan sebuah produk. Promosi sendiri dilakukan dengan memberikan dorongan atau bujukan kepada calon pembeli agar mau membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan.

4. Place (Tempat Distribusi)

Strategi marketing juga tidak lepas dari pendistribusian produk. Agar penjualan produk bisa meningkat, produk harus lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Pastikan produk selalu tersedia di waktu dan tempat yang tepat saat calon pembeli membutuhkannya. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan produk di outlet-outlet yang mudah dijangkau oleh pembeli.

5. Packaging (Kemasan)

marketing mix
Memberikan kemasan yang menarik pelanggan

Tidak dipungkiri bahwa banyak orang yang membeli produk karena tertarik dengan packaging atau kemasannya. Hal ini membuktikan bahwa kemasan produk juga memiliki peran untuk mempengaruhi pembeli. Saat produk dikemas dengan apik dan menarik, maka keberhasilan penjualan sudah bisa dipastikan menarik.

Sementara itu, kemasan produk yang biasa-biasa saja, tidak modern, atau tidak mengikuti perkembangan zaman, tentu akan semakin ketinggalan dengan produk-produk baru yang bermunculan di pasaran. Maka dari itu, perusahaan harus berupaya mendesain kemasan produk sedemikian rupa agar mampu menyihir calon pembeli untuk tidak ragu membelinya.

Itulah 5 konsep marketing mix yang paling penting dalam dunia bisnis. Selain itu, People (Sumber Daya Manusia) dan Process (Proses) juga berperan dalam strategi marketing sebuah produk. Perusahaan harus bisa mendapatkan SDM yang kompeten dan profesional. Selain itu, seluruh proses produksi di perusahaan juga harus dilaksanakan sesuai dengan SOP.

Dengan menerapkan semua marketing mix dengan baik, maka perjalanan perusahaan dalam mencapai kesuksesan bisa lebih mudah. Perlu diketahui bahwa antara satu konsep dengan konsep marketing lainnya saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama oleh semua pihak yang terlibat di perusahaan untuk mencapai tujuan. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*