Mengenal Istilah Content Marketing Untuk Pemasaran Konten Anda

Hampir semua pengusaha selalu ingin mendapatkan banyak pengunjung dan penjualan. Seorang pengusaha juga pasti tidak ingin memiliki anggaran besar untuk pemasaran. Biasanya dalam sebuah bisnis pasti akan banyak mengeluarkan uang untuk promosi dan iklan yang memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis. Tujuannya tidak lain agar bisnis berkembang lebih pesat. Dengan anggaran yang minim rasanya sangat tidak mungkin untuk melakukan promosi lewat iklan yang bisa menjangkau banyak orang.

Saat ini kita memasuki era kemajuan teknologi, dimana semuanya akan menjadi berbeda dan lebih mudah. Melalui kemajuan teknologi, para calon customer yang akan mencari Anda. Jika Anda memiliki konten yang bermanfaat bagi mereka, pastinya mereka akan mencari Anda dengan tujuan mendapatkan solusi dari permasalahannya. Nantinya beberapa dari mereka akan menjadi customer Anda.Hal tersebut menjadi dasar dari munculnya strategi marketing untuk konten Anda, yaitu content marketing.

Secara bahasa istilah ini berarti pemasaran konten. Istilah ini terbilang efektif walaupun pada prakteknya banyak orang yang melakukan kesalahan dalam melakukan pemasaran konten. Banyak diantaranya yang telah melakukan upayanya namun tidak mendapatkan hasil. Hal tersebut bisa terjadi karena konten dibuat secara asal-asalan. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai strategi pemasaran konten yang satu ini.

Apa itu Content marketing ?

Strategi pemasaran konten ini ialah strategi pemasaran dimana Anda merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran hingga kemudian mendorong mereka menjadi customer. Istilah ini bukan hanya tentang mempromosikan konten. Hal ini juga mencakup proses perencanaan, pembuatan, dan analisanya.

Didalam marketing terdapat istilah funnel atau purchasing funnel, yaitu sebuah tahapan yang dilalui oleh seorang calon customer mulai dari pengenalan hingga pembelian. Saat calon customer akan melakukan pembelian, tentunya dia tidak langsung tiba-tiba membeli. Awalnya dia memiliki suatu permasalahan. Ia membutuhkan informasi lebih dalam mengenai permasalahan yang dia alami, serta apa solusi yang tepat.

Apa Kegunaan dari Content Marketing?

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda perlu membuat konten. Sebagian besar didalamnya harus berisi informasi dan panduan yang memberikan solusi atas permasalahan.

Melalui proses menggali informasi tersebut, calon customer ternyata menemukan Anda sebagai solusi terbaik untuk permasalahannya. Barulah ia yakin untuk melakukan pembelian. Didalamnya Anda juga akan menyediakan konten untuk masing-masing tahap dalam marketing funnel.

Berikut Ini Contoh Content Marketing :

1. Awareness

Anda perlu menyediakan konten yang menyelesaikan permasalahan besar dari orang-orang yang menjadi target pasar Anda tanpa unsur penjualan sama sekali. Hal tersebut bertujuan untuk menarik perhatian mereka dan meningkatkan reputasi anda di mata mereka.

2. Evaluation

Anda harus memberikan konten mengenai permasalahan yang lebih mendalam. Anda perlu menjelaskan bahwa produk/layanan Anda adalah solusi utamanya. Jelaskan dengan rinci dan jelas agar bisa menarik calon customer. Karena terkadang jika informasinya kurang jelas, calon customer otomatis tidak akan meneruskan proses penggalian informasi.

3. Purchase

Disini barulah Anda membuat konten yang bisa memancing penjualan. Isi konten didalamnya hanya sebagian kecil yang berisi penjualan. Didalamnya perlu memuat informasi yang membantu masalah customer.

4. Bandingkan

Saat ini terdapat sebuah bisnis yang tidak memiliki strategi pemasaran konten. Didalamnya hanya membuat konten yang isinya tentang produk/layanan mereka sendiri.

Itulah sekilas penjelasan mengenai content marketing. Istilah ini ternyata memiliki kegunaan yang sangat menbantu penggunanya. Pemasaran konten bisa membantu Anda memasarkan konten untuk memenuhi kebutuhan calon customer. Informasi didalamnya tidak hanya berisikan penjualan, namun juga informasi yang detail bagi customer.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*