Mengenal Strategi 4P Marketing Untuk Bisnis

4P Marketing

Pertumbuhan UKM di indonesia semakin melonjak sejak beberapa tahun terakhir. Persaingan para pelaku UKM pun menjadi semakin ketat. Pelaku bisnis UKM harus kreatif dan inovatif agar mampu bersaing satu sama lain. Pemilik UKM juga harus merencanakan strategi yang tepat di tengah persaingan yang ketat. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah strategi 4P marketing.

Sebagai salah satu pelaku UKM, Anda dituntut harus  memiliki strategi yang tepat agar mampu menguasai pasar. Untuk meningkatkan penjualan produk UKM, Anda bisa menerapkan strategi marketing yang mumpuni salah satunya 4P.

4P Marketing adalah perpaduan dari product (produk), place (tempat), price (harga), dan promotion (promosi) yang mampu menghasilkan respon positif terhadap penjualan. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan strategi pemasaran 4P dalam suatu usaha?

Bagaimana Implementasi Strategi 4P Marketing dalam Suatu Bisnis atau Usaha?

Petama, perlu dipahami bahwa tujuan marketing adalah memaksimalkan penjualan produk atau jasa yang dibuat oleh sebuah perusahaan, sehingga perusahaan tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Untuk mencapai target penjualan, perusahaan harus membuat rencana dan strategi marketing yang tepat. Bila Anda ingin belajar bagaimana cara pemasaran produk yang baik, yuk simak ulasan strategi pemasaran 4P berikut:

Product (produk)

Produk

Selaku pemilik usaha, Anda dituntut untuk membuat produk yang dapat diterima oleh masyarakat. Anda harus melakukan riset mengenai produk dan jasa apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat. Anda bisa membuat produk baru atau mengembangkan produk lama yang sudah ada sebelumnya.

Jika Anda ingin mengembangkan produk yang sudah pernah dipasarkan sebelumnya, pastikan Anda memberikan sentuhan inovasi agar produk Anda memiliki ciri khas tersendiri.

Selain itu, jagalah kualitas produk yang Anda ciptakan. Dengan menciptakan produk berkualitas, para konsumen pasti akan merasa puas. Bukan tidak mungkin mereka akan membeli produk Anda untuk yang kedua kalinya, bahkan akan menjadi pelanggan setia.

Price (harga)

4P Marketing
Membandingkan harga

Sejak dulu, harga menjadi hal yang cukup sensitif dalam perjalanan sebuah bisnis. Biasanya, konsumen sering membandingkan harga suatu produk dengan harga produk lainnya. Harga memang menjadi bahan pertimbangan setiap kali hendak membeli produk.

Konsumen cenderung memilih produk yang ditawarkan dengan harga murah. Oleh karena itu, harga merupakan hal penting yang sangat mempengaruhi tingkat penjualan.

Jangan sampai harga yang Anda tentukan tidak realistis, sehingga membuat calon konsumen berpikir dua kali untuk membeli produk Anda. Jadi, pastikan Anda menentukan harga yang wajar dan masuk akal.

Place (tempat)

4P Marketing
Pemilihan tempat

Pemilihan tempat juga menjadi faktor yang sangat penting dalam keberhasilan bisnis Anda. Sebaiknya, pilihlah lokasi bisnis yang strategis dan mudah dijangkau banyak orang. Lokasi yang strategis akan membantu konsumen lebih mudah menemukan tempat Anda berjualan.

Memilih lokasi yang ramai juga sangat menguntungkan, karena akan semakin banyak calon konsumen yang melihat dan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Semakin strategis lokasi bisnis, semakin mudah bagi Anda untuk mengembangkan usaha.

Promotion (promosi)

Promosi

Dapat dikatakan bahwa promosi merupakan kunci kesuksesan sebuah bisnis. Tanpa menggunakan strategi promosi yang benar, bisnis akan sulit berkembang.

Ada banyak strategi promosi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan laba penjualan. Salah satunya adalah melakukan promosi melalui media sosial layaknya facebook dan instagram.

Selain itu, Anda juga bisa membuat website khusus bisnis, bekerja sama sebagai sponsorship, ikut seminar dan bazar, serta kegiatan promosi lainnya.

Demikian itulah strategi 4P marketing yang bisa diterapkan pada bisnis Anda. Sangat mudah bukan? Kini saatnya bagi Anda untuk segera menerapkan strategi pemasaran 4P tersebut.

Dengan menggunakan strategi marketing 4P, bisnis dan usaha Anda akan lebih terarah dan teratur. Selain itu, omset penjualan pun bisa semakin meningkat dan mendapatkan keuntungan yang banyak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*