Pentingnya Omni channel marketing dalam Pemasaran Digital

Omni channel marketing merupakan salah satu istilah yang mulai populer dalam dunia pemasaran digital saat ini. Calon pembeli memiliki kesempatan untuk mencari informasi barang yang akan dibeli secara lengkap. Ketersediaan data yang lengkap di berbagai kanal tentang produk yang dicari memberikan peluang besar terjadinya transaksi. 

Apa itu Omni Channel Marketing?

omni channel marketing
Strategi pemasaran dengan lebih dari 1 channel bisnis

Masih bingung apa yang dimaksud dengan Omni channel? Omni channel merupakan sebuah sistem pemasaran yang memungkinkan calon pembeli untuk menggunakan lebih dari satu chanel milik pelaku bisnis. Untuk mengakses channel tersebut juga bisa dilakukan dari beberapa device berbeda secara bersamaan.

Channel yang biasanya diakses oleh calon pembeli misalnya saja adalah media sosial, e-commerce, mobile commerce (m-commerce), marketplace dan juga toko fisik. Calon pembeli bisa mendapatkan informasi lengkap dari channelchannel tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. Pembeli akan memiliki pengalaman berbelanja secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan omni channel

Manfaat Omni Channel Marketing dalam Bisnis Retail

Para pelaku bisnis retail saat ini berlomba untuk memberikan pelayanan dan pengalaman berbelanja yang mengesankan bagi para konsumen. Strategi omnichannel sangat tepat untuk diterapkan pada bisnis retail. Sebab, pemilik bisnis dapat mengintegrasikan toko offline dengan channelchannel online yang dimiliki. 

Tidak hanya membantu pemilik bisnis untuk integrasi toko offline dan online. Strategi marketing ini juga memiliki manfaat bagi bisnis retail. Berikut ini adalah beberapa manfaat omni channel marketing dalam bisnis retail.

1. Integrasi Beragam Channel yang Dimiliki

Manfaat dari omni channel adalah integrasi dari berbagai channel penjualan yang dimiliki oleh pebisnis. Hal ini akan menjadikan sistem penjualan semakin efektif dan efisien karena dapat dipantau hanya dengan menggunakan satu saluran. Omni channel mempermudah ketika akan membuat analisa bisnis, mengetahui jumlah penjualan atau total pendapatan dan melakukan pengecekan stok barang.

2. Data Menjadi Komprehensif

omni channel marketing
Strategi ini akan menghasilkan data yang komprehensif

Strategi ini memungkinkan kamu untuk memiliki data secara komprehensif. Hal ini terjadi karena dari beberapa platform penjualan yang dimiliki akan dapat terkumpul banyak data. Demografi, kebiasaan, preferensi dan perilaku pembeli dapat diketahui dengan mengumpulkan data yang masuk melalui platform penjualan. Data-data tersebut sangat menunjang untuk pengembangan bisnis.

3. Memiliki Strategi Spesifik untuk Audience

Setelah mengetahui data secara komprehensif dan melakukan analisa, maka kamu dapat menentukan strategi yang lebih spesifik untuk masing-masing kategori audience. Strategi yang spesifik bagi setiap kelompok audience penting dilakukan agar lebih tepat sasaran. Sehingga semakin besar peluang terjadinya transaksi.

4. Meningkatnya Produktivitas

omni channel marketing
Produktivitas bisa lebih meningkat dengan strategi ini

Omni channel memberikan solusi untuk mengelola bisnis secara efektif dan efisien sehingga secara otomatis produktivitas akan meningkat. Beragam channel yang dimiliki bisa dengan mudah dikelola hanya dengan menggunakan satu layanan. Hal ini akan membuat waktu yang dibutuhkan lebih singkat dibandingkan dengan mengelola setiap platform secara terpisah. 

5. Mendorong Terjadinya Traffic dan Penjualan

Sistem omni channel juga memberikan kenyamanan bagi calon pembeli. Dengan mendapatkan informasi secara lengkap kapanpun dan dimanapun calon pembeli berada akan memberikan peluang terjadinya penjualan. Data yang update serta kenyamanan untuk berbelanja akan mendorong calon pembeli melakukan kunjungan ke channelchannel yang dimiliki pebisnis. 

Hal ini tentu saja akan meningkatkan trafik yang berimbas pada meningkatnya penjualan.  Memberikan pengalaman berkesan dari pembeli ketika melakukan transaksi melalui sistem omni channel bisa menjadi salah satu alat promosi. Konsumen biasanya akan dengan senang hati merekomendasikan channel tersebut kepada orang lain. 

Itulah informasi tentang omni channel marketing. Bisa kita ketahui bahwa pengalaman berkesan dari pembeli secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan. Siap untuk memenangkan persaingan dengan strategi ini?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*