Memahami Apa Itu Pekerjaan Marketing dalam Dunia Bisnis

pekerjaan marketing

Marketing adalah sebuah kegiatan yang memasarkan hasil yang diproduksi oleh perusahaan dengan berbagai cara, sehingga produk tersebut bisa dikenal serta diminati oleh masyarakat luas. Kegiatan marketing fokus memberikan layanan kepada konsumen. Agar semakin banyak konsumen dan pelanggan, kegiatan marketing tentu perlu ditingkatkan. Inilah yang menjadi dasar tugas utama dari pekerjaan marketing. 

Seseorang yang menempati posisi marketing pada sebuah perusahaan, maka ia merupakan bagian yang sangat penting dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, posisi ini harus ditempati oleh orang-orang dengan pengetahuan yang luas. Orang marketing juga harus mampu membuat analisa dan strategi pemasaran yang tepat. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan marketing yang baik. Namun, hal ini bisa dipelajari dengan terus mengembangkan diri. Lalu, apa saja tugas marketing dalam sebuah perusahaan?

Inilah Tugas dan Pekerjaan Marketing Bisnis Pada Perusahaan

Tujuan utama dari kegiatan marketing adalah memenuhi keinginan dan kebutuhan para konsumen. Marketing tidak hanya fokus pada produk yang dihasilkan saja, melainkan juga fokus pada pelayanan terhadap konsumen. Marketing adalah kunci dari sebuah bisnis, sehingga memiliki tugas yang cukup kompleks. Nah, berikut ini adalah beberapa tugas dari pekerjaan bidang marketing:

1. Merancang Produk

Pekerjaan Marketing
Merancang Produk

Tugas pertama dari marketing adalah merencanakan sebuah produk yang akan dipasarkan. Sebelum menciptakan dan memasarkan produk, bagian marketing harus menganalisa keadaan pasar terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan minat para konsumen terhadap suatu produk. Dengan begitu, maka perusahaan bisa membuat produk yang benar-benar dibutuhkan konsumen dan laku di pasaran.

2. Menetapkan Harga

pekerjaan marketing
Menetapkan Harga

Harga sebuah produk yang dihasilkan oleh perusahaan juga ditetapkan oleh bagian marketing. Sebelum produk tersebut diluncurkan ke pasar, bagian pemasaran harus menganalisa kisaran harga yang cocok untuk masyarakat. Setelah memiliki referensi daftar harga rata-rata produk di pasaran, barulah kemudian bagian marketing menentukan harga yang paling tepat untuk produk yang akan dipasarkan oleh perusahaan. Pastikan produk tersebut dibanderol dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan rata-rata harga produk di pasaran. Jangan menetapkan harga terlalu tinggi, jangan pula terlalu rendah. Buatlah penawaran harga yang realistis.

3.Merencanakan Promosi

pekerjaan marketing
Melaksanakan Promosi

Promosi sangat dibutuhkan sebagai kegiatan untuk mengenalkan produk pada masyarakat. Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan, baik menggunakan media televisi, media cetak, radio, publikasi, atau menggunakan internet yang kini digunakan oleh banyak orang. Membuat promosi yang menarik merupakan kewajiban dari bagian marketing. Umumnya, konsumen akan menyukai adanya bonus, diskon, voucher, souvenir, garansi, dll.

4. Merencanakan Proses Distribusi

pekerjaan marketing
Proses Distribusi

Bagian marketing bertugas untuk merencanakan proses distribusi produk yang akan dilakukan oleh perusahaan. Hal yang harus direncanakan adalah pemilihan media dan waktu pendistribusian. Perusahaan harus mampu mendistribusikan produk pada konsumen tepat waktu. Jangan sampai konsumen merasa kecewa karena distribusi produk oleh perusahaan tidak maksimal.

5. Memberikan Pelayanan  Konsumen

pekerjaan marketing
Pelayanan Konsumen

Bagian marketing harus selalu meningkatkan pelayanan kepada para konsumen. Perusahaan harus memiliki citra yang baik di hati konsumen. Menjaga hubungan baik dengan konsumen merupakan tugas utama bagian pemasaran. Dengan menjalin hubungan baik bersama konsumen, maka konsumen tidak akan pernah berpaling ke produk perusahaan lain. Bagian marketing harus mampu mendengar keluhan konsumen, serta memberikan solusi atas masalah tersebut. Pelayanan semacam ini tentu akan membuat konsumen semakin loyal dan merasa puas dengan layanan perusahaan.

Dari informasi diatas, maka dapat kita ketahui bahwa tugas dan pekerjaan marketing memang terbilang cukup banyak. Hal ini karena marketing merupakan salah satu kunci sukses dari berjalannya kewirausahaan. Profesi ini dapat dikatakan bukan profesi yang sembarangan. Oleh karena itu, bagian marketing harus diisi oleh orang yang profesional dalam menjalankan pekerjaan. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*