5 Peluang Usaha Rumahan di Desa Paling Menjanjikan

peluang usaha rumahan di desa

Kesuksesan seseorang dapat diraih dimana saja, walau tinggal di desa sekalipun. Meskipun peluang bisnis di desa tidak sebesar peluang di wilayah perkotaan, tetapi hal tersebut bukan berarti tidak ada potensi bisnis sama sekali. Justru, di desa juga banyak peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Lantas, apa saja peluang usaha rumahan di desa paling menjanjikan? 

5 Peluang Usaha di Desa yang Wajib Dicoba

Desa memiliki banyak sekali potensi untuk mengembangkan wirausaha. Jadi, tanggapan bahwa desa tidak cocok untuk berbisnis tentunya tidak benar. Justru, di desa juga menghadirkan kesempatan bagi siapa saja yang ingin berwirausaha. Nah, berikut ini adalah beberapa peluang usaha rumahan di desa yang populer dan menjanjikan:

1. Beternak

peluang usaha rumahan di desa
Membuka usaha ternak

Ada banyak jenis hewan yang bisa dijadikan sebagai bisnis ternak. Mulai dari ayam, sapi, kambing, atau bahkan budidaya ikan. Bisnis ternak juga merupakan salah satu bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan. Sebab, sebagian besar hewan ternak merupakan komoditas bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat.

Desa menjadi tempat yang sangat cocok untuk menjalankan bisnis ternak. Hal ini mengingat bahwa di desa memiliki ketersediaan lahan yang cukup luas. Selain itu, berbagai jenis pakan ternak juga mudah didapatkan di pedesaan. Telah banyak pebisnis ternak sukses yang dulunya berawal dari pedesaan. Sehingga, bisnis ini cocok untuk ditekuni.

2. Bisnis Sembako

Sembako adalah salah satu kebutuhan masyarakat sehari-hari. Untuk dapat membuka bisnis sembako di desa, modal yang diperlukan tidaklah terlalu besar. Berbeda dengan bisnis sembako di perkotaan yang memerlukan modal dengan jumlah yang besar karena kebutuhan masyarakat yang kompleks. 

Bahkan, bisnis ini bisa dimulai dengan membuat toko di depan rumah. Sangat praktis dan hemat modal. Namun keuntungan yang didapatkan juga tidak bisa dianggap remeh loh!

3. Pertanian

peluang usaha rumahan di desa
Usaha tani rumahan sederhana dengan hasil menjanjikan

Menjalankan usaha di bidang pertanian, sebenarnya tidak dibutuhkan keahlian khusus. Semua orang bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit. Bisnis di bidang pertanian merupakan sebuah usaha yang mumpuni terutama bagi masyarakat pedesaan. Hal ini karena ketersediaan lahan yang cukup luas dibandingkan dengan area perkotaan.

Banyak sekali jenis bisnis pertanian yang bisa dicoba di pedesaan. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Ketersediaan lahan yang luar di pedesaan, tentu tidak boleh disia-siakan begitu saja. Dengan memulai bisnis pertanian dari sekarang, maka bisa jadi petani sukses di masa depan.

4. Pangkas Rambut

Bagi yang memiliki keahlian memotong rambut, membuka usaha pangkas rambut atau barbershop juga menjadi peluang usaha yang menarik di pedesaan. Apalagi, jasa pangkas rambut yang berkualitas di desa tergolong jarang ditemui. Dengan harga yang bersahabat dan layanan memuaskan, barbershop pasti selalu ramai dikunjungi.

5. Bimbingan Belajar

peluang usaha rumahan di desa
Membuka usaha bimbingan belajar

Jangan biarkan ilmu yang didapat saat masih duduk di bangku sekolah atau perkuliahan sia-sia begitu saja. Tangkap peluang dengan membuka usaha bimbingan belajar di desa. Karena tenaga pengajar di pedesaan yang cenderung kurang, dapat membuat bisnis yang satu ini berkembang secara pesat. 

Namun, tentu saja tarif bimbel harus disesuaikan dengan kemampuan warga desa. Dengan begitu bimbingan belajar yang dibuka bisa tetap terjangkau oleh mereka. Tentu saja juga tetap bisa menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan. 

Itulah, 5 peluang usaha rumahan di desa yang populer dan cukup menjanjikan. Selain kelima usaha tersebut, tentu masih banyak peluang bisnis lain yang tidak kalah menjanjikan. Sebut saja bisnis warung makan, bisnis makanan ringan, dan masih banyak lainnya. Pada intinya, asalkan ada kemauan dan usaha, pasti bisnis di desa juga bisa membawa kesuksesan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*