Pengertian Viral Marketing Serta Penerapannya Dalam Bisnis

Saat ini bisnis online memang sangat menjanjikan, apalagi dengan didukung metode pemasaran yang begitu beragam sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar kedepannya. Salah satu teknik pemasaran yang sering dilakukan adalah viral marketing. Metode ini memang cukup tepat digunakan di era digital seperti saat ini. 

Viral marketing sendiri memiliki konsep yang hampir sama dengan word of mouth atau yang dapat dikatakan sebagai metode menyebarkan pesan kepada konsumen melalui kata-kata. Jadi, konsepini lebih memanfaatkan penggunaan jaringan sosial di dalam dunia maya. Nah untuk memahami lebih lanjut berikut ini akan diulas mengenai pengertian serta penerapan strategi viral marketing dalam dunia bisnis.

Pengertian Viral

Arti kata viral adalah aktivitas di dunia maya yang menggambarkan penyebaran sebuah informasi melalui media online yang tersebar dengan cepat sehingga membuatnya menjadi populer dan menjadi perbincangan khalayak umum. Nah, informasinya dapat berupa, foto, video, berita dan lain sebagainya. Penggunaan kata viral biasanya di gabungkan dengan kalimat lain.

Penerapan Viral Marketing pada Sebuah Bisnis
Metode pemasaran ini pada sebuah bisnis biasanya dilakukan pihak penyedia barang/jasa yang mana akan disampaikan melalui informasi entah itu website, video, koran, ebook, dan lainnya. Sedangkan viral marketing dalam bentuk offline dapat berupa penyampaian informasi dari mulut ke mulut dan jika melalui online dapat menggunakan media sosial yang saat ini sedang trend di masyarakat.

Lalu bagaimana penerapan virai marketing dalam bisnis?
Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam menggunakan strategi mencari sesuatu yang dapat menjadi trend dan booming.

Jika kamu menginginkan strategi viral marketing dalam bisnis, maka kamu harus pintar-pintar mencari sesuatu yang nantinya dapat trend di masyarakat. Dalam hal ini yang berperan penting adalah timing atau waktu. Saat seseorang mengetahui dan mempelajari suatu ide, mungkin akan terasa biasa saja ketika pertama kali mencari informasi yang terkait tentang ide tersebut.

Namun semakin menarik ide dan topiknya, maka akan semakin tinggi nilainya dalam mesin pencarian. Sehingga penting bagi kami untuk mengetahui trend terkini ataupun sesuatu yang nantinya dapat menjadi booming di masyarakat.

Cara Membuat Video Konten yang Viral

Salah satu bisnis yang dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan viral marketing adalah dengan membuat video konten yang sedang trend. Hingga saat ini tidak ada rumus pasti membuat video konten menjadi viral. Namun tidak usah khawatir, berikut ini ada beberapa tips bagaimana membuat konten video agar viral di media sosial. Yuk cek ulasannya berikut ini.

1. Relevan dan Memiliki Value

Tips pertama untuk membuat video konten yang menarik buat konsumen adalah membuat video yang relevan dan memiliki value. Dengan video yang relevan atau sejalan dengan isu yang sedang ramai dibicarakan di masyarakat maka video tersebut memiliki peluang yang besar untuk menjadi viral.

2. Buat Video Live

Video yang dapat membangun interaksi dengan penonton memang lebih berpeluang untuk mendatangkan ketertarikan. Kini banyak pengusaha bisnis online yang mempromosikan barang dagangannya secara langsung. Cara ini membuat followers maupun calon pembeli dapat melihat produk yang akan dibeli. Meskipun ada followers yang belum tertarik membeli, dengan melihat video tersebut, maka dia mendapat informasi penting sehingga saat membutuhkan, dia langsung mengontak Anda.

4. Lakukan Kolaborasi dengan Influencer

Tips berikutnya yaitu membuat video bersama influencer, dengan begitu kamu bisa membuat video terangkat. Misi tersebut dikenal dengan istilah panjat sosial. Pilih influencer yang sesuai dengan bisnis online kamu dan sesuaikan juga dengan target bisnis online kamu. Dengan begitu, akan lebih mudah memperoleh apresiasi dari pemirsa. Bagaimana kamu tertarik membuat konten video viral?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*