Pentingnya Ilmu Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

ilmu marketing

Memahami ilmu marketing untuk bisa mengembangkan suatu bisnis menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan tanpa memiliki pengetahuan dasar tentang marketing, maka dapat dipastikan bisnis milikmu akan sulit berkembang dan maju. Oleh karena itu, Kamu harus mau belajar marketing sehingga penjualan produk yang Kamu tawarkan bisa berhasil.

Belajar marketing tidak seperti belajar matematika yang merupakan ilmu baku. Jika 2+2=4, maka dalam marketing tidak demikian. Marketing adalah ilmu yang sangat dinamis, bisa berubah mengikuti perkembangan zaman. 

Marketing merupakan ilmu sosial yang sangat penting dalam perjalanan bisnis. Sebuah perusahaan yang sukses pastinya memiliki strategi marketing yang sangat baik, sehingga produk yang ditawarkan bisa meledak di pasaran.

Dasar dari ilmu dalam marketing adalah menawarkan menggunakan kata-kata yang tepat, mengajak para pendengar untuk menjadi pelanggan dari produk yang Kamu tawarkan. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan mengajak orang lain. Namun, marketing adalah ilmu yang mudah dipelajari. Jadi, siapa saja bisa mempelajarinya hingga bisa.

Teknik Ilmu Marketing Paling Penting yang Wajib Dipelajari

Bagi Kamu yang ingin sukses dalam mengembangkan bisnis, yuk pelajari teknik marketing berikut:

1. Kenali Tempat yang Menjadi Target Penawaran

ilmu marketing
Tempat Penjualan

Berbeda tempat, tentu berbeda pula dengan orang dan budayanya. Hal ini perlu Kamu sadari agar tidak salah dalam menentukan strategi marketing. Setiap orang dalam berbagai tempat memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, Kamu harus mengenali tempat yang akan menjadi target penjualan. Dengan begitu, maka Kamu akan lebih mudah untuk menentukan strategi marketing seperti apa yang bisa mendatangkan banyak pelanggan di tempat tersebut. 

2. Pilih Bahasa yang Pas

ilmu marketing
Gunakan Bahasa Marketing yang Pas

Seperti yang kita tahu bahwa inti dari marketing adalah bagaimana cara menawarkan produk kepada orang lain. Setiap orang di lingkungan yang berbeda memiliki budaya yang berbeda. Akan lebih baik jika Kamu bisa menawarkan produk menggunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa tempat konsumen berada. Misalnya bila Kamu melakukan promosi di daerah jawa, maka akan lebih tepat sasaran saat Kamu menawarkan produk menggunakan bahasa jawa. Selain lebih mudah dipahami oleh masyarakat sana, Kamu juga akan berhasil memberikan kesan dan mencuri perhatian dengan menggunakan bahasa yang sama seperti mereka.

3. Jelaskan Keuntungan Produk yang Ditawarkan

ilmu marketing
Keunggulan Produk

Kenalkan produk yang Kamu jual kepada konsumen dengan cara menyebutkan apa saja keuntungan dan manfaat dari produk tersebut. Sebaiknya, Kamu tidak menjanjikan sesuatu secara berlebihan. Apalagi jika menyebutkan bahwa produk itu akan memberikan hasil yang luar biasa. Jika ternyata konsumen tidak mendapatkan hasil seperti yang Kamu katakan, mereka pasti akan kecewa dan tidak percaya lagi dengan produk-produk yang akan Kamu tawarkan selanjutnya. Jadi, jelaskan saja fungsi dan maksud dari produk yang Kamu jual, tanpa menjual kata-kata yang belum tentu bisa dibuktikan.

4. Melayani Sepenuh Hati

ilmu marketing
Layani dengan Hati

Kamu mungkin akan sering menemui calon konsumen yang hanya banyak tanya saja, namun ternyata mereka tidak jadi membelinya. Bagaimana perasaan Kamu jika menemukan konsumen yang seperti itu? Tentu Kamu tidak boleh marah. Jangan sampai Kamu mendapat cap sebagai penjual yang tidak ramah pada pelanggan. Jadi, seperti apa pun jenis konsumen yang Kamu temui, tetaplah layani mereka sepenuh hati. Jaga nama baik produk yang Kamu jual meskipun seringkali harus bertemu dengan calon konsumen yang menyebalkan.

Itulah 4 teknik marketing sederhana yang bisa Kamu coba. Teknik marketing tersebut tentu akan membantu Kamu untuk mendapatkan banyak pelanggan. Meskipun Kamu masih awam di dunia marketing, Kamu harus percaya dan yakin bahwa Kamu pasti bisa melakukannya. Meskipun  ilmu marketing dapat dipelajari oleh siapa saja, namun belum tentu semua orang bisa sukses melakukannya. Tentu butuh kerja keras dan usaha agar apa yang Kamu inginkan bisa segera diwujudkan. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*