Peran Penting Marketing Public Relations dalam Perusahaan

marketing public relations

Marketing atau pemasaran merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh organisasi maupun perusahaan dan mencakup proses perencanaan, promosi, harga, serta distribusi jasa atau barang untuk menciptakan hasil yang memuaskan. Tugas dan peran marketing tidak jauh dari yang namanya public relation. Lantas, apa itu marketing public relations?

Mengenal Fungsi dan Peran Penting Marketing Public Relations

Perlu diketahui bahwa perusahaan bukan hanya berhubungan dengan pemasok barang maupun pelanggan saja. Perusahaan juga harus memiliki hubungan baik dengan sejumlah masyarakat dengan kepentingan tertentu. Masyarakat atau public ternyata juga mempunyai peran atau pengaruh terhadap pencapaian yang ingin diraih oleh perusahaan.

Public relations atau hubungan masyarakat sendiri meliputi beberapa program yang direncanakan dengan tujuan untuk mempromosikan atau menjaga citra baik perusahaan serta produknya. Public relation bisa menjadi sangat efektif untuk menopang fungsi dan peran marketing jika direncanakan dengan baik oleh divisi marketing.

Marketing public relation bisa didefinisikan sebagai proses perencanaan, pelaksanaan atau eksekusi, hingga evaluasi terhadap program-program yang mampu mendorong tingkat pembelian ataupun kepuasan pembeli. Caranya adalah dengan menciptakan komunikasi yang kredibel dengan konsumen atau dalam hal ini adalah masyarakat. Perannya MPR diantaranya:

1. Menciptakan Citra Baik Perusahaan (Image Building)

marketing public relations
PR akan berupaya untuk membangun citra baik pada perusahaan

Marketing public relation akan berhasil ketika sebuah produk atau perusahaan telah memiliki citra yang baik di mata calon konsumen atau pelanggan. Jika sebuah produk sudah memiliki nilai positif di mata masyarakat umum, maka upaya pemasaran publik akan lebih mudah untuk menarik lebih banyak pelanggan. Tentu akan sangat baik untuk perusahaan.

Pemasaran publik bukan hanya dilakukan dengan selling atau kegiatan periklanan. Perannya lebih jauh yaitu untuk memberikan informasi atau pengetahuan tambahan terkait produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada calon konsumen. Upaya seperti ini dianggap lebih lama diingat oleh para pelanggan. Sehingga, MPR lebih lengkap dari jenis iklan biasa.

2. Membantu Kegiatan Peluncuran Produk Baru

Divisi pemasaran publik memiliki peran penting untuk mengenalkan produk baru kepada khalayak umum, terutama para konsumen atau pelanggan. Promosi produk baru bisa dilakukan dengan menyelenggarakan acara khusus. Baik melalui seminar, pameran dayang, tamasya, pemajangan produk, kompetisi, atau mengadakan sebuah kontes.

3. Menciptakan Berita yang Menguntungkan

marketing public relations
Tugas PR juga harus membuat berita yang baik untuk perusahaan

Tugas dari divisi marketing public relations adalah menciptakan atau menemukan berita yang menguntungkan terkait perusahaan. Bisa juga tentang orang-orang hebat di dalamnya, atau hal-hal positif tentang produknya. Selain itu, divisi ini juga berperan untuk mengupayakan supaya media bersedia menerima siaran pers atau menghadiri konferensi pers perusahaan.

4. Melaksanakan Kegiatan Layanan Masyarakat

Setiap perusahaan juga berhak membangun kehendak baik terhadap masyarakat. Baik dengan menyumbangkan uang, waktu, atau hal lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk mencapai tujuan yang baik ini, divisi pemasaran publik bisa melaksanakan kegiatan layanan masyarakat. Langkah ini juga dilaksanakan untuk menciptakan citra baik perusahaan.

5. Memberikan Dana Sponsor

marketing public relations
Peran dari PR juga pada memberikan dana sponsor

Strategi lain yang bisa dipilih oleh divisi pemasaran publik adalah memberikan dana sponsor terhadap berbagai jenis kegiatan yang bermanfaat. Baik menjadi sponsor dalam pertandingan bola, kegiatan perayaan budaya, atau acara lain yang memberikan dampak positif. Langkah ini diambil guna mempromosikan produk dan nama perusahaan.

Itulah beberapa peran penting dari Marketing Public Relations bagi kemajuan sebuah perusahaan. Terbukti bahwa divisi pemasaran publik memang memiliki peran yang sangat penting dalam promosi produk dan nama perusahaan. Oleh karena itu, divisi humas sekaligus pemasaran ini memegang salah satu kunci perkembangan atau kemajuan perusahaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*