Perbedaan Sales dan Marketing Dalam Dunia Bisnis

perbedaan sales dan marketing

Dalam dunia bisnis, pasti tidak asing dengan istilah sales dan marketing. Dua istilah ini memang berperan penting dalam perusahaan. Kedua perangkat perusahaan ini memiliki pengertian dan tanggung jawab yang berbeda yang belum banyak diketahui. Lalu, apa perbedaan sales dan marketing?

Sales merupakan bagian dari perusahaan yang bertugas memasarkan sekaligus memastikan produk terjual sesuai dengan target yang ditetapkan perusahaan. Sementara itu, marketing merupakan proses memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Tujuannya untuk melihat antusiasme calon konsumen. 

Inilah 5 Perbedaan Sales dan Marketing

1. Berdasarkan Strategi Pemasaran

perbedaan sales dan marketing
Keduanya berbeda dalam strategi pemasarannya

Sales menjual produk tanpa memikirkan cara menjaga citra dari produk atau jasa yang ditawarkan. Salesman hanya fokus pada penawaran produk. Mereka menunjukkan kelebihan produk atau jasa yang ditawarkan agar calon konsumen tertarik untuk membeli. Target salesman produk dan jasa dapat terjual sesuai ketentuan dari perusahaan.

Sementara itu, marketing dituntut untuk selalu menjaga citra jasa atau produk yang ditawarkan. Tujuannya agar calon konsumen cepat memutuskan membeli produk atau jasa tersebut. Hal ini karena calon konsumen telah mengetahui kualitas, keunggulan, serta kekurangan dari brand yang akan dibeli.

2. Berdasarkan Hubungan dengan Pelanggan

Perbedaan sales dan marketing dapat dilihat dari interaksinya dengan pelanggan. Hubungan sales dengan konsumen hanya sebatas transaksi jual beli. Setelah barang atau jasa laku terjual, sales tidak bertanggung jawab menjaga hubungan jangka panjang terhadap para konsumen. 

Jadi, sales bertugas untuk mencari pelanggan agar produk terjual sebanyak-banyaknya saja. Berbeda dengan marketing yang harus menjaga hubungan dengan calon konsumen dengan baik. Hal ini dilakukan selama proses sebelum hingga setelah transaksi. 

Tujuannya untuk menjaga loyalitas dari brand dan nama perusahaan. Selain itu, cara ini digunakan agar bisnis yang dijalankan dapat memenangkan persaingan pasar. Menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah tugas marketing.

3. Berdasarkan Proses Kerja

perbedaan sales dan marketing
Memiliki proses kerja yang berbeda juga

Prose kerja sales dan marketing juga berbeda. Sales cenderung mendatangi langsung calon konsumen. Seperti contohnya, menggelar stand di acara bazar, menawarkan melalui telepon, atau mendatangi dari rumah ke rumah. Dilihat dari proses kerja, tugas sales memang lebih berat dari tugas marketing.

Tim marketing melakukan analisis pasar sekaligus mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. Tujuannya agar sales lebih mudah melakukan penjualan. Marketing juga menyiapkan konsep yang dapat menarik calon konsumen untuk membeli produk atau jasa tersebut. Selain itu, tim marketing juga bertugas mencari strategi pemasaran yang paling tepat.

4. Berdasarkan Lingkup Kerja

Ruang lingkup dan waktu kerja kedua perangkat perusahaan ini memiliki perbedaan yang cukup jauh. Sales bekerja berdasarkan sistem kontrak yang bersifat short term, sedangkan marketing jelas menjalankan sistem kerja jangka panjang karena harus menjaga relasi dengan konsumen, rekan bisnis, dan vendor terkait pemasaran.

Lingkup pekerjaan sales meyakinkan calon konsumen agar membeli dan terus menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan secara berkala. Sementara itu, ruang lingkup pekerjaan marketing mencakup market research, public relations, dan customer satisfaction. Dalam hal ini, tim marketing memiliki tanggung jawab kerja yang lebih berat dibandingkan tim sales.

5. Berdasarkan Tujuan

perbedaan sales dan marketing
Baik sales dan marketing memiliki tujuan yang berbeda

Sales memiliki tujuan meningkatkan penjualan produk dan bekerja dengan target yang sudah ditentukan oleh divisi marketing. Sales juga harus mampu mengarahkan sasaran, ke mana dan pada siapa produk atau jasa ditawarkan. Selain itu, mereka juga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menginformasikan kelebihan produk atau jasa tersebut.

Salah satu cara meningkatkan sales adalah dengan cara memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Anda dapat menyebarluaskan informasi produk Anda di berbagai media sosial. Namun akan membutuhkan banyak waktu jika dilakukan sendiri. Anda bisa menggunakan jasa Social Media Agency Jakarta untuk membantu promosi melalui media sosial yang lebih efektif dan tertarget.

Tim marketing sangat penting bagi perusahaan. Dengan kata lain, marketing merupakan kunci agar produk dan jasa dapat dikenal oleh masyarakat. Bukan hanya itu, marketing juga mengedukasi agar calon konsumen tertarik pada brand yang ditawarkan. Marketing memiliki tanggung jawab menyusun strategi yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. 

Perbedaan sales dan marketing dapat dilihat dari definisi, strategi, hubungan dengan calon konsumen, proses kerja, lingkup kerja, dan tujuannya. Meskipun dari penjelasan di atas terlihat bahwa marketing terlihat lebih penting, tapi perusahaan tetap membutuhkan keduanya untuk mencapai target penjualan. Sales juga menjadi bagian penting dari perusahaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*