Pahami Berbagai Pertanyaan Tentang Marketing di Dunia Usaha

pertanyaan-tentang-marketing

Ide bisnis bisa kita dapatkan dari mana saja. Bahkan, ide bisnis seringkali muncul dari hal-hal yang tidak terduga. Mendapatkan ide bisnis sebenarnya sangat mudah, namun tidak banyak yang bisa mengeksekusi ide tersebut menjadi bisnis yang sukses. Jika Anda memiliki ide bisnis, jangan buru-buru untuk segera mewujudkannya. Sebaiknya, Anda lakukan uji terlebih dahulu, apakah ide tersebut mampu diterapkan dan menghasilkan bisnis yang mumpuni? Ada beberapa pertanyaan tentang marketing yang wajib Anda jawab untuk menguji ide bisnis yang Anda miliki? Lalu, apa saja pertanyaan untuk menguji ide bisnis Anda? 

Ini Dia, 7 Pertanyaan Tentang Marketing Untuk Menguji Ide Bisnis Anda

Jika Anda ingin membangun dan mengembangkan sebuah bisnis yang sukses, maka Anda harus melakukan serangkaian uji terhadap konsep bisnis yang akan Anda kembangkan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ide dan konsep bisnis tersebut memang patut untuk diperjuangkan. Nah, berikut ini adalah 7 pertanyaan yang wajib Anda jawab sebelum mengeksekusi ide bisnis yang Anda miliki:

Siapa Calon Pelanggan Bisnis Anda?

pertanyaan-tentang-marketing
Pelanggan Bisnis

Perlu Anda sadari, bahwa apa yang menurut Anda baik belum tentu baik juga menurut orang lain. Sama halnya dengan ide bisnis. Anda boleh saja menganggap bahwa ide bisnis tersebut  bermanfaat dan mampu memberikan solusi terhadap berbagai persoalan. Namun, hal ini belum tentu dirasakan oleh orang lain.

Jadi, tentukan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target bisnis Anda. Selanjutnya, tanyakan apa saja yang menjadi kesulitan mereka. Jika ide bisnis yang Anda miliki mampu menjawab kesulitan mereka, maka ide bisnis itu layak untuk dikembangkan dan dijalankan.

Apa yang Membedakan Bisnis Anda?

pertanyaan-tentang-marketing
Keunikan Bisnis Milik Sendiri

Untuk membangun bisnis yang sukses, Anda tentu harus membuat produk yang menarik dan berbeda dari produk lain yang sudah pernah di pasarkan. Ide bisnis Anda harus diwujudkan dengan konsep yang berbeda, baik dari bentuk produk atau layanan yang diberikan pada pelanggan. Jika bisnis Anda biasa-biasa saja dan tidak memiliki pembeda, Anda akan mengalami kesulitan untuk memasarkannya.

Siapa yang Akan Menjadi Tim Anda?

pertanyaan-tentang-marketing
Tim Satu Pekerjaan

Dalam membangun bisnis, Anda membutuhkan tim yang solid. Lakukan analisis tentang keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk membangun bisnis Anda. Selanjutnya, rekrut dan temukan orang-orang yang memiliki keahlian tersebut untuk bergabung dalam tim Anda.

Apa saja Sumber Daya yang Dibutuhkan?

pertanyaan-tentang-marketing
Sumber Daya Bisnis

Selain membutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten, Anda harus memperhitungkan apa saja alat yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Artinya, Anda harus membuat daftar alat yang akan menunjang bisnis tersebut, seperti komputer, internet, ruang kantor, dll. Dengan begitu, maka Anda dapat memperkirakan berapa budget yang dibutuhkan untuk membangun bisnis tersebut.

Berapa Lama Bisnis Anda Dapat Bertahan di Pasaran?

pertanyaan-tentang-marketing
Analisa Usia Bisnis

Setiap jenis bisnis tentu memiliki lifetime yang berbeda di pasaran, ada yang memiliki jangka hidup lama, namun ada juga yang hanya bertahan sebentar saja. Memperhitungkan berapa lama produk bisnis Anda mampu hidup di pasaran sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa membuat strategi bisnis produk serta layanan yang tepat guna.

Seberapa Besar Potensi Bisnis Anda Dapat Tumbuh dan Berkembang?

pertanyaan-tentang-marketing
Potensi Kemajuan Bisnis

Perkembangan setiap jenis bisnis tentu berbeda satu sama lain. Jangan membuat ekspektasi terlalu tinggi. Buatlah target yang realistis. Temukan cara yang tepat untuk mencapai target pertumbuhan yang Anda harapan. 

Apakah Anda Memiliki Kemampuan untuk Mengeksekusi Ide Bisnis Tersebut?

pertanyaan-tentang-marketing

Anda memiliki ide bisnis yang luar biasa, tetapi apakah Anda benar-benar mampu mengeksekusi ide tersebut? Sebaiknya Anda jujur pada diri sendiri. Ukurlah kemampuan Anda dalam mengeksekusi ide bisnis tersebut. Jangan sampai Anda membangun bisnis tanpa diimbangi dengan keahlian dan keterampilan yang memadai. Bukannya untung, bisnis Anda malah bisa berujung rugi.

Itu dia 7 pertanyaan tentang marketing yang wajib Anda pertimbangkan sebelum membangun bisnis dan usaha. Apakah Anda sudah memiliki jawaban atas pertanyaan itu semua? Jika semua pertanyaan dapat Anda jawab dengan baik dan memiliki nilai positif, maka tidak perlu menunggu waktu lama, segera saja untuk mengeksekusi ide bisnis tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*