Memahami Teknik Red Ocean Strategy dalam Dunia Bisnis

red ocean strategy

Red ocean  strategy dan blue ocean  strategy merupakan istilah dalam dunia bisnis khususnya pemasaran. Kedua istilah tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan laut dalam arti yang sesungguhnya. Setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran yang berbeda untuk bisa memenangkan persaingan.

Apa itu Red ocean  strategy dan Blue ocean  Strategy?

red ocean strategy
Strategi pemasaran yang dilakukan agar bisa memenangkan persaingan

Red ocean  strategy merupakan sebuah strategi pemasaran dimana produk yang dipasarkan memiliki banyak pesaing. Banyaknya pelaku bisnis pada pasar yang sama menjadikan persaingan sangat ketat. Masing-masing pelaku bisnis akan mengupayakan segala macam cara agar produknya memenangkan persaingan. 

Jika strategi red ocean  memiliki persaingan yang ketat, maka lain halnya dengan strategi blue ocean. Pada blue ocean  strategy, pelaku bisnis menciptakan bisnis baru yang belum memiliki pesaing. Persaingan bukanlah hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam strategi blue ocean. Pelaku bisnis harus menciptakan pangsa pasar yang baru jika menggunakan strategi blue ocean. 

Perbedaan Red Ocean Strategy dan Blue ocean  Strategy

Red ocean  strategy dan blue ocean  strategy merupakan dua sistem yang berbeda. Menjalankan bisnis dalam strategi red ocean  tentu saja membutuhkan upaya dan cara yang tepat agar menjadi pemimpin pasar atau market leader. Berikut ini adalah perbedaan antara strategi red ocean  dan strategi blue ocean.

1. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran antara red ocean  dan blue ocean  tentu saja berbeda. Pemasaran dalam red ocean  strategy tentu saja memanfaatkan pasar yang sudah ada. Pelaku bisnis tidak perlu menciptakan pasar baru untuk menjual produknya. Strategi pemasaran dalam red ocean  biasanya akan memiliki banyak persamaan di antara para pelaku bisnis.

Dalam strategi blue ocean, pelaku bisnis harus memikirkan strategi pasar yang baru karena belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, pelaku bisnis juga harus menciptakan segmen pasar yang baru untuk bisa menjual produknya. Perlu inovasi yang sesuai agar produk bisa diterima pasar dan berhasil dengan strategi blue ocean  untuk menjalankan bisnis.

2. Kompetisi Pemasaran

red ocean strategy
Memiliki persaingan yang lebih ketat

Kompetisi pemasaran dalam strategi red ocean  sangatlah ketat. Setiap pelaku usaha harus mengupayakan segala cara untuk memenangkan kompetisi. Banyak cara yang dilakukan untuk bisa menjadi pemimpin pasar pada red ocean  ini.

Lain halnya pada blue ocean. Pelaku bisnis tidak merasakan kompetisi yang menantang untuk produknya karena belum ada kompetitor. Kompetisi menjadi hal yang tidak relevan dalam strategi blue ocean .   

3. Sistem Kegiatan

Secara keseluruhan terdapat perbedaan sistem kegiatan antara strategi red ocean  dan blue ocean. Pada red ocean, sistem kegiatan dipadukan secara menyeluruh dengan memilih strategi diferensiasi atau biaya rendah. Pada blue ocean , keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dipadukan untuk melakukan diferensiasi dan biaya rendah.

4. Permintaan Pasar

red ocean strategy
Mengikuti permintaan pasar yang sudah ada

Sesuai dengan pengertiannya, maka strategi red ocean  tidak menciptakan produk yang benar-benar baru dan berbeda dari pesaingnya. Oleh karena itu, pelaku bisnis hanya mengeksploitasi permintaan yang telah ada. Berbeda dengan blue ocean  yang memang benar-benar hadir dengan produk baru dan belum ada pesaing, maka pelaku bisnis akan menciptakan dan menangkap permintaaan baru. 

Pasar red ocean  sejak semula sudah diisi oleh banyak pelaku bisnis sehingga persaingan ketat. Untuk masuk ke dalam pasar red ocean ini sebaiknya benar-benar menyiapkan strategi yang tepat agar tidak terlindas dalam persaingan. Jika tidak ingin berebut kue dalam pasar red ocean, maka ciptakan produk yang inovatif dan benar baru sehingga bisa masuk ke blue ocean

Itulah informasi tentang red ocean strategy dalam dunia pemasaran. Sekaligus perbedaannya dengan blue ocean strategy.  Lalu, bagaimana dengan teknik pemasaran yang Anda gunakan? apakah  termasuk dalam red ocean  strategy atau blue ocean  strategy?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*