Kenali Jenis-Jenis Resiko Bisnis dan Solusi Mengatasinya

resiko bisnis

Memutuskan untuk menjalankan sebuah kegiatan bisnis, artinya harus siap menghadapi berbagai resiko yang mungkin terjadi. Resiko memang menjadi hal yang sangat wajah dalam sebuah kegiatan usaha. Maka dari itu, penting bagi calon pebisnis untuk mengetahui apa saja resiko bisnis dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. 

Dengan begitu, maka calon pengusaha bisa lebih siap menghadapi apapun resiko yang akan terjadi selama menjalankan usaha. Resiko dalam bisnis diartikan sebagai konsekuensi yang bisa muncul akibat adanya ketidakpastian dimana hal ini bisa menyebabkan terjadinya kerugian bagi pelaku usaha. Lantas, apa saja jenis resiko dalam bisnis?

Inilah 5 Jenis Resiko Bisnis dan Solusinya

1. Resiko Strategik

resiko bisnis
Memahami jenis resiko yang pertama, yaitu strategik

Jenis resiko bisnis ini berkaitan dengan strategi dalam menjalankan bisnis. Artinya, ada resiko yang mungkin terjadi akibat kurang matangnya strategi bisnis yang diterapkan oleh pebisnis atau pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Solusi untuk mengatasi resiko ini adalah dengan menyiapkan strategi bisnis sampai benar-benar matang. 

Dengan strategi yang matang, maka bisnis bisa berjalan sesuai dengan lajur yang benar. Sehingga, hal ini akan meminimalisir resiko kerugian yang mungkin ditimbulkan. Dalam membuat strategi bisnis, seorang pengusaha tidak boleh keras kepala. Harus disesuaikan dengan keinginan pasar. Dengan begitu, maka produk bisa lebih mudah diterima.

2. Resiko Operasional

Resiko ini mengarah pada kegagalan yang sangat tidak diharapkan dalam kegiatan sehari-hari perusahaan. Pasalnya, resiko operasional mengacu pada kegagalan yang bersifat teknis. Penyebabnya bisa dari kerusakan alat, kinerja karyawan perusahaan yang kurang memuaskan, atau bahkan akibat kondisi alam yang tidak mendukung aktivitas perusahaan.

Meskipun bersifat teknis dan bisa ditangani, namun resiko operasional secara otomatis akan merusak citra dan reputasi perusahaan. Maka dari itu, resiko ini juga perlu dicegah atau dihindari. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan SDM atau Sumber Daya Manusia yang benar-benar memadai dan profesional di bidangnya.

3. Resiko Kepatuhan

resiko bisnis
Ada resiko kepatuhan yang bisa menimpa bisnis

Menjalankan usaha artinya harus mau mematuhi aturan. Oleh karena itu, ada resiko kepatuhan yang harus dihadapi oleh seorang pebisnis atau pengusaha. Resiko ini dapat terjadi ketika sebuah perusahaan tidak mematuhi aturan atau regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Saat melanggar aturan tersebut, maka perusahaan atau bisnis yang dijalankan bisa terkena sanksi, bahkan ada pula yang harus membayar denda. Solusi agar terhindar dari resiko ini adalah dengan mempelajari seluk beluk usaha yang akan dikerjakan. Pelajari apa saja manfaat dan kerugian bisnis tersebut bagi masyarakat dan semua aturan yang berlaku.

4. Resiko Finansial

Bisnis tidak lepas dari yang namanya finansial. Resiko finansial merujuk pada kerugian yang berkaitan dengan pemasukan perusahaan. Resiko ini menyebabkan perputaran uang di perusahaan jadi kurang terkendali, karena jumlah uang masuk dan keluar yang tidak sesuai harapan. Selain itu, bisa juga berkaitan dengan banyaknya hutang perusahaan.

Resiko finansial termasuk jenis resiko dalam usaha yang sulit dicegah atau dihindari. Bahkan, seringkali terjadi secara tak terduga. Namun, resiko ini bisa diminimalisir dengan menerapkan sistem jual beli yang aman. Misalnya, penjualan produk secara kredit harus diamankan menggunakan jaminan dari pelanggan.

5. Resiko Reputasional

resiko bisnis
Jenis resiko reputasional yang bisa menimpa usaha

Reputasi yang baik sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Saat nama baik perusahaan sudah tidak ada atau mengalami kehancuran, tentu saja perusahaan akan mengalami kerugian yang besar. Pasalnya, perusahaan sudah tidak lagi mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. 

Mengingat pentingnya reputasi bagi perusahaan, maka sangat penting untuk menjaga nama baik perusahaan. Misalnya dengan mengarahkan karyawan untuk selalu bersikap baik kepada semua orang atau pelanggan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Selain itu, kualitas dan mutu produk juga harus dijaga agar tidak membuat pelanggan kecewa.

Itulah 5 jenis resiko bisnis yang perlu diketahui beserta solusi untuk mencegahnya. Setiap bisnis memang tidak mungkin terhindar dari resiko. Namun, dengan ilmu dan pengalaman bisnis yang dimiliki, maka berbagai resiko dalam berbisnis tersebut bisa dicegah dan diatasi dengan baik. Dengan begitu, maka perusahaan bisa berjalan lancar sesuai harapan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*