Kenali 5 Strategi Marketing di Instagram Paling Menunjang

strategi marketing di instagram

Tidak dipungkiri lagi bahwa instagram merupakan media sosial yang paling populer saat ini. Bukan hanya menjadi tempat untuk berbagi foto atau video aktivitas sehari-hari, kini instagram telah menjelma menjadi lahan bisnis online yang sangat menguntungkan. Strategi marketing di Instagram terbukti sangat efektif dilakukan. 

5 Strategi Marketing di Instagram Paling Menunjang Penjualan

Mengingat bahwa strategi marketing di Instagram sangat berpengaruh terhadap penjualan produk, maka sangat penting bagi semua pemilik usaha untuk menerapkan berbagai macam strategi. Tujuannya untuk menunjang penjualan lewat instagram. Lantas, apa saja strategi marketing yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan di instagram?

1. Buat Feed Instagram Lebih Menarik

strategi marketing di instagram
Menyusun feed instagram dengan menarik

Feed berperan penting untuk penjualan. Membuat feed instagram yang rapi, unik, menarik, dan memiliki style yang sesuai dengan brand bisnis penting untuk menarik hati calon pelanggan. Sebaliknya, feed instagram yang acak-acakan dan tidak memiliki tema yang konsisten pasti akan membuat calon customer berpikir ulang untuk membeli produk tersebut.

Perlu diketahui bahwa sangat penting bagi online shop di instagram untuk membagikan foto atau video yang real picture di feed instagram. Bukan foto produk yang mengambil dari online shop lain. Dengan menampilkan foto asli, ditata dengan rapi, memiliki visual yang konsisten, dijamin akan membuat pengunjung semakin tertarik untuk membeli produk.

2. Buat Branded Hashtags

Pada dasarnya, instagram merupakan social media yang lebih mengutamakan visual. Meski begitu, bukan berarti unsur-unsur lainnya tidak perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dalam membuat caption harus disertai dengan penulisan hashtags. Ciptakanlah branded hashtags menggunakan nama bisnis atau brand perusahaan.

Tujuan dari membuat branded hashtags adalah untuk menjangkau lebih banyak audiens. Dengan mencantumkan hashtags pada saat membuat caption, maka memungkinkan video atau foto yang diupload bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Semakin luas jangkauan produk, maka konsumen juga akan semakin luas.

3. Beri Perhatian Kepada Customer

strategi marketing di instagram
Beri perhatian dan layanan yang maksimal untuk pelanggan

Ingat bahwa customer merupakan salah satu pihak yang ikut serta dalam kesuksesan sebuah bisnis. Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah bisnis untuk memberikan perhatikan kepada mereka. Caranya sangat mudah, seperti berinteraksi melalui kolom komentar maupun DM. Langkah ini bertujuan untuk membangun engagement dengan para customer.

4. Manfaatkan Fitur yang Tersedia

Seperti yang kita ketahui bahwa instagram memiliki banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Salah satunya adalah fitur instagram story yang bisa digunakan untuk memberikan informasi sehari-hari kepada followers. Mengupdate instagram story setiap hari sangat penting untuk berinteraksi dengan followers atau customers.

Selain instagram story, masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh online shop untuk promosi atau berinteraksi dengan followers. Dengan membagikan foto atau video yang berkualitas melalui story instagram, maka akan semakin menarik perhatian calon customer. Sampai akhirnya mereka memutuskan untuk membeli.

5. Bekerjasama dengan Influencer

strategi marketing di instagram
Jalin kerjasama dengan influencer

Carilah influencer yang relevan dengan merek atau brand bisnis di Instagram. Bangun hubungan dengan influencer tersebut untuk mulai bekerjasama dalam bentuk konten sponsor pada akun instagram mereka. Strategi marketing di instagram yang satu ini sangat memungkinkan bagi sebuah brand untuk lebih dikenal oleh banyak orang. 

Bahkan, terbukti pula bahwa bekerja sama dengan selebgram atau influencer akan cukup meningkatkan penjualan. Selain itu, followers pun bisa meningkat drastis. Namun, pastikan untuk memilih influencer yang sesuai dengan brand bisnis atau target pemasaran agar feedbacknya memuaskan. 

Itu dia 5 strategi marketing di instagram paling menunjang penjualan. Dengan melakukan beberapa strategi tersebut, maka bisnis online di instagram bisa semakin berkembang. Namun, tentu saja masih banyak strategi marketing lainnya yang tak kalah meningkatkan penjualan di instagram. Yuk, terapkan strategi marketing yang benar dari sekarang!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*