Ide Strategi Pemasaran yang Efektif, Dijamin Sukses!

strategi-pemasaran

Persaingan bisnis semakin ketat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Jumlah kompetitor terus mengalami peningkatan setiap tahun. Untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis ini, perusahaan ataupun bisnis kecil perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat.

Pengertian strategi pemasaran atau strategi marketing adalah suatu upaya untuk memasarkan produk, baik barang, jasa, atau layanan yang dilakukan dengan taktik tertentu agar jumlah penjualan meningkat. Itulah alasan strategi marketing memiliki peranan penting dalam dunia bisnis.

Selain itu, perlu juga mengetahui fungsi strategi pemasaran. Strategi pemasaran memiliki empat fungsi diantaranya koordinasi pemasaran lebih efektif, merumuskan tujuan perusahaan, mempermudah monitor kegiatan pemasaran, dan meningkatkan motivasi kemajuan bisnis.

Contoh Ide Strategi Pemasaran

Promosi melalui iklan bukanlah satu-satunya cara untuk memasarkan suatu produk. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mencuri perhatian para konsumen. Berikut ini 5 contoh strategi pemasaran yang efektif untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar:

1. Mengadakan Banyak Event

strategi pemasaran
Mengadakan Banyak Event atau Acara Terkait Produk

Cara pertama adalah melalui banyak event. Strategi marketing yang satu ini sering kali digunakan oleh brand fashion ternama, baik pakaian maupun sepatu. Hampir setiap tahunnya, pengembang brand ini menerapkan promosi baru untuk mempertahankan posisi di tengah maraknya produk-produk terbaru. 

Supaya event yang diselenggarakan dihadiri banyak pengunjung, pihak penyelenggara perlu melakukan perencanaan promosi yang terkoordinir. Cara paling mudah agar event mencapai objektif adalah memanfaatkan akun resmi yang dimiliki oleh brand, seperti website atau akun sosial media.

2. Membuat Video Konten yang Menarik

Banyak brand yang berlomba-lomba membuat konten video untuk menarik minat konsumen. Perpaduan antara audio dan visual ini terbukti efektif menambah jumlah pengunjung website. Meningkatnya jumlah pengunjung berarti banyak calon konsumen yang ingin menggunakan produk tersebut.

Buat konsep video yang berdurasi singkat namun tetap berkualitas. Pasalnya, durasi video yang lama tidak disukai oleh pengunjung karena menyedot kuota yang lumayan besar. Jangan membuat video yang bertele-tele, cukup tampilkan keunggulan produk.

3. Bekerja Sama dengan Media Publikasi

strategi pemasaran
Memanfaatkan Kerjasama dengan Media Publikasi

Suatu produk juga dapat dikenal melalui media publikasi seperti majalah atau koran. Saat ini promosi melalui media dapat dilakukan lebih mudah karena sudah banyak media publikasi yang beredar secara online. Strategi pemasaran ini jelas berbeda dengan katalog.

Melalui media publikasi offline maupun online, calon konsumen dapat mengenali suatu secara detail. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki produk tersebut dijelaskan secara rinci. Bukan hanya itu, biasanya testimonial dari beberapa pelanggan juga disertakan dalam kolom yang disediakan.

4. Mengikuti Permintaan Pasar

Cara promosi ini banyak diikuti oleh brand kecantikan. Beberapa brand tertentu memiliki forum khusus yang disediakan dalam website resmi. Di sana para pelanggan ataupun calon konsumen dapat memberi saran atau masukan terkait produk.

Sejatinya wanita memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, dengan mengikuti permintaan pasar tersebut produk dapat mempertahankan loyalitas pelanggan. Munculnya produk baru yang memenuhi kebutuhan pasar, tidak menutup kemungkinan akan menarik konsumen baru.

5. Strategi Pemasaran Basis SEO

strategi pemasaran
Menggunakan SEO sebagai Strategi Pemasaran

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu cara menarik calon konsumen melalui mesin pencarian. Saat ini mesin pencari paling banyak digunakan oleh pengunjung internet. Sehingga penting bagi pebisnis untuk mengerti cara meningkatkan trafik dengan SEO.

Perlu dipahami bahwa mesin pencari hanya menampilkan konten terbaik. Konten yang tidak relevan tidak akan ditampilkan oleh mesin pencarian. Maka dari itu, ide kreatif akan sangat dibutuhkan untuk membuat konten yang menarik dan bagus.

Supaya arus bisnis berjalan dengan lancar pelajari pentingnya strategi pemasaran. Pikirkan terlebih dahulu marketing yang cocok dengan bisnis yang sedang dijalankan. Kemudian, buat perencanaan pemasaran dengan matang. Intinya, produk yang akan ditawarkan harus lebih unggul dari produk lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*