Tips Bisnis Online untuk Pemula agar Cepat Sukses

tips bisnis online

Persaingan bisnis online semakin ketat. Sehingga, para pemula harus mengatur strategi bisnis yang tepat supaya bisa bersaing di pasaran. Jadi, penting untuk mengikuti tips bisnis online bagi pemula yang baru ingin merintis usaha. Dengan begitu, maka pemula akan lebih mudah menjalankan bisnisnya di tengah persaingan yang sangat ketat.

Ini Dia, 5 Tips Bisnis Online untuk Para Pemula

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

tips bisnis online
Segera tentukan dahulu jenis produk apakah yang mau dijual

Sebelum memulai usaha bisnis online, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Pahami dengan baik mengenai harga beli, spesifikasi, harga jual, dan hal penting lainnya. Ini bertujuan untuk memahami produk yang akan dijual. Selain itu, memahami detail produk juga bertujuan untuk mengetahui kualitasnya.

Perhatikan juga selera pasar dalam memilih sebuah produk yang akan dijual. Mulai dari model hingga keunikan seperti apa yang diinginkan pasar. Usahakan produk yang dijual adalah produk yang banyak dicari oleh masyarakat. Ini bertujuan untuk mendatangkan banyak pembeli dan lebih mudah dikenal masyarakat. Jadi, persiapkan produk terbaik yang akan dijual.

2. Lakukan Riset Kompetitor

Bisa dipastikan, bahwa produk yang banyak dicari oleh masyarakat pasti memiliki banyak pesaing. Maka dari itu, perlu dilakukan riset kompetitor yang menjual produk serupa. Tujuannya adalah untuk mengetahui strategi paling pas dalam memasarkan produk. Pastikan untuk memberikan sentuhan yang unik pada produk, sehingga lebih mudah dikenal oleh pasar. 

Lakukan riset mengenai bagaimana kompetitor menjual produknya. Mulai dari apa yang kompetitor tawarkan, harga jual, rating, dan review yang diberikan customer. Mencari tau kekurangan kompetitor juga sangat penting. Dengan mengetahui kekurangan kompetitor, maka bisa dijadikan sebagai celah untuk memaksimalkan keunggulan produk yang akan dijual.

3. Cari Supplier

tips bisnis online
Mulai mencari supplier yang tepat

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencari supplier produk yang akan dijual. Bisa mencari supplier produk di pusat grosir dalam negeri maupun bekerjasama dengan supplier luar negeri. Bisa juga dengan melakukan kerjasama sebagai reseller atau dropshipper. Tidak masalah jika ingin memproduksi barang sendiri. Ini justru akan lebih bagus lagi.

4. Buat Foto Produk yang Menarik

Perlu diingat bahwa foto produk layaknya umpan untuk menarik para customer. Maka dari itu, foto produk harus dibuat semenarik mungkin. Selain itu, buat foto produk menggunakan barang asli, supaya customer tidak merasa dibohongi. Jangan sampai menjual produk menggunakan foto milik orang lain, karena nantinya bisa mengecewakan konsumen jika barang tidak sesuai.

5. Susun Strategi Marketing yang Baik

tips bisnis online
Buat strategi marketing yang baik

Setelah semua hal disiapkan, maka selanjutnya adalah melakukan pemasaran produk dengan baik. Manfaatkan semua media online yang ada untuk memasarkan produk. Misalnya dengan membuat website atau landing page agar target pasar semakin luas. Selain itu, membuat toko online di media sosial juga sangat penting, terutama facebook dan instagram. 

Lakukan juga promosi yang unik agar bisa menarik minat pembeli. Baik itu memberikan potongan harga produk saat launching, promo beli dua gratis satu, gratis ongkos kirim, atau teknik promosi lainnya yang bisa menarik minat pembeli. Jangan bosan untuk mempromosikan produk setiap hari. Namun, pastikan promosi yang dilakukan tidak membosankan.

Nah, itulah beberapa tips bisnis online yang bisa diterapkan oleh para pemula. Selalu ingat untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang dijual. Dengan begitu, maka bisnis yang dijalankan akan mendapatkan kepercayaan customer. Secara perlahan, bisnis online pun bisa berjalan semakin sukses.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*