Kenali Unsur-unsur Marketing Mix dalam Sebuah Bisnis 

unsur-unsur marketing mix

Bisa dikatakan bahwa marketing merupakan ujung tombak dari setiap perusahaan. Jika strategi marketing yang dilakukan oleh perusahaan berhasil, tentu saja hasilnya sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah marketing mix. Ada beberapa unsur-unsur marketing mix yang penting untuk sebuah usaha. 

Marketing mix merupakan istilah yang banyak digunakan oleh kalangan pebisnis. Definisi marketing mix itu sendiri adalah sekumpulan strategi pemasaran yang dilaksanakan secara terpadu dan bersamaan untuk mencapai target penjualan yang diinginkan. Strategi yang dilakukan secara maksimal, akan memberikan dampak baik untuk perkembangan perusahaan.

Inilah 7 Unsur-unsur Marketing Mix dalam Sebuah Bisnis

1. Product (Produk)

unsur-unsur marketing mix
Adanya produk yang dijual merupakan unsur yang pertama

Produk adalah semua bentuk penawaran yang dilakukan kepada customer atau klien sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pelanggan. Keinginan pasar bisa berupa jasa, fisik, orang, ide, maupun organisasi. Produk yang dijual perusahaan tentu harus memiliki kualitas serta keunikan tersendiri agar mempunyai daya tarik dan mampu bersaing di pasaran.

2. Price (Harga)

Harga merupakan sejumlah biaya atau uang yang harus dibayar oleh klien atau pelanggan untuk mendapatkan jasa maupun produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Jadi, bisa dikatakan bahwa seseorang yang ingin mendapatkan barang tertentu, maka ada yang harus dikorbankan. Barang yang dikorbankan adalah sejumlah uang. 

Penting bagi perusahaan untuk memberikan harga sesuai dengan apa yang diberikan kepada pelanggan. Pastikan bahwa pelanggan merasa bahwa sejumlah uang yang dikeluarkan sebanding dengan apa yang mereka dapatkan. Dengan memasang harga yang tepat, maka pada customer tidak akan ragu untuk membeli produk dari perusahaan tersebut.

3. Place (Saluran Distribusi)

unsur-unsur marketing mix
Saluran distribusi atau tempat penjualan juga merupakan unsur marketing penting

Saluran distribusi juga menempati posisi yang krusial karena sangat mempengaruhi keberhasilan dalam strategi marketing. Place atau saluran distribusi merupakan berbagai upaya atau kegiatan yang dilakukan perusahaan. Tujuannya agar produk atau jasa yang ditawarkan mudah didapatkan oleh pelanggan. 

Perlu diketahui bahwa tujuan dari distribusi adalah menyediakan jasa dan barang yang dibutuhkan serta diinginkan oleh konsumen pada tempat dan waktu yang tepat. Oleh karena itu, ketersediaan produk pada berbagai outlet yang tepat wajib diperhatikan oleh perusahaan. Dengan jumlah yang cukup maka penjualan bisa berjalan dengan lancar. 

4. Promotion (Promosi)

Promosi merupakan sebuah upaya dorongan atau bujukan untuk mengajak calon konsumen maupun pelanggan agar mau membeli produk atau menggunakan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan, mulai dari salesperson, public relation, hingga periklanan. Promosi juga penting untuk meningkatkan penjualan produk.

5. People (Sumber Daya Manusia)

Faktor lain yang menentukan maju tidaknya perusahaan adalah sumber daya manusia. Inilah alasan mengapa semua perusahaan berlomba-lomba untuk mencari kandidat karyawan atau pekerja terbaik. Bahkan, tidak jarang mereka rela memberikan upah yang lebih tinggi demi mendapatkan pekerja yang profesional bagi perusahaan.

6. Process (Proses)

unsur-unsur marketing mix
Unsur yang juga berperan penting adalah proses produksi maupun distribusi dalam suatu usaha

Proses merupakan kejadian atau pelaksanaan yang saling berkaitan dan kemudian mengubah masukan menjadi keluaran. Pelaksanaan pada perusahaan produsen bisa dilakukan oleh mesin maupun manusia dengan memanfaatkan berbagai jenis sumber daya yang ada. Dalam mengelola bisnis, sangat dibutuhkan konsistensi, kesabaran, serta kontinuitas.

Selain itu, sangat penting untuk membuat SOP yang jelas untuk sistem kerja di perusahaan. Agar SOP yang dibuat bisa sesuai, maka dibutuhkan komunikasi yang jelas dari seluruh pegawai perusahaan. Dengan begitu, maka SOP yang sudah dibuat bisa dilaksanakan seluruhnya tanpa ada kendala yang berarti.

7. Packaging (Kemasan)

Hal pertama yang akan membuat orang terkesan dalam 30 detik pertama adalah kemasan atau tampilan secara eksternal. Perbaikan kecil terhadap kemasan produk maupun layanan yang ditawarkan perusahaan akan memberikan reaksi yang sangat berbeda dari pelanggan. Reaksi inilah yang menjadi penentu tinggi rendahnya keberhasilan penjualan.

Itulah unsur-unsur marketing mix yang dikenal dengan istilah 7P. Jika perusahaan mampu melaksanakan seluruhnya dengan baik, maka bisa dijamin bahwa perusahaan akan berhasil menjual produknya ke pelanggan. Tentu melakukan semua strategi marketing tersebut tidak mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan koordinasi yang tepat dari semua elemen perusahaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*