Tips Sukses Menjalankan Usaha Laundry dan Rincian Modalnya

usaha laundry

Usaha laundry bisa jadi dianggap sebagai bisnis sepele yang hanya mengurusi pakaian kotor saja. Tapi, siapa sangka bahwa peluang usaha dari bisnis ini sangatlah menjanjikan dengan target pasar yang cukup luas. Sehingga, banyak orang yang tertarik untuk membuka bisnis laundry ini.

Selain mudah dilakukan, usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Bisnis ini juga bisa dilakukan di rumah jika tidak memiliki modal banyak untuk menyewa tempat. Modal bisnis laundry dikeluarkan untuk membeli peralatan atau perlengkapan satu kali saja.

Selanjutnya, peralatan cuci ini bisa digunakan hingga bertahun-tahun asalkan dirawat dengan benar. Jadi, bisa dibilang bahwa modal bisnis laundry cukup terjangkau. Berikut adalah rincian modal bisnis laundry yang bisa menjadi gambaran ketika akan memulai bisnis ini:

Satu unit mesin cuci : Rp4.000.000.-

Mesin pengering : Rp12.000.000,-

Pembuatan saluran air : Rp2.000.000,-

Satu Set rak dan meja laundry : Rp2.000.000,-

Setrika dan timbangan : Rp1.000.000,-

Biaya promosi : Rp3.000.000,-

Biaya lain-lain : Rp3.000.000,-

Total dari modal peralatan tersebut adalah Rp27.000.000,- saja. Tentu saja, modal usaha yang dibutuhkan setiap orang akan bervariasi. Tergantung dari kapasitas bisnis yang akan dibangun.

Tips Sukses Usaha Laundry

Menjalankan suatu usaha tidak hanya bergantung pada modal yang besar. Diperlukan juga beberapa cara agar usaha tersebut dapat sukses. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika akan menjalankan bisnis laundry.

1. Memilih Lokasi Usaha Laundry yang Strategis

lokasi usaha laundry
Menentukan Lokasi Usaha yang Sesuai dan Strategis

Apa pun jenis usaha yang dijalankan, pemilihan lokasi yang tepat akan menjadi faktor sukses atau tidaknya usaha tersebut. Begitu juga jika akan membuka bisnis laundry. Lokasi usaha yang dipilih harus disesuaikan dengan target pasar. Target pasar dari usaha ini biasanya adalah mahasiswa dan pegawai kantoran.

Pemilihan lokasi usaha ini juga harus memperhatikan beberapa hal diantaranya adalah ada atau tidaknya pesaing di lokasi tersebut. Kemudian kemudahan akses ke lokasi usaha, ketersediaan air dan sistem drainase yang baik. Tidak lupa adanya ruangan yang cukup untuk beroperasinya usaha tersebut.

2. Menentukan Harga Jasa yang Sesuai

Ketika menentukan harga jasa laundry, perlu disesuaikan dengan beberapa hal. Semakin terjangkau harga laundry dengan kualitas yang baik, maka semakin banyak pelanggan yang datang menggunakan jasanya. Agar penentuan harga bisa dilakukan dengan tepat, maka lakukan survei untuk melihat harga yang biasanya ada di pasaran.

3. Memberikan Pelayanan yang Ramah dan Cepat

pelayanan usaha laundry
Pelayanan yang Ramah dan Profesional

Kepuasan pelanggan menjadi salah satu dari banyak faktor sukses atau tidaknya suatu usaha. Dalam hal ini, kepuasan pelanggan laundry bisa didapatkan dari pelayanan yang baik, terlihat dari hasil cucian yang memuaskan. Seperti wangi, tidak kusut, tidak luntur, dan tidak kusam.

Selain itu juga bisa dilihat dari pelanggan yang senang dengan keramahan pegawai ketika berhadapan dengan pelanggan. Serta pengerjaan cucian yang cepat dan tepat waktu sesuai dengan perjanjian. Hal inilah yang harus ditekankan pemilik bisnis laundry.

4. Melakukan Promosi Menarik

Usaha apapun yang sedang dijalankan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak melakukan promosi. Promosi sangat perlu dilakukan agar bisnis laundry diketahui oleh masyarakat. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Seperti misalnya menyebarkan brosur, memasang spanduk, atau bisa juga dilakukan secara online dengan memanfaatkan media sosial. Untuk menarik pelanggan, gunakan beberapa strategi promosi yang menggiurkan. Contohnya seperti jasa antar jemput secara gratis, dan pemberian diskon setelah menggunakan jasa laundry 5 kali misalnya.

5. Mengelola Keuangan dengan Baik

mengelola keuangan usaha laundry
Melakukan Pengelolaan Keuangan yang Baik

Suatu bisnis akan berjalan dengan baik jika diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Setiap pengeluaran dan pemasukan dicatat secara detail agar tidak mengalami masalah keuangan. Pencatatan yang dilakukan mulai dari biaya operasional setiap bulan, setiap transaksi tercatat dengan tepat, hingga biaya perawatan peralatan.

Usaha Laundry bisa menjadi pilihan tepat berbisnis karena memiliki peluang dan prospek usaha yang sangat menjanjikan. Selain itu modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dibanding usaha lainnya. Jadi, tidak perlu ragu jika ingin mencoba bisnis yang satu ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*