Tips Memulai Usaha Percetakan Bagi Pemula dan Rincian Modal

usaha percetakan

Percetakan adalah salah satu unsur penting yang dibutuhkan semua pelaku usaha untuk melakukan promosi ataupun untuk masyarakat secara umum. Mulai dari pembuatan baliho, brosur, spanduk, undangan, banner, dan keperluan lainnya. Oleh karena itu, banyak orang tertarik untuk membuka usaha percetakan dalam rangka memanfaatkan peluang bisnis ini.

Tips Memulai Usaha Percetakan yang Wajib Diterapkan

Memulai suatu usaha atau bisnis, bukanlah suatu hal yang mudah. Terdapat banyak sekali hal-hal yang perlu dipertimbangkan, sebelum akhirnya memutuskan untuk memulainya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika akan memulai bisnis percetakan.

1. Buatlah Rencana Usaha Percetakan yang Jelas

buat rencana bisnis usaha percetakan yang jelas
Biasakan Membuat Rencana Bisnis yang Jelas

Ketika akan memulai suatu bisnis apapun termasuk bisnis percetakan, hal penting yang perlu diperhatikan adalah perencanaan bisnis. Diawali dengan mencari semua informasi mendasar mengenai bisnis percetakan. Data ini bisa didapat dari data di internet maupun survei secara langsung di lapangan.

Setelah semua informasi didapat, selanjutnya adalah membuat perencanaan secara terstruktur dan tuangkan dalam proposal atau mind mapping. Proposal atau mind mapping ini berfungsi sebagai acuan kerja agar pelaksanaan tidak melenceng dari rencana awal. Dengan rencana yang matang usaha bisa berjalan dengan baik.

2. Pahami dan Pelajari Proses Produksi Percetakan

Hal penting selanjutnya yang perlu benar-benar diketahui adalah segala seluk beluk bisnis yang akan digeluti. Dalam hal ini adalah bisnis percetakan, maka pemilik usaha harus memahami proses produksi percetakan. Proses produksi ini tentunya bukan hal yang perlu dihafalkan, tetapi harus benar-benar dikuasai.

Mulai dari cara penerimaan order, menganalisa order, mengkalkulasi harga cetak, dan komponen produksi yang diperlukan. Tidak lupa mengenai pengerjaan atau proses produksi, mengontrol kualitas percetakan, packing, delivering, pembayaran. Sampai perihal memberikan pelayanan yang baik.

3. Beri Pelayanan Terbaik Pada Pelanggan

pelayanan terbaik usaha percetakan
Selalu Berikan Pelayanan Terbaik

Satu hal yang akan dijadikan penilaian konsumen mengenai suatu bisnis adalah mengenai pelayanan yang diberikan. Sebagai pelaku bisnis percetakan, usahakan untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Baik dari segi hasil produksinya, ketepatan waktunya, maupun keramahan ketika berinteraksi dengan konsumen.

Pelayanan selanjutnya adalah tidak terlalu sering menolak order dari konsumen. Menolak order ini akan membuat hilangnya kesempatan bisnis untuk bisa berkembang dan mendapatkan citra yang baik di mata konsumen. Perlu dicari cara lain agar tidak sampai menolak order.

4. Gunakan Trik Promosi yang Menarik

Perlu diingat, bahwa bisnis apapun tidak akan sukses jika tidak ada promosi. Promosi sangat penting untuk dilakukan, agar bisnis percetakan yang baru berumur jagung ini bisa diketahui oleh masyarakat luas. Sehingga, akan semakin banyak konsumen yang akan berdatangan. Mulai dari menyebarkan brosur, memasang spanduk, hingga memanfaatkan media sosial.

5. Buat Pembukuan Keuangan

buat pembukuan keuangan usaha percetakan
Selalu Upayakan Membuat Rincian Keuangan yang Jelas

Pembukuan menjadi hal penting yang perlu dilakukan agar seluruh transaksi keluar masuknya uang percetakan diketahui dengan jelas. Hal ini akan mempermudah dalam pemantauan keuangan percetakan. Percetakan bukanlah bisnis yang murah, butuh modal yang besar ketika akan memulainya. Berikut adalah contoh rincian modal usaha percetakan yang dibutuhkan.

Mesin Pencetakan atau Printer : Rp10.000.000,-

Mesin pemotong : Rp3.000.000,-

CD coreldraw dan photoshop : Rp200.000,-

Mesin laminating dan bahan laminasi : Rp800.000,-

CD program contoh desain dll : Rp300.000,-

Tinta mesin cetak : Rp300.000,-

Larutan pembersih : Rp400.000,-

Rincian modal diatas adalah untuk percetakan kecil-kecilan dan belum termasuk biaya operasional serta bahan bakunya. Setelah melihat rincian modal diatas, terlihat jelas bahwa bisnis percetakan memerlukan modal yang cukup banyak. Maka dari itu, sebelum memulai membuka bisnis ini, persiapkan dengan matang semua keperluannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*