Yuk Ketahui Tujuan dan Manfaat Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

studi kelayakan bisnis anda

Ketika seseorang hendak membangun sebuah bisnis, seringkali ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan. Pertimbangan utama yang harus diperhatikan adalah keuntungan atau profit yang akan didapatkan dalam sebuah usaha. Untuk itulah perlu adanya penelitian yang dilakukan untuk meninjau berbagai aspek. Mari simak ulasan selengkapnya berikut.

Mengenal Studi Kelayakan dalam Membangun Sebuah Bisnis

Penting untuk mengenal dan mengetahui maksud dari studi kelayakan bisnis. Studi ini dilakukan untuk mempelajari secara mendalam tentang usaha atau bisnis yang akan dijalankan. Hal ini bertujuan untuk menentukan layak atau tidak usaha tersebut dijalankan. Studi kelayakan ini juga akan menganalisis layak atau tidaknya suatu bisnis yang dijalankan.

ini dia studi kelayakan bisnis anda

Studi kelayakan ini merupakan pertimbangan awal yang yang harus dilakukan sebelum menjalankan bisnis utama. Selain itu untuk mengontrol kegiatan operasional agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu penting sekali unuk mengetahui dan mengenal studi kelayakan usaha ini.

Tujuan dan Manfaat Melakukan Studi Kelayakan Usaha Untuk Bisnis

Tujuan umum untuk melakukan studi ini adalah untuk menghindari resiko kegagalan besar dari kegiaatan yang tidak menguntungkan. Kegiatan ini dilakukan oleh berbagai pihak baik internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan. Ada beberapa tujuan yang hendak dicapai dengan melakukan studi kelayakan ini.

Selain menghindari resiko kerugian, studi ini juga dilakukan untuk mempermudah perencaan bisnis yang akan dijalankan. Perencaan itu sendiri melibatkan jumlah modal, waktu pelaksanaan, cara pelaksanaan, besarnya keuntungan dan bagaimana pengawasan yang dilakukan bila terjadi penyimpangan.

Adanya studi kelayakan ini juga bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan pekerjaan dan penerapannya. Proses ini dapat dilakukan secara tersusun sehingga para karyawan dapat memiliki pedoman dan tetap fokus pada tujuan perusahaan. Sehingga rencana bisnis yang akan dijalankan dapat tercapai sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya.

Memudahkan pengawasan dan pengendalian juga merupakan studi kelayakan. Dengan melakukan pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang telah disusun, maka pengawasan dalam proses bisnis akan lebih mudah. Pengawasan sendiri dilakukan agar jalannya usaha tetap pada jalur dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Pihak Pihak yang Melakukan Kegiatan Studi Kelayakan

Studi kelayakan untuk bisnis ini tidak hanya berguna bagi para pelaku bisnis. Terdapat beberapa pihak pihak lain yang membutuhkan studi kelayakan untuk membantu mencapai kepentingan masing masing. Pihak investor yang akan menanamkan modal ke perusahaan melalui uji kelayakan bisnis ini.

studi kelayakan bisnis SKB anda

Investor akan mempertimbangkan keuntungan yang akan diperoleh dari perusahaan sebelum memutuskan untuk menanamkan modal yang besar. Sebaliknya hasil kelayakan bisnis yang buruk akan membuat para investor tidak akan menanamkan modal di sebuah perusahaan. Selain pihak investor, pihak kreditor juga membutuhkan laporan studi bisnis.

Perusahaan yang ingin meminjamkan uang ke bank, biasanya harus menyerahkan studi layak bisnis. Bank akan menggunakan hasil dari studi ini untuk memutuskan apakah akan memberikan modal peminjaman atau tidak memberikan pinjaman di suatu perusahaan. Hasil studi ini akan meningkatkan kepercayaan kreditor kepada pengusahan.

Pihak pemerintah juga mengambil andil untuk memberikan izin atau legalitas pendirian perusahaan. Studi kelayakan bisnis ini akan digunakan oleh pemerintah untuk memberikan izin pendirian proyek atau tidak. Tak hanya pemerintah, masyarakat yang ada di area tempat pendirian perusahaan juga memiliki peran untuk memberikan ijin pembangunan perusahaan.

Itulah beberapa penjelasan dan manfaat melakukan uji kelayakan bisnis pada sebuah usaha yang baru akan dibangun. Sebelum anda melakukan uji kelayakan bisnis, ada baiknya anda melakukan bisnis plan terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran dari usaha yang akan dibangun. Jangan sampai anda mengalami kerugiaan saat mulai menjalankan usaha.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*