Yuk Lakukan Komunikasi Bisnis Untuk Memperlancar Usaha Anda

ini komunikasi bisnis

Sebagai makhluk hidup komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia membutuhkan komunikasi meskipun cara berkomunikasi berbeda beda dari satu orang dengan yang lainnya. Komunikasi dalam bisnis sangat penting untuk menyukseskan bisnis. Mari simak serba seri ulasan komunikasi dalam berbisnis.

Tujuan Komunikasi dalam Bisnis Secara Umum

Para pembisnis harus tahu beberapa tujuan adanya komunikasi dalam dunia bisnis untuk memperlancar usahanya. Dengan melakukan komunikasi bisnis, anda akan mendapatkan sebuah informasi dalam hal bisnis kepada pihak lainnya. Misalnya saja sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan baru untuk posisi sekretaris di kantor cabang.

komunikasi bisnis anda di media sosial

Adanya komunikasi dalam bisnis inilah yang akan berguna untuk membagikan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan kepada publik. Komunikasi dalam dunia bisnis juga bertujuan untuk menyakinkan atau membujuk pihak lain agar mau melakukan negosiasi dalam dunia bisnis. Hal ini tentu merupakan strategi yang perlu untuk dilakukan dalam dunia bisnis.

Sering ditemui perusahaan yang melakukan kerjasama dengan pembisnis lainnya. Kerjasama antar pembisnis ini biasannya diawali dengan melakukan komunikasi dan negosiasi. Seiring berkembangnya teknologi, kerjasama antar pembisnis ini semakin mudah untuk dilakukan. Hal ini didukung banyaknya media sosial yang bisa digunakan seperti telfon, email atau whatsapp.

Teknik yang Tepat Untuk Melakukan Komunikasi

Dalam melakukan komunikasi dalam bisnis terdapat 3 teknik yang bisa dilakukan. Pertama adalah teknik komunikasi verbal yang biasa digunakan untuk mendiskusikan sebuah gagasan atau ide. Komunikasi verbal ini sangat efektif dilakukan untuk menyampaikan pesan sehingga dapat diterima oleh lawan berbicara.

Untuk itu penting sekali untuk mengolah nada suara dan ekspresi wajah ketika hendak menyampaikan pesan secara tatap muka atau melalui telephone yang hanya mengolah nada suara. Teknik kedua adalah teknik komunikasi non verbal yang menggunakan bahasa tubuh termasuk gerakan, gestur, postur dan kontak mata.

Kontak mata menjadi kunci utama untuk melakukan komunikasi dengan cara non verbal. Kontak suara merupakan aspek penting untuk menunjukkan ketertarikan dengan apa yang dibicarakan oleh lawan bicara. Untuk melakukan teknik anda harus mulai menjaga durasi selama kontak mata, karena jika dilakukan terlalu lama bisa menimbulkan arti agresivitas.

Selain dua komunikasi tadi, anda juga bisa melakukan komunikasi tertulis dengan lawan bicara anda. Email adalah salah satu contoh komunikasi tertulis yang paling mudah ditemui dalam komunikasi dunia bisnis. Kebanyakan perusahaan akan menggunakan email atau media pesan elektronik lainnya untuk berkomunikasi dengan timnya.

Jenis Jenis Komunikasi dalam Berbisnis

Selain teknik komunikasi, ada juga harus mengetahui beragam jenis komunikasi dalam berbisnis. Komunikasi internal adalah salah satu komunikasi yang biasa terjadi pada sebuah organisasi atau perusahaan. Sehingga jenis komunikasi ini hanya melibatkan anggota internal dari perusahaan tersebut. Anda bisa saling bertukar gagasan dengan beragam teknik.

mau tau Cara Komunikasi Bisnis yang Effektif dan Efisien

Selanjutnya adalah jenis komunikasi bisnis vertikal yang dilakukan antar tingkatan. Sehingga apabila dalam perusahaan terdapat tingkatan jabatan atau posisi, komunikasi vertikal ini harus menjadi timbal balk dari komunikasi yang telah dilakukan. Selain itu ada juga jenis komunikasi horizontal yang dilakukan pada tingkatan jabatan yang sama dalam sebuah perusahaan.

Itulah beragam ulasan mengenai komunikasi dalam dunia bisnis yang harus anda ketahui. Dengan melakukan komunikasi yang baik, maka ide dan gagasan akan diterima dengan baik. Selain itu penting bagi anda untuk menentukan cara berkomunikasi yang benar dan baik untuk dilakukan. Anda bisa memilih untuk menggunakan beragam teknik yang nyaman dilakukan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*