Yuk Pahami Analisis Swot Untuk Mempermudah Bisnis yang Dikelola

ini analisis swot untuk mencapai tujuan

SWOT adalah salah satu alat sederhana dalam dunia bisnis namun dapat membantu anda untuk mengembangkan strategi bisnis. Banyak sekali pengusaha yang melakukan SWOT untuk mengembangkan bisnis yang digelutinya. Bagi pembisnis pemula, tentu belum cukup banyak tahu mengenai SWOT ini. Mari simak ulasan menarik tentang analisis SWOT berikut.

Mengenal SWOT dalam Dunia Bisnis

SWOT adalah dingkataan dari Stregths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Dengan melakukan analisis ini maka bisa mengatur kekutan, kelemahan, peluang dan ancaman utama ke dalam daftar yang terorganisis dan biasanya disajikan dalam bilah kisi kisi yang sederhana atau dalam bentuk kolom.

ini pengertian analisis swot

Strengths dan weaknesesse dilakukan oleh perusahaan internal perusahaan untuk dapat mengontrol dan dapat berubah. Contohnya adalah siapa yang ada di dalam tim anda, paten dan property intelektual, dan lokasi anda. Semnetara dua poin lain opportunities dan threats adalah hal eksternal yang akan memperngaruhi bisnis atau hal hal yang terjadi di luar perusahaan.

Anda dapat mencari peluang dan memanfaatkannya dengan baik, namun juga melindungi dari ancaman. Namun anda tidak dapat mengubahnya karena berada di luar perusahaan seperti pesaing, harga bahan baku dan juga tren belanja pelanggan. Melakukan analisis ini akan membuat anda memiliki strategi yang solid dan mengembangkan bisnis anda.

Cara Menyusun Startegi Bisnis Berdasarkan SWOT

Untuk bisa menyusun strategi yang pas, anda harus mengetahui langkah langkah yang tepat. Pertama adalah menentukan target utama pada usaha anda. Anda bisa membuat target serealistis mungkin. Namun anda juga harus mengingat bahwa bisnis anda cukup siap untuk menghadapi kompetisi antar pembisnis yang bergelut dalam bidang yang sama.

Selanjutnya cobalah mendiskripsikan kondisi internal perusahaan sesuai dengan analisis ini. Jelaskan tentang kekuatan atau keunggulan utama perusahaan dan juga kelemahan dari perusahaan anda. Hal ini akan membantu untuk membuat analisis tampak mudah. Selain keadaan internal, anda juga harus mendeskripsikan keadaan ekstrenal perusahaan.

Anda bisa mendekripsikan keadaan eksternal dengan komponen opportunity dan threats. Dengan mendeskripsikan dengan jelas, SWOT yang anda buat akan jauh lebih berguna untuk membantu perusahaan. Hal yang paling penting untuk dilakukan melakukan penyusunan strategi berdasarkan permasalahan yang muncul dan memaksimalakan keuntungan.

Contoh Pengapliasian Analisis Bisnis Berdasarkan SWOT

Misalnya saja anda memiliki sebuah butik milik priadi. Anda bisa melakukan analisis dari usaha yang anda dirikan ini. Mulai dari kekuatan, anda bisa menjelaskan kekuatan atau keunggulan butik. Misalnya butik yang dijual memiliki kualitas yang bagus sehingga bersaing dengan brand lain dengan harga yang cukup terjangkau.

mau tau analisis swot anda

Selanjutnya adalah menjelasan kelemahan misalnya kekurangan keterampilan SDM yang dimiliki. Sementara untuk peluang atau opportunities anda bisa menjelaskan lokasi butik yang strategis dan sedang trend menggunakan busana muslim sehingga menjadikannya peluang untuk meningkatkan produktivitas produk.

Analisis SWOT terahkhir adalah ancaman yang mungkin akan dihadapi saat anda memulai usaha butik ini. Anda bisa menuliskan menganai perekonomian Indonesia yang tidak stabil sehingga akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Atau mungkin anda bisa menuliskan bahwa kebijakan harga baku sangat berpengaruh terhadap biaya produksi dan harga jualnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai SWOT yang akan digunakan untuk memperlancar bisnis yang anda jalankan. Anda bisa membuat analisis ini untuk mempermudah menarik investor dalam bisnis ini. Penting untuk diingat, bahwa sebuah usaha yang memiliki peluang yang bagus akan memiliki pelanggan tetap dan bisa menarik invesotor untuk melakukan investasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*